Kelebihan Metro 55 Sebagai Futuready Auto Partner

FeaturedMobil

Bagi yang tak berpengalaman, memilih bengkel body repair bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah ambil keputusan risikonya bisa banyak. Sudah tahu apa saja kelebihan yang dimiliki Metro 55? Yuk, cari tahu!

Salah satu mimpi buruk dari pemilik mobil adalah saat kendaraan kesayangannya baret akibat tak sengaja bersenggolan dengan tembok, atau tergores oleh motor di saat kemacetan.

Bagi yang tak berpengalaman, memilih bengkel body repair bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah ambil keputusan risikonya bisa banyak. Ya soalnya, kalau ke bengkel body repair yang tidak resmi dikhawatirkan tidak memiliki hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan jika memilih fasilitas  di bengkel resmi, dikhawatirkan harga akan melambung tinggi.

Kalau Anda berencana melakukan body repair untuk kendaraan Anda atau sekadar mengecat bodi, pilihan bengkel sebenarnya cukup banyak. Mulai dari yang di pinggir jalan seperti spesialis cat duco, hingga bengkel resmi dari masing-masing merek. Bila bicara mengenai keunggulan, jelas masing-masing punya nilai plus. Sebagai contoh, dibandingkan dari sisi harga bengkel pinggir jalan menawarkan lebih murah ketimbang yang resmi. Waktu pengerjaan juga relatif lebih fleksibel dan cepat.

Namun, bicara kualitas, tentu bengkel resmi lebih terjamin pengerjaannya ketimbang pinggir jalan. Sebab, dari penggunaan cat, mesin semprot, hingga tenaga ahli punya tingkatan skill yang berbeda-beda. Bahkan, Secara kualitas cat, hingga proses pengerjaan juga berbeda, lebih modern dan terjamin.

Nah, bicara soal bengkel body repair yang kualitasnya sudah tentu bisa Anda andalkan kali ini Futuready akan memberikan informasi mengenai salah satu bengkel yang berada di jalan Panjang Cidodol No. 55, Kebayoran Lama, Jakarta 12220. Metro 55 namanya!

Metro 55

Proses Servis di Metro 55

Sudah tentu, saat memilih bengkel body repair, kita tidak bisa asal pilih. Sebab, ini akan berdampak langsung pada hasil pengerjaan cat atau bodi mobil yang kurang rapi. Tidak jarang, hasil garapannya belang antara cat bawaan mobil dengan panel yang baru dicat ulang.

Nah, bagaimana cara Anda memastikan kinerja suatu bengkel itu bagus? Pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana proses servis atau SOP yang diterapkan di bengkel tersebut. Bisa diperkirakan bahwa bengkel terbesar dan terbaik akan membuat pelanggan yakin kendaraan mereka mendapatkan perawatan dan perbaikan yang maksimal. Hal yang sama pun dilakukan oleh Metro 55. Kegiatan operasional yang terjadi di bengkel ini datang dari beragam jenis pelanggan.

“Pelanggan yang datang memang beragam, tapi pelanggan pribadi bisa dibilang tidak banyak. Katakanlah dari 400 unit mungkin yang pribadi hanya sekitar 30 unit.” Ujar Mimi, Marketing Metro 55.

Sebagai bengkel, selain kepuasan dari setiap pelanggan dan hasil kerja yang baik, TPJ pun menerapkan langkah-langkah yang harus diikuti oleh setiap pelanggan baik itu melalui asuransi maupun pribadi agar proses perbaikan kendaraan dapat berjalan lancar sesuai dengan prosedurnya.

Papar Mimi, pelayanan yang diberikan dan hasil kerja akan sama. Metro 55 tidak akan membedakan, karena bagi mereka semua dalah prioritas sebagai pelanggan. Apa pun asuransinya, siapa pun dia, Metro 55 tidak akan membedakan. Masalah prioritas pun sama.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah Untuk Anda

Kendaraan Melalui Pelanggan Pribadi di Metro 55

Sebagai contoh, proses untuk pelanggan pribadi, pertama setelah mobil masuk ke bengkel, Service Advisor (SA) memeriksa kendaraan, membuat estimasi dan biaya sparepart yang perlu diganti dan waktu pengerjaan. Jika pelanggan setuju dan tanda tangan, kemudian dibuatkan WO (Work Order) untuk diproses. Proses pengerjaan dilakukan sesuai WO hingga semua selesai. “Masalah waktu pun kami punya standar sendiri katakanlah dari satu panel akan dikerjakan satu hingga dua hari.” Ujar Mimi.

