Untuk Perantau, ini 7 Cara Membahagiakan Orang tua Anda

Family

Membahagiakan orang tua itu ada banyak cara. Tak melulu harus bertemu muka, memberikan kabar bahagian tentang pencapaian Anda bisa jadi salah satunya.

Merantau bukanlah perkara mudah terutama bagi mereka yang begitu dekat dengan orang tuanya. Terbiasa bersua setiap hari lalu tiba-tiba mesti terpisah, berjarak antar kota, antara pulau bahkan antar negara pastinya meninggalkan luka tersendiri. Ketika jauh barulah kita sadari bahwa selama hidup belum sempat membahagiakan orang tua.

Setelah merantau kesempatan membahagiakan orang tua bahkan hampir tidak ada. Ketidakhaditan jadi hal utama. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kedua orang tua tersenyum, meski tak bertemu sepanjang hari.

7 Cara Membahagiakan Orang Tua

Rajin Memberikan Pesan

cara membahagiakan orang tua

Ada istilah yang mengatakan “setiap anak dapat hidup tanpa orang tuanya, namun tidak ada orang tua yang sanggup hidup tanpa anaknya”, pernyataan ini benar adanya. Ketika berada di perantauan Anda merasa bahagia dan kerasan hingga sejenak melupakan orang tua, beda dengan Ayah dan Ibu yang selalu memikirkan Anda ditiap detiknya.

Beberapa menit panggilan dan kabar bahagia dari Anda, dapat menjadi cara ampun membahagiakan kedua orang tua. Setiap malam atau pagi sempatkanlah menyapa keduanya, dapatkan doa dan restu mereka agar apa yang Anda upayakan hari ini dapat terwujud.

Ingat doa orang tua itu paling mustajab, sekeras apapun Anda berusaha jika hati orang tua sedih dan kesepian kesuksesan tak akan menghampiri. Membahagiakan kedua orang tua berarti membahagian Anda juga.

Berikan Prestasi yang Membanggakan

Ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang pergi merantau untuk menimba ilmu, namun juga Anda yang sudah bekerja. Jauh, bukan berarti jadi lebih bebas dan bertindak semaunya. Justru kita harus tunjukkan bahwa kerelaan mereka melepas kita tidaklah sia-sia. Jadikan orang tua semangat dalam menggapai cita-cita.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Membuat Ibu Bahagia

Ketika ada pencapaian yang Anda berhasil peroleh, kebanggaan luar biasa dan kegembiraan akan dirasakan kedua orang tua. Karena itu jangan mudah putus asa ketika terus-menerus mengalami kegagalan. Ingat, nun jauh disana ada orang tua yang menunggu kedatangan Anda dengan berita kebahagiaan.

Rajin Mengunjungi Mereka

Tidak ada hal lain yang paling diharapkan dari para orantua yang anaknya merantau selain melihatnya pulang. Melepas rindu beberapa saat sangat berarti untuk mereka, bahkan sebagai bisa menjadi pemacu semangat dalam hidup. Jika jarak rumah dengan perantauan tidak begitu jauh lungkanlah waktu satu bulan sekali untuk pulang.

Jika berada diluar pulau atau luar negeri upayakan di hari raya besar untuk pulang ke kampung halaman. Mereka pasti akan sumringah melihat Anda didepan pintu bahkan ketika tidak membawa satupun buah tangan. Karena yang mereka harapkan adalah kedatangan Anda.

Beri Kejutan Berupa Barang Kesukaan

tip membahagiakan orang tua

Kalau rutin pulang jadi sesuatu hal yang memberatkan, masih ada cara lain yang layak dicoba. Salah satunya adalah membelikan orang tua Anda barang-barang kesukaannya, misalnya jam tangan atau tas. Terlebih jika yang Anda beli adalah kesukaan mereka, pasti akan terus mereka kenakan kemanapun. Sebelum membeli pastikan dulu Anda memilih hadiah yang tepat. Meski biasanya orang tua menerima apa saja yang diberikan anaknya, namun sesuatu yang akan Anda berikan harus spesial bukan?

Baca Juga: Meskipun Sibuk Kerja, Jangan Lupakan Ini ya!

