10 Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Siapkan

Family

Daripada bingung mau mempersiapkan daftar perlengkapan bayi, coba cek dahulu semua yang kami kumpulkan untuk Anda!

Bagi para calon orangtua, mempersiapkan semua perlengkapan bayi memang sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Tapi apa saja yang harus disiapkan? Hal inilah yang sering membuat orangtua baru kebingungan, karena baru pertama kali.

Masa-masa menyambut kelahiran buah hati memang momen yang membahagiakan, tapi juga sekaligus merepotkan. Bagaimana tidak? Ada banyak hal yang harus disiapkan dan berbagai perlengkapan untuk bayi juga harus dibeli. Nah, alih-alih langsung datang ke toko, sebaiknya buat lebih dahulu daftar perlengkapannya.

Baca juga: Tip untuk Ayah Menjaga Stamina Pasca Istri Melahirkan

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bagi Anda yang sedang menanti kelahiran buah hati, keinginan membeli banyak barang untuk bayi pasti sangat besar. Untuk memastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapan bayi yang diperlukan, perhatikan daftarnya berikut ini:

  1. Kain Bedong Perlengkapan Bayi

Perlengkapan pertama yang penting dan harus disiapkan adalah kain bedong. Kain ini berguna untuk membungkus tubuh bayi agar lebih hangat dan nyaman terutama ketika sedang tidur. Siapkan setidaknya dua lusin atau 12 kain, atau lebih ideal samakan dengan jumlah popok bayi.

  1. Perlak Perlengkapan Bayi

Merupakan alas tidur yang dapat melindungi kasur agar tidak kotor atau basah ketika bayi pipis. Perlengkapan bayi yang satu ini wajib ada di rumah. Pilihlah perlak yang permukaannya dapat tetap kering meski terkena ompol agar bayi tetap nyaman dan tidak basah.

  1. Pakaian Perlengkapan Bayi

Banyaknya pilihan model pakaian bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan pasti membuat Anda ingin memborongnya. Namun perlu diingat, utamakan memilih yang nyaman dan terbuat dari bahan lembut untuk kulit bayi.

Pakaian yang harus disiapkan ini terdiri dari kaos lengan panjang dan pendek, singlet serta celana panjang dan pendek yang masing-masing berjumlah minimal satu lusin. Siapkan juga satu atau dua topi kain bayi untuk dipakainya saat ke luar rumah.

  1. Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Terkesan sepele, dua perlengkapan bayi ini sering dilupakan padahal fungsinya cukup penting bagi bayi. Yakni menjaga bayi tetap dalam kondisi hangat meski suhu sedang dingin dan melindungi kuku-kuku bayi agar tidak mencakar wajah atau bagian tubuh lainnya. Sarung tangan dan kaos kaki ini cukup Anda siapkan masing-masing tiga hingga empat pasang.

  1. Peralatan Mandi

Pemilihan peralatan mandi bayi tidak boleh sembarangan. Pilih bak mandi yang memiliki bagian tempat duduk, tidak terlalu dalam, aman bagi bayi, dan berbahan plastik yang kokoh dan ringan. Untuk sabun dan sampo, gunakan yang khusus bayi agar tidak perih jika terkena mata. Selesai mandi, keringkan bayi dengan handuk yang lembut dan mudah menyerap air.

  1. Popok Kain dan Pempers

Bayi yang baru lahir tentu belum bisa memberitahu saat ingin buang air. Untuk itu pastikan Anda menyiapkan dua perlengkapan bayi ini di rumah. Sediakan setidaknya dua lusin popok dan selusin pempers. Pakaikan popok untuk bayi sehari-hari dan pempers ketika bepergian.

  1. Perlengkapan Bayi Seperti Minyak Telon dan Bedak Bayi

Mengoleskan minyak telon setelah mandi bertujuan untuk menghangatkan bayi. Namun sebelum itu, pastikan bayi tidak memiliki alergi terhadapnya. Bedak bayi dan baby oil dipakai untuk menjaga kulit bayi tetap halus, lembut, dan wangi. Dan sebagai perlengkapan bayi tambahan, siapkan juga tisu kering, tisu basah, kain kasa, plester demam, dan cotton bud.

  1. Tempat Tidur

Ada banyak pilihan tempat tidur bayi tapi disarankan untuk membeli yang halus dan rata serta antara kasur dan ranjang tidak ada celah. Lengkapi juga dengan kelambu agar bayi terlindung dari gigitan nyamuk saat sedang tidur.

  1. Peralatan Menyusu

Perlengkapan bayi ini meliputi botol susu dan alat pembersihnya. Untuk botol, pilihlah yang bebas bahan kimia dan mudah dipegang. Sementara pembersihnya gunakan sikat panjang yang halus dan spons agar botol tetap steril.

  1. Gendongan Bayi

Untuk bayi baru lahir, gunakan gendongan yang ada di depan. Ini akan sangat membantu mengurus bayi ketika rewel ingin terus digendong. Meski akan jarang digunakan, sebaiknya sediakan dua buah untuk berjaga-jaga jika perlu diganti.

Baca juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Anak

Selain Perlengkapan Bayi, Ini Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Dalam hal merawat bayi baru lahir memang berbeda dengan bayi yang telah menginjak usia beberapa bulan. Untuk itu bukan hanya menyiapkan perlengkapan bayi, para ayah dan ibu baru juga harus mengetahui beberapa hal berikut ini:

  1. Menyusu Tiap 1-2 Jam

Saat masih bayi, buah hati memiliki lambung yang kecil, bayi akan menyusu dalam jumlah sedikit namun berulang-ulang. Biasanya saat baru lahir, bayi akan menyusu tiap satu hingga dua jam per harinya. Saat ingin menyusu, bayi umumnya akan menangis dengan kuat, mengisap tangannya atau mengecap-ngecap.

  1. Sering Gumoh

Mengeluarkan kembali susu yang ada di mulut atau gumoh biasa terjadi setelah bayi menyusu. Oleh karena itu, perlengkapan bayi seperti tisu dan celemek diperlukan agar bayi tetap bersih. Untuk mencegah gumoh, tegakkan posisi bayi selama 30 menit setelah menyusu dan biarkan ia bersendawa.

  1. Tidur Selama 16-18 Jam Sehari

Waktu tidur bayi memang cukup panjang, yakni sekitar 16-18 jam sehari dengan lama satu hingga dua jam dalam sekali tidur. Jadi jangan heran jika bayi hanya bangun saat ia ingin menyusu, karena merasa lapar.

  1. Sering BAB Setelah Menyusu

Bayi yang baru lahir umunya akan BAB setelah menyusu, yakni sekitar 6-10 kali sehari. Frekuensi ini akan menurun seiring pertumbuhan bayi atau menjelang usia tiga sampai enam minggu.

  1. Tali Pusat Bayi Perlu Dirawat

Ketika bayi baru lahir, tali pusat biasanya masih terlihat. Anda harus menjaga tali pusat ini dan kulit sekitarnya tetap bersih dan kering. Jika tali pusat menjadi kemerahan atau berbau, segera periksakan kondisi bayi ke dokter.

Itulah daftar perlengkapan bayi dan beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perawatan bayi yang baru lahir. Jika Anda merasa masih belum mengerti, tak ada salahnya untuk membicarakannya dengan keluarga besar atau teman Anda yang lebih berpengalaman.

Comments are closed.