Pelajari Cara Membuat Anak Cerdas Agar Anda Siap Jadi Orang Tua

Asuransi KesehatanFamily

Supaya lebih siap lagi menjadi orang tua, yuk pelajari cara tepat membuat anak cerdas berikut ini.

Kecerdasan anak itu sangat dipengaruhi oleh kesehatan. Itulah mengapa sejak anak masih ada di dalam kandungan, Anda harus menjaga kesehatannya. Lalu, ketika anak lahir ke dunia, beri proteksi maksimal. Selain memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi, tambahkan juga dengan perlindungan dari asuransi kesehatan di Futuready. Jika memiliki polis asuransi, anak akan mendapatkan treatment terbaik ketika ada potensi gangguan kesehatan pada sang buah hati.

Baca Juga: Cashless dan Reimbursement dalam Asuransi Kesehatan

Jika kesehatan anak mempengaruhi kecerdasan, lalu apa yang harus Anda lakukan?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu Hamil

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Sayangnya, tidak banyak dari mereka yang mau melakukan usaha untuk mewujudkan hal tersebut. Padahal, bukan hal yang sulit untuk menerapkan cara membuat anak cerdas. Hal yang utama adalah menjaga kesehatan dan perkembangan sejak anak masih ada di dalam kandungan. Berikut ini beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan.

Mengkonsumsi Ikan

mengkonsumsi ikan membantu kecerdasan anak

Saat masih hamil, sebaiknya seorang ibu sering mengkonsumsi ikan. Sebab, ikan memiliki kandungan omega 3 yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak janin. Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan. Banyak ikan yang ditangkap dari perairan sudah tercemar. Jika ini terjadi, maka percuma saja mengkonsumsi ikan.

Harus dipastikan ikan hidup di perairan yang baik. Selain itu, ikan juga harus fresh atau segar. Cara masaknya juga harus higienis sehingga kandungan yang ada di dalam ikan tetap terjaga ketika dikonsumsi, terutama kandungan omage 3.

Mengkonsumsi Telur

Beberapa ibu hamil tidak suka makan ikan. Bahkan, ada yang awalnya suka makan ikan, tapi ketika hamil tiba-tiba menjadi tidak suka. Bau amis ikan sering menyebabkan mual dan muntah. Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi karena seorang ibu hamil sering mual ketika mencium bau yang menyengat.

Namun, jangan khawatir masih ada cara membuat anak cerdas lainnya, yaitu mengkonsumsi telur. Kandungan protein dan juga omega 3 di dalam telur cukup tinggi. Dua kandungan itulah yang akan memastikan perkembangan tubuh dan otak bayi di dalam rahim terjamin.

Kacang-kacangan

Ibu hamil disarankan lebih banyak makan. Pasalnya, saat hamil seorang wanita sering sekali merasa lapar. Makanan yang dikonsumsi harus dibagi antara untuk memenuhi kebutuhan sendiri dengan memenuhi kebutuhan bayi di dalam kandungan.

Untuk itu, sebaiknya sediakan cemilan. Dalam hal ini, cemilan yang disarankan adalah kacang-kacangan. Selain sebagai cemilan yang mengenyangkan, kacang-kacangan juga bisa mencerdaskan otak bayi. Ada kandungan asam folat yang berperan sama mempercepat perkembangan otak bayi.

Baca Juga: Alur Rekam Medis Rawat Jalan dan Inap di Rumah Sakit

Masih banyak makanan lain yang juga bisa dikonsumsi saat hamil. Namun, dari tiga jenis makanan tersebut, ada satu hal yang bisa disimpulkan. Perkembangan otak bayi di janin dipengaruhi oleh omega 3. Silakan Anda cari makanan lain selain tiga makanan tersebut di atas yang ada kandungan omega 3-nya. Inilah cara membuat anak cerdas mulai ketika anak masih di dalam rahim.

Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

Sekarang, bagaimana cara membuat anak cerdas ketika anak sudah lahir? Ini menjadi tantangan tersendiri. Karena tidak hanya gizi anak saja yang terpenuhi, melainkan hal lain juga perlu dilakukan. Sebagai orang tua, Anda harus pro aktif untuk memicu perkembangan kecerdasan anak. Selain memberikan makanan bergizi, ada kegiatan lain yang perlu Anda pahami.

