Sebelum Menikah Wajib Lakukan Tes Kesehatan Ini

FamilyHealth

Tes kesehatan sebelum pernikahan sangat perlu, dengan tujuan agar bisa mengetahui kondisi fisik dan psikis kedua calon mempelai.

Pernikahan bukanlah suatau hal kecil, sebagai tahapan penting dalam kehidupan seseorang maka rencanakanlah setiap detailnya sebaik mungkin. Berbagai aspek yang harus dipersiapkan antara lain dekorasi, tempat acara, makanan, dekorasi, souvenir hingga pastinya undangan jangan sampai ada yang terlewat.

Tapi itu semua belum cukup untuk kedua pasangan sebelum mereka berumah tangga, yaitu tes kesehatan. Di tahap ini sebaiknya Anda dan pasangan melakukann premartial check up. Premarital check up adalah tes kesehatan yang dilakukan pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. Tujuannya untuk memastikan kedua calon mempelai dinyatakan sehat baik secara fisik dan psikis.

Baca Juga: Menabung untuk Menikah? Lakukan Strategi Ini

Bagi sebagian orang yang ingin menikah sudah menyadari betapa pentingnya premarital check up, tapi bagaimana dengan mereka yang belum tahu?

Berikut tahapan premarital check up yang harus Anda ketahui

Tes Kesehatan Umum

Pemeriksaan ini merupakan sebuah tindakan pencegahan yang berfungsi dan bermanfaat untuk mengetahui kesehatan fisik tubuh seseorang secara laboratorium, khususnya dengan organ-organ penting dalam tubuh (jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan orang tubuh lainnya).

Pemeriksaan ini bisa mendeteksi penyakit karena meliputi pemeriksaan fisik, darah, rhesus, dan urinalisis lengkap.

Tes Kesehatan Penyakit Menular

Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan mengidap penyakit menular seperti HIV, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Penyakit-penyakit tersebut sangatlah berbahaya dan sulit untuk dideteksi, maka pemeriksaan pun harus dilakukan dengan prosedur tertentu.

Tes Kesehatan Hereditas (Penyakit Turunan)

Calon pengantin juga harus tahu riwayat kesehatan dari garis keturunannya. Penyakit turunan bisa jadi menjadi hal yang tidak diinginkan. Pemeriksaan hereditas itu sangat penting, karena bisa mengetahui penyakit-penyakit turunan seperti thalassemia, hemofilia, dan sickle cell disease (SCD) tujuannya untuk agar anak Anda dan pasangan nanti tidak menderita penyakit yang sama.

Tes Kesehatan Organ Reproduksi dan Kesuburan

Pemeriksaan organ reproduksi wajib hukumnya dilakukan oleh setiap pasangan, tujuannya agar mengetahui apakah organ reproduksi Anda dan pasangan dalam kondisi sehat atau tidak. Untuk wanita biasanya harus melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui kondisi rahim, saluran telur, indung telur  apakah ada semacam kista ovarium, polip atau tumor yang bisa menghambat program kehamilan.

Sedangkan untuk pria biasanya dilakukan pemeriksaan fisik, seperti penis, skrotum prostat dan hormone FSH yang berperan untuk pembentukan sperma serta kadar hormon testoteron.

Tes Kesehatan untuk Ibu/Calon Ibu

Calon pengantin wanita wajib melakukan pemeriksaan ini, karena mereka akan menjadi calon Ibu. Pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan periodontal, pemeriksaan thyroid stimulating hormone (TSH), pemeriksaan CBC, pap smear dan pemeriksaan kepadatan mineral tulang.

Tujuannya untuk kehamilan Si Calon Ibu nanti bisa berlangsung sehat baik secara fisik, hormon, dan jiwanya. Sehingga prosesnya akan lebih alami pada saat kehamilan nanti.

Baca Juga: Selepas Menikah Ini 3 Asuransi yang Anda dan Keluarga Perlukan

Itu dia pentingya premarital check up bagi Anda dan calon pasangan yang ingin melakukan tes ini, sebaiknya dilakukan enam bulan sebelum pernikahan. Premarital check up ini untuk membuat Anda dan pasangan mengubah pola hidup menjadi sehat.

Agar kelaurga Anda harmonis, makin lengkap cek dulu berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga Anda di Futuready!

tes kesehatan

Leave a Reply