Tahap terakhir, setelah mobil selesai dilakukan pengecekan ulang oleh QC (Quality Control). Sebelum diserahkan, pelanggan menyelesaikan administrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan get pass. Mobil kemudian diserahkan oleh SA kepada pelanggan kemudian get pass tadi diserahkan kepada satpam atau Metro 55 akan mengantarkan langsung kendaraan ke rumah Anda, sebab untuk servis body repair, Metro 55 menyediakan pickup service, mereka menyediakan 10 orang supir yang siap sedia untuk antar-jemput kendaraan Anda. 

Kendaraan Melalui Asuransi

Untuk proses pelanggan asuransi, setiap pelanggan terlebih dahulu mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk mendapatkan persetujuan untuk setiap perbaikan dan bengkel mengerjakan perbaikan sesuai SPK dari asuransi.

Prosesnya Anda datang ke bengkel dengan membawa polis dan STNK yang masih berlaku dan membawa surat laporan riwayat kejadian. Pelanggan lapor ke pihak asuransi untuk disurvei oleh surveyor. Sementara itu, bengkel akan membuat estimasi dan bila disetujui asuransi mengirim SPK. Proses pengerjaan dimulai sesuai dengan SPK dari asuransi mobil dikerjakan oleh bengkel sesuai prosedur pengerjaan dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Setelah kendaraan selesai, pelanggan menyatakan pembayaran OR (Own Risk) dan mengisi formulir puas atas hasil kerja. Lalu, mobil diserahkan kepada pelanggan kemudian get pass tadi diserahkan kepada satpam atau Metro 55 akan mengantarkan langsung kendaraan ke rumah Anda, sebab untuk servis body repair, Metro 55 menyediakan pickup service, mereka menyediakan 10 orang supir yang siap sedia untuk antar-jemput kendaraan Anda. 

Baca juga: Menghitung Asuransi Mobil dari Rate Premi

Servis Terbaik untuk Pelanggan

Bagi semua bengkel, servis terbaik bagi pelanggan tentu menjadi hal utama. Metro 55 pun, kehadiran mereka bersaing dengan bengkel-bengkel lainnya.Menurut penjelasan Mimi, di Jakarta bengkel itu bisa dibilang banyak sekali. rekanan asuransi pun banyak sekali. Setiap bengkel pun pastinya berusaha memberikan pelayanan terbaik ke pelanggannya, sehingga mereka merasa puas dan tidak ragu untuk kembali ke bengkel Metro 55.

“Bagi kami di Metro 55, motto kerja di lapangan harus membaca SPK. kalau tim sudah membaca SPK, jadi semua pekerjaan akan jelas, Apa yang harus dikerjakan, apa yang tidak perlu dikerjakan. Pasti otomatis memberikan pelayanan terbaik.” Kata Mimi.

Bagi Metro 55, dari segi hasil juga tidak perlu diragukan, pertama dari tempat pengerjaan yang dalam area seteril dari debu dan kotoran lain, tidak di pinggir jalan atau disatukan dengan pengerjaan bengkel lainnya. Bahkan selain dari tenaga ahli, peralatan yang digunakan juga modern. Bengkel Metro 55 sendiri memiliki luas 6.000 meter dengan kapasitan bisa mencapai 500 unit per bulannya. Bahkan pernah hingga mencapai angka 550 unit dalam satu bulan.

Tak hanya itu, tenaga spesialis yang ada di Metro 55 sekitar 120 karyawan. Ada yang harian, bulanan, borongan. las ketok atau dempul, dengan menggunakan tenaga spesialis sampai bongkar pasang dari borongan.

“Metro 55 pun punya toko-toko suplier sendiri. Kondisinya asuransi juga beragam. ada yang suplai ada yang bengkel bisa beli. Kalau suplai kami punya rekanan beberapa suplayer tersendiri. Kalau asuransi yang suplai otomatis mereka yang akan kirimkan barangnya sendiri ke kami.” Jelas Mimi.