Tak harus selalu berikan yang mahal, harga tinggi bukan jaminan. Terpenting diberikan dari hati yang tulus dan ingin memberi maka orang tua Anda pasti akan merasa tersentuh. Seburuk atau sejelek apapun barang yang Anda beri akan diterima dengan senang hati.

Makan Bersama di Restoran Favorit

trik membahagiakan orang tua

Buat orang tua momen makan bersama seperti sarapan atau dinner sangatlah berharga. Upayakan waktu ditengah kesibukan Anda untuk menyantap hidangan kesukaan mereka di restoran favorit. Atau kalau malas keluar rumah Anda bisa pesan dan bawa pulang untuk disantap bersama dirumah. Bagi Ayah dan Ibu, perhatian kecil seperti ini sangat menyentuh hati. Ini menandakan bahwa Anda telah dewasa, telah mengerti bagaimana cara membuat orang tua Anda bahagia.

Menjaga Kepercayaan Mereka

Saat berpamitan untuk merantau, ribuan doa mereka panjatkan untuk Anda. Doa-doa baik yang diharap dapat mengantar Anda pada kesuksesan. Jagalah pesan dan kepercayaan mereka dengan keteguhan hati Anda. Jangan kecewakan dengan adanya berita-berita negatif tentang Anda, seperti melakukan tindak kejahatan dan hal-hal buruk lain.

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan sudah seharusny Anda mengingat bagaimana terakhir kali Ayah dan Ibu mengantar sampai didepan pintu. Tangis mereka adalah doa agar Anda baik-baik saja dan dapat menjaga nama baik orang tua. Ketika Anda dikenal baik oleh orang-orang itu juga sudah membuat orang tuanya bahagia.

Bersikap Hormat Meski Prestasi Sudah Didapat

Seringkali anak-anak berubah drastis menjadi angkuh dan menyepelakan orang tua mereka ketika sedang sukses. Mereka menilai pemikiran orang tua yang ortodoks adalah sebuah kemunduran, sehingga kurang menghargai nasihat Ayah Ibunya. Singkap angkuh seperti ini benar-benar menyakiti hati mereka.

Ingatlah bahwa dibelakang kesuksesan Anda ada doa doa mereka yang dihantarkan kepada Tuhan setiap hari. Tanpa harapan itu dan tanpa Tuhan yang mendengar Anda bukanlah apa-apa. Menghormati orang tua bisa diwujudkan dengan selalu meminta pendapat mereka ketika mengambil keputusan.

Baca Juga: Hari Ayah, Mengenang Jasa Kepala Keluarga

Tentu tidak semua hal harus dibincangkan dengan mereka, hanya hal-hal yang bersifat pribadi saja. Dengan begitu keduanya akan merasa bahwa tak ada apapun yang berubah dari Anda kendati telah jadi orang yang berbeda.

Kekuatan Doa

Tahukan Anda dalam setiap langkahnya ibu mendoakan Anda? Tahukan Anda bahwa dalam tiap menitnya Ayah selalu berupaya membahagian keluarga?

Bagi Ayah dan Bunda materi bukanlah segalanya, karena mereka pernah muda dan pernah merasakan bagaimana keberlimpahan materi. Maka kebersamaan dengan keluarga adalah yang paling diharapkan. Tapi ketika materi tidak ada dan kehadiran diantara mereka juga tidak bisa Anda wujudkan, maka satu-satunya hal yang masih bisa diupayakan adalah doa.

Harapan agar Tuhan menjaga dan membahagian orang tua Anda dengan caranya. Doa dari dalam hari yang tulus itu akan memberikan rasa tenang dalam hari mereka. Doa bisa dilakukan dimana saja, tak perlu ketika berada ditempat ibadah. Tak perlu berharap mereka tahu bahwa Anda selalu ikut mendoakan keberkahan hidup keduanya.

Cukuplah berdoa dengan ikhlas, karena cara inilah yang sering didengar oleh Tuhan. Mintalah Tuhan untuk selalu membuat keduanya bahagia dengan caranya. Sementara Anda berusaha menggapai kesuksesan di perantauan.

Comments are closed.