Road Trip Nyaman dengan si Kecil

Jangan terburu pesimis Anda akan mengalami mimpi buruk saat pergi dengan si kecil.

Family

Jangan terburu pesimis Anda akan mengalami mimpi buruk saat pergi keluar kota mengendarai mobil dengan si kecil.

Bepergian dengan si kecil apalagi yang masih bayi memang membutuhkan pertimbangan khusus dan rencana yang matang. Apakah Anda akan menempatkannya di car seat selama perjalanan? Ataukah menggendongnya dan membiarkannya tidur di pelukan Anda sepanjang perjalanan? 

Menurut Moza Pramita, founder www.liburkeluarga.com, •Apabila Anda melakukan trip dengan anak berusia di bawah 5 tahun, seharusnya memakai car seat. Penting untuk membiasakan anak disiplin di jalan.• Selain itu, car seat adalah salah satu faktor penjamin keamanan saat Anda sekeluarga mengendarai mobil pribadi untuk perjalanan jauh. 

Agar perjalanan darat dengan bayi dan anak menjadi lebih mudah dan menyenangkan, perhatikan beberapa hal berikut:  

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap pakai. Anda juga bisa •menyulap• mobil menjadi kamar tidur sementara. Pasang tirai di jendela mobil untuk melindungi si kecil dari teriknya sinar matahari. Jangan lupa pula membawa bantal dan selimut favoritnya. 

2. Batas waktu bagi balita berada di dalam mobil dengan tenang biasanya hanya 1.5 jam. Nah, dianjurkan melakukan perjalanan di malam hari, saat anak tidur. Jika pergi waktu siang hari dan si kecil mulai rewel, secara berkala berhentilah sebentar supaya anak bisa menghirup udara lebih segar dan pindahkan tempat duduknya. Dengan arah pandang yang berbeda, si kecil bisa lebih tenang.  

3. Isi tas perlengkapan si kecil dengan segala keperluan pribadinya. Tambahkan bonus mainan baru yang akan membuatnya lebih antusias dan terhibur, sehingga tak cepat bosan selama perjalanan. •Anda juga bisa memutar lagu kesukaan keluarga, atau untuk anak yang sudah lebih besar bisa main games di tablet. Batas waktu bermain games maksimal 30 menit,• tambah Moza.

Leave a Reply