Dorong Anak untuk Melakukan Eksplorasi

Tidak ada yang bisa membuat anak cerdas. Bahkan guru ataupun orang tua sekali pun. Orang-orang yang di sekeliling hanya berperan untuk mendorong. Buat anak merasa ingin tahu terhadap hal-hal yang baru. Dengan demikian, ia akan tertarik untuk terus mencari tahu. Itulah proses kecerdasan anak terus terasah.

Untuk mendorong ke arah sana, Anda sebagai orang tua harus terus menerus memberikan hal yang baru. Sebagai contoh membeli mainan yang membuat anak penasaran, seperti permainan puzzle. Ini hanya salah satu contoh saja.

Selain itu, ada dorongan lain yang bisa dilakukan, seperti mengajak anak menemui hal-hal yang baru seperti pergi ke kebun binatang bertemu dengan satwa langka atau ke taman bermain edukatif.

Sediakan Obyek Belajar

Mungkin Anda sudah membelikan setumpuk mainan di rumah. Sampai-sampai rumah sudah sesak dengan mainan sang buah hati. Namun, alangkah lebih bijak jika Anda siapkan mainan yang edukatif. Ini tidak hanya sebagai mainan tapi juga sebagai cara membuat anak cerdas.

Apa itu mainan edukatif? Ini mainan yang memicu otak anak bekerja. Misalnya saja mainan puzzle, mainan pasir, play dough, dan lain sebagainya. Sesuaikan mainan yang Anda berikan dengan usia sang buah hati. Semakin dewasa, berikan obyek belajar yang jauh lebih rumit.

Buat Anak Suka Belajar

Buat Anak Suka Belajar

Membuat anak suka belajar menjadi tantangan tersendiri. Padahal, ini cara membuat anak cerdas yang penting sekali. Untuk usia balita, Anda bisa membiasakan anak suka menggambar. Ini stimulus yang tepat agar ia senang belajar. Lanjutkan ke proses belajar level lebih tinggi, seperti melukis, mewarnai yang rapih, dan lain sebagainya.

Di usia yang ke 5, Anda bisa mulai mengenalkan huruf dan angka. Ajak anak menulis dan latihan mengeja. Ini sangat penting. Karena ketika anak sudah mulai suka menulis dan membaca, maka itu artinya ada motivasi anak suka belajar.

Ketika anak suka membaca, ajak anak ke perpustakaan. Mulailah mengajak anak ke toko buku agar ia memilih buku kesukaan. Pada dasarnya, inilah hal sepele tapi penting untuk dilakukan agar anka suka belajar.

Perluas Wawasan Anak

Saat anak semakin dewasa, wawasan anak harus semakin luas. Semakin luas wawasan anak, maka anak akan semakin tahu banyak hal. Semakin tahu banyak hal, maka kecerdasan anak semakin bertambah.

Terutama ketika anak sudah duduk di bangku SD. Jangan biarkan anak berkutat dengan pelajaran sekolah. Ajak anak berkeliling agar ia bisa bersinggungan langsung dengan apa yang ia pelajari di sekolah. Seperti contoh, ketika di kelas anak mulai belajar tentang flora, ajak anak naik gunung, pergi ke perkebunan, dan persawahan.

Baca Juga: Pilihan Investasi Terbaik Untuk Jaminan Hari Tua

Jika anak suka pelajaran sains, ajak anak mengunjungi museum sains. Jika anak suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, ajak anak tour ke perusahaan teknologi. Jadi, sudah tahu kan sekarang bagaimana cara membuat anak cerdas? Upaya harus dilakukan sedini mungkin. Jangan tunggu anak dewasa. Karena otak harus distimulus mulai ketika anak masih ada di dalam kandungan.

Akan tetapi, ketika Anda mulai mendorong perkembangan kecerdasan anak, Anda juga tidak boleh lupa mengenai kesehatan. Karena tidak mungkin otak anak berkembang dengan baik ketika kesehatannya tidak terjamin. Itu yang jauh lebih penting.

Comments are closed.