Jajanan Anak Sekolah: 5 Menu yang Sehat dan Lezat

Family

Asupan buah hati selalu jadi concern utama para orangtua. Bisakah menjamin jajanan anak sekolah yang sehat dan lezat untuknya?

Salah satu jenis street food yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah jajanan anak sekolah. Siapa yang masa kecil dihiasi dengan acara antre di abang-abang penjual jajanan di depan sekolah? Hingga kini, Anda masih dapat menikmati pemandangan ini di banyak sekolahan di seluruh penjuru negeri.

Sebagai orangtua, kekhawatiran yang kemudian muncul adalah tentang keamanan dan kualitas makanan yang dijajakan di pinggir jalan tersebut. Meskipun rasanya bikin ketagihan, namun adanya beberapa tambahan bahan pangan berbahaya tetap menjadi PR tersendiri bagi orangtua. Kembali lagi menjadi tugas orangtua agar dapat memberikan edukasi pada anak, jajanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tak boleh.

Bukan perkara mudah, memang. Apalagi, semua anak pasti suka jajan. Namun, demi kesehatan buah hati, Anda harus mulai mendisiplinkan anak dengan memberikan pengertian. Bahwa tak semua makanan boleh masuk ke dalam perut. Dan tak semua yang enak di lidah, aman untuk dikonsumsi.

Berikut, beberapa jenis jajanan anak sekolah yang tergolong aman untuk anak.

Telur Gulung

Salah satu jenis jajanan yang saat ini banyak dijual di depan sekolahan dan pusat keramaian adalah telur gulung. Ya, dari namanya saja sudah jelas, bahwa jajanan ini berbahan dasar telur. Sejenis telur dadar, yang digoreng dalam minyak yang sangat banyak.

Untuk membuat telur gulung ini sebetulnya sangat sederhana. Hanya dengan mengocok telur yang telah dibumbui dengan garam, lalu dikocok hingga rata. Setelah itu tuang kocokan telur ke dalam minyak panas. Sebelum telur benar-benar matang, segera gulung dengan menggunakan tusukan sate. Diamkan sejenak hingga warnanya keemasan.

Meskipun terbilang sederhana, namun jajanan ini tetap memiliki kandungan nutrisi dari telur. Ya, telur memang memiliki kandungan protein yang tinggi. Ada pula omega 3, asam folat, dan banyak nutrisi lainnya. Sehingga, telur gulung ini dapat digolongkan dalam jajanan anak sekolah yang laik dikonsumsi.

Jajanan Anak Sekolah Jasuke alias Jagung Susu Keju

Beberapa tahun terakhir, ada satu jenis jajanan anak sekolah yang sedang tren. Apa lagi, jika bukan jasuke. Jagung, susu dan keju ini memiliki dominan rasa yang manis. Namun, jangan khawatir, rasa manis didapat dari jagung manis dan susu kental manis. Lalu, ada parutan keju yang memberikan rasa gurih dan creamy.

Selain sebagai sumber energi, jasuke juga dapat berperan sebagai sumber kalsium. Sangat cocok dinikmati saat pagi hari, sebagai pengganti sarapan. Apalagi, jasuke sering kali disajikan dalam keadaan hangat.

Proses pembuatannya sangat sederhana. Jagung manis yang telah dipipil, akan dikukus hingga matang sempurna. Lalu, untuk penyajiannya, cukup dengan meletakkannya dalam gelas kecil. Jangan lupa untuk menambahkan susu kental manis dan parutan keju.

Harga jasuke pun cukup murah, seperti jajanan anak sekolah pada umumnya. Yakni sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000. Dengan harga segitu, si kecil sudah dapat merasa kenyang. Serta memperoleh tambahan asupan nutrisi berupa kalsium, karbohidrat, dan vitamin B.

Jus Buah

Apakah Anda pernah menikmati masa kejayaan es potong atau es mambo yang menjadi khasnya jajanan anak sekolah dahulu kala? Sayangnya, saat ini jenis es ini sudah sulit untuk ditemui ya. Namun, di beberapa sekolah ada yang menjual es krim yang terbuat dari jus buah.

Aneka buah-bahan merupakan sumber vitamin dan mineral alami yang sangat dibutuhkan anak di masa tumbuh kembangnya. Sayangnya, tak banyak anak kecil yang gemar makan buah. Membiarkannya mengonsumsi es krim yang terbuat dari sari buah asli merupakan alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Selain itu, Anda juga dapat mengajak si kecil untuk jajan es jus. Es jus banyak dijual di kantin sekolah. Baik dalam kemasan plastik selayaknya es lilin, ada pula yang dijual dalam kemasan cup. Beberapa jenis buah yang banyak dibuat jus dan baik untuk si kecil adalah jus jambu biji, jus strawberry, jus wortel, dan jus avokad.

Siomay

Jajanan anak sekolah yang tak lekang oleh waktu adalah siomay. Dari dulu hingga kini, penjual siomay masih banyak yang berjaya di depan pagar sekolahan. Terbukti dengan sederet antrean yang sedang menunggu giliran untuk menikmati siomay dengan aneka isian.

Siomay tergolong aman untuk segala usia. Selain bebas minyak karena proses memasaknya dengan dikukus, berbagai komponen di dalamnya juga seakan telah memenuhi segala kebutuhan nutrisi bagi anak. Sebut saja siomay ikan, telur, kentang, dan kol.

Dalam satu porsi siomay, si kecil sudah dapat memperoleh nutrisi berupa karbohidrat, protein, kalsium, dan mineral. Sambal kacangnya yang gurih membuat jajanan anak sekolah ini disukai baik anak-anak dan orang dewasa.

Cilok atau Penthol

Hampir sama dengan siomay, namun cilok atau penthol dibuat dengan campuran tepung tapioka dan terigu, tanpa adanya tambahan ikan. Meskipun nutrisi yang terkandung di dalamnya tak selengkap siomay, namun cilok tergolong aman untuk dikonsumsi. Soalnya,makanan ini bebas minyak, pewarna, dan pemanis. Cilok atau penthol merupakan jajanan murah meriah dan mengenyangkan.

 

Selain memberikan pengertian tentang jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi, Anda juga tetap harus memberitahukan, jenis-jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari. Seperti makanan yang digoreng dengan minyak berulang. Ciri-cirinya bisa dilihat dari warna minyak yang gelap kehitaman. Lalu hindari pula minuman berpewarna. Meskipun warna-warninya tampak enak dan segar, namun sesungguhnya itu sangat berbahaya bagi tubuh.

Tak semua jajanan anak sekolah itu berbahaya. Asalkan tetap memperhatikan nutrisi, kebersihan, dan jumlah konsumsi. Ajarkan Anak mencintai tubuhnya sendiri dengan pandai-pandai memilih apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh.

Comments are closed.