Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua: Sudahkah Anda Merencanakan?

Family

Merencanakan hari tua yang indah sudah harus direncanakan dari sekarang dan investasi merupakan langkah jitu. Apa saja pilihan investasi jaminan hari tua?

Saat ini Anda memiliki karier yang bagus dengan penghasilan besar, memiliki mobil, rumah, dan kebutuhan hidup serba berkecukupan. Tapi, sudahkah Anda mulai memikirkan tentang hari tua? Agar saat pensiun menikmati hidup lebih tenang, dan tak perlu memikirkan apa yang akan terjadi nanti terutama masalah keuangan. Akan menjadi masalah besar, jika Anda tak mempersiapkan segi finansial saat nanti tak mungkin lagi untuk bekerja.

Ada banyak cara untuk mempersiapkan masa tua lebih indah, salah satu caranya adalah investasi. Dengan adanya investasi jaminan hari tua nanti, sedikit banyak bisa membantu keuangan hari tua Anda. Nah, di Indonesia ada banyak bentuk investasi untuk dana pensiun.

5 Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua untuk Anda!

Investasi Properti

investasi property jaminan hari tua

Properti merupakan salah satu investasi jaminan hari tua terbaik, walaupun terkesan kuno yang menjadi pilihan investasi favorit di masa lalu. Ada banyak pilihan investasi di bidang properti seperti membeli tanah, rumah, membuat kontrakan atau tempat kos dan lain sebagainya. Investasi ini bisa juga menjadi pemasukan tetap bagi Anda di masa tua nanti. Tapi yang harus diperhatikan adalah lokasinya, carilah tempat yang strategis jangan lupakan juga dengan biaya-biaya lainnya seperti perawatan, listrik, dan lain-lainnya.

Baca juga: Produk Finansial yang Wajib Dimiliki Agar Masa Depan Bahagia

Reksa Dana

Apakah Anda pernah mendengar reksa dana? Ini merupakan pilihan investasi terbaik di masa modern ini, di mana Anda membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang manajer investasi (MI) untuk mengelolanya dalam portofolio investasi berbagai produk seperti obligasi, deposito, dan juga saham. Banyak yang sudah mulai mencoba investasi reksa dana, karena mudah dan risiko kerugian juga relatif rendah. Keunggulannya Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih tinggi daripada hanya menabung di bank. Ada berbagai jenis investasi reksa dana, mulai dari reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, hingga pasar uang.

BPJS Ketenagakerjaan

bpjs jht

Selanjutnnya adalah BPJS Ketenagakerjaan, bagi Anda yang merupakan peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS. Fitur ini merupakan jaminan yang bisa Anda manfaatkan untuk program jaminan hari tua nanti. Dengan adanya perlindungan ini, para peserta program bisa mendapatkan perlindungan tabungan hari tua yang bisa memberikan kepastian pendapatan sewaktu memasuki usia tua yaitu ketika memasuki masa pensiun. Program ini berupa tabungan, di mana besaran yang didapat merupakan iuran serta penambahan dari pengembangan dana yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Emas

investasi emas untuk hari tua

Sama halnya dengan investasi di bidang properti, membeli emas dan menjualnya kembali merupakan cara investasi kuno yang jadi favorit orang hingga kini. Sebagian masyarakat masih percaya bahwa investasi emas merupakan hal yang menguntungkan dan lebih terpercaya jika dibandingkan dengan bentuk investasi lain. Dengan investasi emas Anda bisa melihat bentuk fisik dari investasi yang dilakukan, selain itu harga emas yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Walaupun juga memiliki risiko lainnya. Tapi, investasi emas merupakan cara favorit untuk menjamin hari tua Anda.

Baca juga: Hal yang Harus Diketahui Saat Ingin Belajar Trading Forex

Asuransi Investasi

Berikutnya adalah pilihan yang bisa dibilang menjanjikan untuk investasi hari tua, yaitu produk asuransi investasi. Nah, biasanya dikenal dengan nama asuransi kesehatan plus. Skema asuransi ini, tak hanya akan mendapat Anda jaminan mengenai kesehatan tetapi juga di hari tua. Dengan demikian dana premi yang Anda berikan tak hanya memberikan perlindungan dalam segi kesehatan, tetapi juga digunakan atau dialihkan dalam bentuk investasi yang menghasilkan di akhir periode. Investasi ini cukup banyak peminatnya dan memiliki periode jangka waktu yang panjang.

Itu dia lima investasi jaminan hari tua yang menjadi favorit di Indonesia, untuk itu semakin cepat semakin baik untuk Anda memulai investasi demi hari tua yang tenang dan tanpa beban pikiran akan berbagai risiko yang bisa terjadi setiap waktu.

Comments are closed.