Sederhana Tapi Penting, Inilah Manfaat Menonton Film Keluarga

Family

Film keluarga umumnya laris disaksikan oleh orang-orang yang telah berkeluarga. Selain karena ceritanya, nyatanya ada manfaat yang mungkin belum Anda ketahui.

Sekarang ini, industri perfilman bergerak dengan sangat masif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film-film baru yang saling menyusul masuk ke dalam bioskop untuk disaksikan oleh para penikmat film di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Film memiliki banyak jenis. Masing-masing jenis film tentu memiliki penggemar yang berbeda-beda. Dari sekian banyak jenis film, rasanya yang saat ini menjadi primadona para penikmat film adalah horor, sci-fi, dan action. Tapi, nyatanya ada satu jenis film yang tak pernah kehilangan penggemar dari dulu hingga sekarang, apa lagi kalau bukan film keluarga.

Film keluarga merupakan film yang memiliki latar belakang, cerita, dan segala sesuatunya yang erat hubungannya dengan sebuah keluarga kecil, yaitu ayah, ibu, dan anak. Umumnya, film keluarga mengusung konflik atau masalah yang cukup rumit untuk dilewati namun pada akhirnya keluarga tersebut merasakan kebahagiaan.

Menonton film keluarga tak hanya menyajikan tawa dan air mata. Lebih dari itu, film keluarga memiliki manfaat yang mungkin belum disadari banyak orang, mungkin salah satunya Anda. Penasaran apa saja manfaat menonton film keluarga? Ini dia!

Manfaat Menonton Film Keluarga

Sarat Makna

Film bertema keluarga biasanya berisi banyak pesan-pesan tersirat tentang bagaimana harusnya kita bersikap di kehidupan sosial ini. Meskipun konflik yang diangkat mungkin tidak terlalu berat, tapi justru di situlah makna-makna kehidupan disampaikan dengan detail yang indah. Kata-kata indah yang mengalir dari para pemain juga biasanya berisi nasehat-nasehat untuk menjalani hidup.

Dengan menonton film keluarga ini, kita akan mendapatkan pelajaran hidup tanpa merasa didikte. Sebab, umumnya orang-orang akan merasa tersinggung jika dinasehati perihal keluarga yang mana menjadi hal yang sangat privasi.

Dekat dengan Kehidupan Sehari-hari

Dari tema yang diangkat pun, kita sudah pasti bisa menyadari bahwa film bertema keluarga berkisah tentang kehidupan sehari-hari. Sehingga, apa yang terjadi pada pemerannya, bisa jadi pernah atau sedang kita rasakan.

Hal ini menjadi poin plus dari film dengan genre ini karena mereka akan mampu membuat para penonton untuk masuk dan menghayati perasaan para pemerannya secara lebih nyata.

Ketika menikmati film jenis ini kita seolah ikut merasakan sendiri semua emosi yang dirasakan para pemain.

Lebih Ringan dan Menghibur

Dibanding film action atau yang lainnya yang membuat kita tegang selama menonton, menyaksikan film dengan tema keluarga akan membuat kita terhibur dan lebih santai. Bukankah tujuan utama kita menonton film adalah untuk merelaksasi diri dari kepenatan selama sekolah, kuliah, ataupun bekerja?

Dihadiahi akhir bahagia juga menjadi tambahan penting yang membuat kita ikut merasakan kebahagiaan begitu selesai menonton film keluarga ini.

Bisa Dinikmati Bersama Keluarga

Umumnya, film-film buatan luar negeri diisi dengan berbagai adegan, salah satunya adalah adegan romantis dan bahkan adegan panas. Nah, bagi Anda yang ingin menonton film bersama keluarga tapi memiliki anak di bawah umur, tentu Anda tak ingin bagian dari film tersebut terekam di memori anak Anda, bukan?

Itulah mengapa menonton film keluarga sangatlah pas jika Anda ingin pergi untuk menonton film bersama keluarga kecil Anda. Anda tak perlu khawatir terdapat adegan tak senonoh di dalam film. Sebab, film keluarga lebih menonjolkan sisi kekeluargaan dibandingkan sisi erotisme yang umum diselipkan di berbagai jenis film lain.

Menjadi Lebih Bersyukur

Ketika sebuah cerita diangkat menjadi film, tentu akan ada konflik di dalam film tersebut. Mau tidak mau, kita mungkin akan menyaksikan beberapa adegan sedih dalam film bertema keluarga ini. Entah itu kehilangan orang yang mereka sayang, atau bahkan bisa jadi kehilangan anggota tubuhnya.

Dengan menonton film keluarga, kita akan menyadari ada begitu banyak hal yang bisa kita syukuri di dunia ini.

Membuka Pikiran

Selama ini, jika kita hanya hidup di lingkungan kita saja, atau hanya berada di zona nyaman kita, kita tidak akan menyadari apa yang mungkin akan kita hadapi di luar sana.

Dengan menikmati film keluarga yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, pikiran kita akan terbuka tentang dunia luar, tentang permasalahan hidup orang lain, dan tentang bagaimana harusnya menyikapi masalah.

Belajar dari Kesalahan Orang Lain

Hidup di dunia ini hanya sebentar, kita tidak akan punya cukup banyak waktu untuk belajar dari kesalahan sendiri. Jika kesalahan kita hanya untuk pembelajaran dan kemudian dilakukan lagi, lalu kapan kita akan sukses?

Oleh karena itu, menikmati film dengan tema keluarga yang akrab dengan permasalahan hidup sehari-hari, kita bisa menjadikan hal itu sebagai bahan pembelajaran dan cukup dengan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Memberikan Inspirasi

Siapa bilang inspirasi tidak bisa muncul lewat film yang ditonton, terutama film keluarga. Mungkin Anda atau orang-orang terdekat telah memiliki pengalaman mendapatkan inspirasi setelah menonton film.

Biasanya, banyak hal yang terdapat di film keluarga yang mungkin tidak pernah terlintas di pikiran Anda. Jadi, saat menonton film tersebut, Anda menjadi terinspirasi untuk melakukan sesuatu, baik yang seru ataupun romantis untuk keluarga kecil Anda.

Memotivasi Diri

Tak sedikit orang yang sudah berkeluarga kehilangan motivasi dalam menjalani hidup. Nah, inilah manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menonton film keluarga. Sarat akan konflik keluarga, film jenis ini akan membuat penontonnya termotivasi dalam menuntaskan masalah yang ada dengan kepala dingin atau tanpa menimbulkan masalan lain.

Itulah manfaat menonton film keluarga yang mungkin belum Anda ketahui. Semakin berminat untuk mengajak pasangan dan si kecil untuk menonton film keluarga?

Comments are closed.