Tidak kalah penting soal jaminan, menurut Mimi semua bentuk perbaikan bodi dan cat yang mendapatkan garansi selama enam bulan. Jadi, kalau ada hasil di kemudian hari pelanggan merasa tiba-tiba hasil catnya kurang rapi, Anda bisa kembali ke bengkel.

Metro 55

Sistem Pembayaran

Saat ingin memperbaiki kendaraan, kebanyakan pemilik mobil termasuk Anda pasti berpikir bahwa biaya yang diperlukan pasti sangat tinggi bila dilakukan di bengkel. Padahal, realitasnya mahal atau tidaknya suatu harga perbaikan kendaraan itu relatif. Tentu saja kembali lagi tergantung dari hasil pengerjaan, jaminan pengerjaan, serta hal lain yang didapat oleh konsumen.

Biaya yang biasanya dikenakan oleh Metro 55 untuk pelanggan pribadi sendiri tergantung dari merek mobil dan cat yang digunakan. BIla menggunakan cat standar saja harganya berkisar antara Rp600.000, sedangkan bila menggunakan cat berbeda dan khusus seperti cyralic, bunglon, atau candy bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta. Sedangkan untuk pelanggan asuransi, pelanggan memang tidak akan membayar lagi biaya di luar biaya own risk sekitar Rp300.000 per kejadian, karena semua biaya yang dikenakan sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Namun, secara bisnisnya pihak asuransi yang akan membayarkan ke bengkel sesuai periode pembayaran yang berlaku.

Kalau memang lukanya sudah banyak semisal di bagian depan, belakang, kanan, dan kiri, kemungkinan OR-nya bisa lebih. Pembayarannya dibayarkan begitu mobil selesai. Jadi sebelum pengantaran mobil yang selesai, biasanya tim Metro 55 akan menguhubungi nasabah memberitahukan bahwa kendaraannya kena OR sebesar jumlah tertentu ya dan mohon disiapkan uangnya.

Pembayaran di Metro 55 kalau Anda merupakan pelanggan dari jalur pribadi bisa melakukan pembayaran secara tunai atau menggunakan m-bangking dan tidak bisa menggunakan kartu kredit. Bila memang angkanya cukup signifikan misalkan saja di atas Rp10 juta, Metro 55 akan meminta uang muka terlebih dahulu. Uang muka itu digunakan untuk membeli sparepart unit kendaraan Anda. Setelah selesai baru pelunasan pembayaran dilakukan.

Futuready bekerja sama dengan banyak penyedia jasa asuransi untuk memberikan Anda kesempatan untuk memilih asuransi yang sesuai kebutuhan dan rencana keuangan.

Baca juga: Perbandingan Asuransi All Risk dan TLO

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Sampai saat ini, Futuready bekerja sama dengan 13 perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaiknya seperti PT Asuransi Adira Dinamika (Syariah), PT Asuransi Simas Net, PT Avrist General Insurance, PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Indonesia, PT Asuransi Himalaya Pelindung, PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk, PT Asuransi AXA Indonesia, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia, PT Lippo General Insurance Tbk, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Asuransi Central Asia, PT Asuransi Wahana Tata, PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur.

Satu tambahan informasi penting untuk Anda, baca secara cermat klausul dalam polis asuransi. Pastikan pihak asuransi bekerja sama dengan Futuready dan merujuk ke bengkel resmi yang telah bekerja sama dengan Futuready Auto Partner jika nantinya mobil Anda bermasalah.

Dengan memilih bengkel resmi yang bekerja sama dengan Futuready Auto Partner, proses klaim asuransi mobil Anda akan dibantu oleh tim Futuready dan tentunya Anda akan mendapatkan pelayanan prioritas sebagai nasabah Futuready.

Futuready juga akan membantu seluruh prosesnya mulai dari kelengkapan pengajuan dokumen-dokumen hingga SPK dari perusahaan asuransi agar Anda mendapatkan pelayanan dengan fasilitas bengkel dan perbaikan bodi mobil yang berkualitas.

Metro 55

Telepon: 081315901155

Alamat: Jl. Panjang Cidodol No. 55, Kebayoran Lama, Jakarta 12220

Email: [email protected]

Comments are closed.