Mendidik Anak Perempuan Menjadi Pribadi yang Cantik Luar dan Dalam

Family

Mendidik anak perempuan akan nilai-nilai etik dan tata krama harus sedari dini, agar ia tumbuh dan menjadi pribadi yang cantik luar dan dalam.

Baik memiliki anak laki atau perempuan harus dibesarkan dengan cara yang baik dan benar. Ini akan membuat anak tersebut menjadi seseorang yang memiliki etika, tata krama, dan sopan santun yang baik. Terutama untuk anak perempuan, bahwa mendidik anak perempuan harus ektra istimewa. Hal ini didasari karena sifat perempuan yang secara alamiah lebih kompleks dari anak laki-laki. Pada dasarnya anak perempuann akan memproduksi hormo-hormon di dalam tubuhnya yang tidak diproduksi anak laki-laki. Hal ini yang kemudian akan membentuk pola pikir dan perilaku yang lebih kompleks dan sensitif daripada laki-laki. Untuk itulah dalam mendidik anak perempuan juga diperlukan cara yang berbeda, demi perkembangan dan pertumbuhannya.

Cara Mendidik Anak Perempuan Untuk Cantik Luar Dalam

Pelajaran Menghargai Diri Sendiri

Untuk mendidik anak perempuan Anda bisa memberikan pelajaran berarti untuk menghargai diri sendiri. Dengan mengajarkan untuk menghargai dirinya, berarti akan bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pada dirinya. Ini bertujuan agar saat beradaptasi dengan lingkungan baru, tidak mudah terbawa arus yang menjerumuskan terhadap hal-hal negatif. Membuat ia bisa tampil dengan penuh percaya diri, juga bisa menghargai orang lain. Hal ini harus didasari oleh Anda para orangtua dalam menghargai dan menerima keberadaan anak lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangannya. (Baca juga: Cara Asyik Mengajarkan Huruf pada Anak)

Cinta akan Rapi dan Bersih

Perempuan identik dengan segala hal tentang kerapian dan kebersihan, hal ini harus didasari rasa cinta yang ditanamkan sejak dini. Mendidik anak perempuan dalam hal ini harus sejak dini, yang akan menjadi bekal dalam kehidupan berumah tangganya kelak.

Hal-hal Tentang Kecantikan

Perlu diingat dalam mendidik anak perempuan tentang kecantikan, semata-mata buka hanya dinilai dari cantik secara fisik saja. Tapi ajarkanlah bahwa kecantikan itu bisa dari luar dan dalam tubuh, dengan sifat ramah, gemar menolong, tenang, dan percaya diri hingga pengetahuan yang luas. Hal ini akan memancarkan kecantikan luar dan dalammnya saat sedang bersosialisasi dengan teman-temannya. (Baca juga: 7 Kesalahan Cara Mendidik Anak yang Harus Orangtua Hindari)

Hal-hal Pribadi

Wajib hukumnya mendidik anak perempuann Anda untuk mengerti dan memahami area pribadi miliknya, ini bertujuan agar si Anak bisa menjaga diri dengan sebaik-baiknya. Dengan tidak membiarkannya disentuh dan dilihat orang lain. Dengan begitu, ia akan bisa memelihara kehormatannya dengan baik, sekarang hingga nanti.

Pelajaran akan Moral dan Agama

Sebagai orangtua dalam mendidik anak perempuan Anda, bisa mulai menanamkan nilai moral dan religi. Ini bertujuan agar memiliki rambu-rambu saat ia melangkah memasuki lingkungan pergaulan. Dengan nilai-nilai moral dan religi yang kuat, anak akan mempunyai benteng yang kuat dalam dirinya terhadap hal-hal yang bisa membahayakan dirinya di masa depan.

Berani Berkata Tidak

Ajarkan akan untuk berani berkata tidak, terhadap hal-hal yang tidak diinginkannya. Anak akan menjadi tidak takut tampil beda, saat berada di antara teman-temannya.

Tumbuhkan Semangat Tidak Mudah Menyerah

Anak perempuan memiliki sifat lemah lembut dan cenderung memiliki sikap manja dan mudah menyerah. Ini merupakan tugas Anda sebagai orangtua dalam mendidik anak perempuan, untuk menumbuhkan rasa semangat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala sesuatunya. Seperti saat mengerjakan tugas harian, untuk terus bisa menyelesaikan semua tugasnya.

Mengajarkan Peduli akan Sekitar

Dalam pertumbuhan anak perempuan, coba untuk melibatkannya di kegiatan sosial yang Anda lakukan. Hal ini akan membentuk rasa kepekaan terhadap sekitar yang tinggi. Ini akan membuatnya menjadi pribadi yang bisa melihat sekitar, dan sifat berbagai kebaikan terhadap sesama.

Asah Keterampilannya

Setiap anak memiliki keterampilan dan kreativitas akan bakatnya. Ini bisa mendorongnya sebagi pribadi yang penuh percaya diri, jika sudah mulai terlihat akan bakat dan keterampilan apa Anda bisa asah hal tersebut sesuai dengan minatnya.

Mengajari Arti Kasih Sayang

Dalam mendidik anak perempuan agar memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap sesama dan lingkungannya. Anda harus memulai dari rumah, berikan ia kasih sayang yang tulus dengan berbagai pengertian-pengertian yang sabar dan jangan bersikap kasar kepadanya. Hal tersebut akan membuat anak perempuan memiliki rasa kasih terhadap sesama, sementara kasih sayang yang diberikan seorang ayah kepada anak perempuannya akan membuat sang anak bahagia, sehingga ia tak perlu mencari-cari perhatian dari lawan jenis secara berlebihan.

Comments are closed.