Suami Dikelilingi Banyak Wanita

Terkadang suami saya pulang dengan salah satu dari mereka dengan alasan rumahnya satu arah. Bagaimana cara menegur suami saya tanpa menyinggung perasaanya?

Family

Selamat pagi Ibu Ratih,
Di tempat kerja, suami saya dikelilingi karyawati muda yang berpendidikan sarjana. Terkadang suami saya pulang dengan salah satu dari mereka dengan alasan rumahnya satu arah. Awalnya sayaÊ merasa biasa saja. Namun, lama kelamaan saya merasa cemburu karena suami saya sering pulang bersamanya. Di sisi lain, saya pun merasa minder karena saya hanya lulusan SMA. Bagaimana cara menegur suami saya tanpa menyinggung perasaanya?

Salam,
Roosdiana

Dear Roosdiana,
Menanggapi keluhan Anda, pertama-tama saya ingin mengatakan Anda adalah sosok pribadi yang berharga, unik, dan pantas dicintai. Latar belakang pendidikan tidak serta-merta membuat Anda lebih buruk dari wanita lain yang memiliki pendidikan lebih tinggi. Kualitas wanita tidak hanya ditentukan oleh satu aspek melainkan banyak aspek dalam dirinya, seperti kepribadian, cara pikir, stabilitas emosi, dan sikapnya. Sementara itu, wawasan, keahlian, dan keterampilan dapat terus-menerus diasah dengan banyak membaca, mengikuti kursus/pelatihan, ataupun bersekolah kembali.

Satu hal yang juga penting, ketika suami memutuskan menikah dengan Anda, itu berarti ia menilai ada hal yang berbeda dari diri Anda yang tidak ditemukannya dari wanita lain. Itulah yang membuat kamu unik dan berbeda dari wanita lain. Jadi banggalah menjadi diri kamu sendiri, tidak perlu merasa lebih kecil dari orang lain. Teruslah mengasah diri menjadi lebih berkualitas baik dari segi kepribadian, kesehatan fisik, mental, dan emosional; keluasan pemikiran atau wawasan; dan sikap maupun perilaku yang bertanggung jawab.

Berikutnya, daripada fokus pada rasa cemburu kepada wanita lain sehingga dapat mempengaruhi emosi menjadi tidak sehat, sensitif, dan emosional. Sebaiknya Anda fokus pada bagaimana menciptakan kehangatan hubungan dengan suami. Caranya dengan mengenal kebutuhan suami lebih baik lagi, bersikap hangat, dan menikmati waktu-waktu kebersamaan kalian.

Buatlah kesepakatan untuk meluangkan waktu melakukan aktivitas bersama, baik sekadar nonton, makan, maupun jalan-jalan saat weekend. Buatlah kesepakatan bersama untuk menjauhkan gadget ketika sedang meluangkan waktu bersama. Hal ini penting agar Anda dan pasangan dapat benar-benar menikmati kebersamaan.

Selain itu, luangkan waktu setiap hari untuk berkomunikasi, saling berbagi cerita sekitar 1-2 jam di sore hari. Sesekali Anda juga dapat mengajak suami makan berdua di luar. Namun tetap pertimbangkan waktu yang tepat, seperti ketika mood suami sedang baik dan tidak tertekan oleh tuntutan pekerjaannya.

Bila hubungan dengan pasangan sudah kembali hangat maka reward dalam hubungan kalian akan mengikuti, termasuk sikap dan perlakuan suami yang lebih menyenangkan, lebih pengertian, dan lebih mau mendengarkan. Saat itu komunikasikan dan diskusikanlah hal-hal yang mungkin mengganggu pikiran Anda, menjadi harapan atau kebutuhan Anda. Demikian juga sebaliknya mengenai pendapat pasangan akan harapan dan kebutuhannya.

Diskusikan bersama apa yang dapat Anda berdua lakukan untuk meningkatkan keharmonisan dalam pernikahan. Berikan ruang bagi masing-masing pribadi agar bebas mengembangkan diri namun juga tidak melupakan ruang kebersamaan Anda berdua. Ingatlah, kehangatan dalam hubungan tetap harus dibina terus-menerus. Salam hangat Roosdiana.

Leave a Reply