Menjadi Panutan Bagi Anak

Si kecil adalah ÔpeniruÕ yang hebat. Bagaimana menjadi teladan yang tepat bagi anak?

Family

Si kecil adalah •peniru• yang hebat. 
Jadilah teladan yang tepat bagi anak. 

Kebiasaan baik maupun buruk yang dilakukan orang tua akan direkam dan ditiru oleh anak. Bukan hanya sebagai figur pelindung dan pemberi perhatian, orang tua juga sebagai panutan bagi anak. Jika orang tua melakukan kebiasaan positif, anak akan terbiasa menerapkan tingkah laku yang positif pula. 

Konon, sejak usia enam minggu, anak telah memiliki kemampuan untuk meniru. Pada usia delapan hingga dua belas tahun, barulah ia mencari informasi dan banyak bertanya. Proses belajar yang dialami si kecil tentu berawal dari rumah. Jadi, cara orang tua mengasuh anak akan mempengaruhi perkembangan serta kepribadian si anak, dan secara tak langsung menentukan masa depannya kelak. 

Ayo tanamkan pondasi kepribadian anak sejak dini dengan menerapkan beberapa hal berikut: 

1. Lakukan dengan konsisten 
Tularkan kebiasaan yang positif secara terus-menerus. Jangan hanya saat Anda sempat. Selalu luangkan waktu bagi anak. 

2. Perbuatan lebih berguna dari sekadar ucapan 
Jangan menuntut anak untuk melakukan hal yang hanya Anda ucapkan tapi tak pernah Anda lakukan. 

3. Have fun
Lakukan kegiatan dan kebiasaan yang positif dengan cara yang menyenangkan, sehingga anak akan lebih mudah meniru. Hilangkan kebiasaan Anda mengeluh saat melakukan sesuatu agar anak tak tertular gampang mengeluh dan menyerah. 

4. Respon dengan positif
Anak pasti akan banyak bertanya karena rasa ingin tahu yang tinggi. Jangan bosan menjawab segala pertanyaannya dan bagilah pengalaman Anda dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi si kecil. 

5. Berikan apresiasi
Jika si kecil sudah mulai melakukan kebiasaan baik yang Anda tularkan padanya, berilah penghargaan, misalnya dengan memberikan pujian atau hadiah. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai usahanya.

Leave a Reply