Tip Aman Saat Menggunakan Microwave

Family

Salah satu home appliance yakni microwave, memang begitu praktis sekaligus menghemat waktu. Pahami berbagai tip aman saat menggunakannya!

Teknologi selalu menghadirkan solusi bagi berbagai kebutuhan kehidupan Anda. Termasuk untuk kebutuhan rumah tangga. Anda tak perlu lagi, di tengah kesibukan buang-buang waktu lama untuk memasak.

Salah satu produk home appliance yang sangat berguna saat ini, yaitu microwave. Microwave kini menjadi peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh hampir semua orang. Dengan menggunakan microwave Anda dapat dengan mudah menyiapkan berbagai makanan, mulai dari membuat popcorn, menghangatkan bahkan memasak makanan itu sendiri.

Apalagi, fungsinya bisa digunakan untuk memanaskan dan memasak makanan dengan merata karena suhunya yang optimal, sehingga perangkat ini dapat dimanfaatkan untuk memasak beberapa menu masakan secara cepat.

Kemajuan teknologi memang membuat hidup Anda menjadi semakin mudah. Namun meski memiliki banyak manfaat, microwave bisa menjadi berbahaya bila tidak digunakan dengan tepat. Untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dulu tip aman dalam menggunakan microwave, seperti berikut ini.

Bagaimana Cara Aman Menggunakan Microwave?

Pahami Cara dan Aturan Pemakaian

Setiap barang pasti memiliki buku panduan untuk Anda ikuti. Selalu ikuti aturan pemakaian microwave yang terdapat dalam buku panduan manual. Microwave memiliki berbagai tipe yang berbeda. Untuk itu Anda harus mengetahui waktu memasak yang dibutuhkan, saat menggunakan microwave yang ada di dapur Anda.

Alat Makan yang Sesuai

Bila Anda ingin menghangatkan makanan, sebelumnya perhatikan dulu wadah yang akan Anda gunakan. Ada bahan tertentu yang memang sudah berstandar dan dilabeli aman untuk penggunaan dalam microwave.

Jangan pernah menggunakan aluminium foil, perak atau peralatan masak yang mengandung logam dan mengkilap. Benda-benda tersebut dapat memancarkan sinar microwave sehingga dapat merusak atau menimbulkan kebakaran. Microwave menggunakan gelombang elektromagnetik untuk saat memanaskan makanan.

Jangan Menyalakan dalam Keadaan Kosong

Kalau Anda tanpa sengaja menyalakannya dalam keadaan kosong, hal tersebut dapat merusak microwave Anda. Sebagai cara antisipasi letakkan microwave di tempat yang jauh dari jangkauan anak.

Jangan Gunakan Terlalu Lama

Anda disarankan untuk menggunakannya hanya selama empat menit. Anda bisa menyalakannya kembali bila memang masih dibutuhkan. Menggunakan microwave untuk waktu yang singkat lebih baik daripada berlama-lama menggunakannya. Hal tersebut dapat membuat microwave Anda menjadi lebih awet.

Jangan Memanaskan Air Melebihi Waktu

Sebaiknya hindari memanaskan air dua kali. Khawatir, ketika dipindahkan air dapat meletup keluar dari cangkir.

Biarkan Selama 60 Detik Setelah Matang

Khawatir bila Anda langsung mengangkatnya, kondisi wadah masih akan panas. Dengan begitu Anda tidak terlalu sulit untuk mengangkatnya tetapi makanan masih tetap nikmat untuk disajikan.

Cara Membersihkan Microwave Anda

Jangan sesekali membersihkan microwave dengan bahan kimia pembersih. Penggunaan bahan itu akan membuat makanan Anda terkontaminasi. Gunakan semangkuk air dengan irisan lemon dan biarkan selama satu menit dalam suhu yang tinggi. Biarkan uapnya menyebar ke seluruh bagian microwave kemudian lap dengan kain bersih. Uap lemon akan membantu untuk menghilangkan lemak dan kotoran dalam microwave.

Tindakan Pertama Saat Terjadi Ledakan

Jangan panik bila tiba-tiba alat dapur ini mengeluarkan api. Tetap tenang, dan langsung tekan tombol berhenti. Lalu cabut colokan microwave.

Kode Aman Kemasan untuk Digunakan dengan Microwave

Poin di atas sudah dijelaskan sedikit, bahwa ada bahan wadah tertentu yang sebaiknya Anda gunakan untuk memanaskan makanan di microwave. Sebaiknya perhatikan dan pahami kode yang tertera dalam kemasan penyimpanan makanan yang aman dipanaskan menggunakan microwave. Beberapa kode yang umum diketahui adalah sebagai berikut;

Kode Simbol Garis Bergelombang

Jika Anda mendapati kode ini pada kemasan makanan Anda, ini artinya kemasan tersebut aman untuk digunakan di dalam microwave untuk menghangatkan makanan. Namun, jika yang Anda lihat adalah simbol tersebut dengan tanda coret, maka hal ini berarti bahwa kemasan tersebut tidak aman karena tidak tahan suhu tinggi.

Kode Tulisan BPA Free

Salah satu hal yang memicu tumbuhnya sel penyakit kanker adalah adanya kandungan berbahaya seperti dioksi, furan, bisphenol A (BPA), styren, dan juga antimony trioksida pada kemasan plastik yang dapat bereaksi dengan suhu tinggi. Oleh sebab itu, banyak peneliti yang menyarankan konsumen untuk mencari kemasan yang bertuliskan BPA free pada bagian luar kemasannya. Dengan begitu, Anda dapat menghindari adanya risiko-risiko yang mungkin memicu timbulnya kanker akibat menghangatkan makanan dengan kemasan plastik.

Kode Angka pada Kemasan

Dikatakan oleh The American Chemistry Council, ada beberapa kode angka pada kemasan plastik yang cenderung aman dipanaskan dalam microwave, yaitu kode 1, 2, 4, dan 5. Namun, Anda tetap disarankan untuk mencairkan makanan beku yang diambil dari lemari es hingga sampai berada pada suhu ruangan sebelum memanaskannya menggunakan kemasan plastik.

Sebaiknya, jangan abaikan berbagai tip cara aman menggunakan microwave yang sudah kami utarakan dalam artikel ini. Sebab, kembali lagi kesehatan Anda dan keluarga memiliki pengaruh besar dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Bila penggunaan semua alat dapur ini sesuai, Anda pun tidak harus sering-sering membeli barang baru karena rusak, bukan? Jadi, akan lebih hemat bila semua pemakaian telah dijaga.

Utamakan selalu kesehatan keluarga. Miliki proteksi perlindungan terbaik untuk Anda dan keluarga. Proteksi orang-orang tercinta dengan pilihan berbagai asuransi jiwa melalui Futuready.com. Anda akan menikmati proteksi maksimal dengan berbagai benefit terpercaya.

Comments are closed.