Persiapan Kesehatan dan Keuangan Masa Tua

Family

Setiap tahun usia boleh saja terus bertambah, tapi hidup sehat dan kestabilan keuangan di masa tua tentu juga harus dipersiapkan dan tak boleh terlewatkan.

Tak perlu menyangkal bila di saat ini, di masa muda, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan. Terlebih lagi perihal keuangan. Anggapan yang sudah banyak tertanam adalah masih banyak waktu tersisa untuk memikirkan bagaimana menghadapi masa depan dengan sehat dan keuangan yang stabil.

Padahal, kalau mau sedikit saja merencanakannya, dari segi waktu setiap tahun usia terus bertambah. Kondisi tubuh juga akan menurun efektivitasnya tidak lagi sebugar Anda di masa muda. Begitu juga dengan masalah keuangan.  

Masa tua merupakan waktu ketika kita sudah mulai mendekati usia pensiun dan ketika telah masuk usia pensiun sehingga tidak lagi bekerja. Jangan tunda lagi, hidup sehat dan kestabilan keuangan di masa – masa mendatang tentu juga harus dipersiapkan dan tak boleh terlewatkan. Satu kepastian, semua hal itu bisa Anda dapatkan!

Hadapi Masa Tua dengan Kesehatan Prima

Ada cara sederhana menghadapi fase penuaan dengan sehat. Satu hal permulaan yang perlu Anda punya adalah modal menghadapi masa penuaan dengan melatih kebiasaan makan sehat dan berolahraga.

Baca juga: Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Keluarga yang Bagus

mengatur uang di hari tua

Asupan harian bisa Anda atur setiap harinya dengan menentukan porsi dan memilih jenis makanan padat nutrisi. Godaan untuk pilihan hidup sehat ini memang banyak, namun bila Anda telah berkomitmen pada diri sendiri ini akan berguna seumur hidup.

Kebiasaan makan sehat ini akan membantu Anda menangkal berbagai gangguan kesehatan. Bila satu hal di atas sudah bisa Anda lakukan secara rutin, persiapan penting lain untuk mempertahankan kebugaran fisik saat usia bertambah adalah menjaga kesehatan tulang.

Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30. Perhatikan kecukupan konsumsi kalsium dari makanan dan secara teratur berlatih beban. Keduanya penting untuk membangun massa tulang.

Baca juga: Ini Keuntungan dan Kerugian Menitipkan Orangtua di Panti Jompo

Kebutuhan Keuangan Tidak Terhenti Saat Usia Tua

Saat memasuki umur lansia, aktivitas Anda bisa jadi sudah semakin berkurang. Namun, kebutuhan keuangan tidak berhenti begitu saja secara otomatis. Justru, semakin Anda tua, kebutuhan keuangan akan masih tinggi.

Ada dua fase yang bisa Anda lakukan sejak dini. Pertama, persiapan sejak sebelum pensiun. Kedua, di saat masa pensiun. Di fase pertama ini, Anda membutuhkan dana  kesehatan dan investasi untuk dana pensiun di masa mendatang.

sehat di hari tua

Produk-produk keuangan seperti tabungan, deposito bank, reksadana dan asuransi unitlink merupakan portofolio investasi yang dapat dipilih. Juga produk asuransi kesehatan diperlukan karena dengan menuanya usia seseorang, risiko penyakit kritis lebih besar ketimbang usia lebih muda. Produk asuransi kematian diperlukan untuk dapat menyediakan warisan berbentuk tunai bagi keluarga yang ditinggalkan.

Di usia pensiun, mereka dapat memilih instrumen investasi dengan risiko lebih rendah seperti deposito bank dan portofolio investasi berisi obligasi dan dana pasar uang dengan komposisi saham yang tidak terlalu besar (dana campuran). Intinya, pada masa ini, porsi pada produk Investasi lebih mengutamakan aspek keamanan dana dan menurunkan potensi risiko volatilitas seperti saham.

Comments are closed.