Kelola Data Ketenagakerjaan Via SIPP Online BPJS

Featured

Berbagai aplikasi online kian berkembang, salah satunya bagi BPJS Ketenagakerjaan yang menyediakan layanan SIPP Online sebagai sarana mempermudah penggunanya.

Reformasi birokrasi saat ini telah dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan layanan bernama SIPP Online. BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah sistem perlindungan sosial yang dikhususkan bagi pekerja  atau orang-orang yang telah bekerja.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang dapat dimiliki oleh siapapun. Jaminan sosial yang diperuntukan bagi setiap karyawan dapat dimiliki oleh mereka yang bekerja baik di sektor swasta, buruh hingga pekerja profesional. Layanan ini sendiri merupakan pengganti dari sistem Jamsostek atau yang biasa dikenal dengan Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang berubah nama menjadi BPJS pada tahun 2011.

Sebagai sistem perlindungan terpadu, BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa layanan utama, yakni perlindungan karyawan atas resiko kesehatan, jaminan hari tua atau JHT dan selain itu fasilitas lain yang bisa Anda pilih diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja atau yang biasa disebut dengan JKK, dan Jaminan Kematian atau JKM yang mana fungsi dari kedua jenis jaminan tersebut adalah memberikan santunan kepada ahli waris yang telah diregistrasikan apabila tertanggung mengalami musibah.

Baca Juga: BPJSTKU: Langkah Mudah Pantau BPJS Ketenagakerjaan!

Konsep yang mirip seperti asuransi namun langsung dipotong dari gaji bulanan membuat pekerja merasa lebih nyaman saat bekerja tanpa was-was terkena musibah dan tak mampu menafkahi keluarga. Hal tersebut membuat BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak peminat.

Untuk memberikan layanan secara maksimal, oleh karenanya BPJS memberikan layanan yang terbaru menggunakan sistem layanan tersebut, berikut ulasan selengkapnya.

Tentang SIPP Online 

Mengenal Lebih Jauh SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online adalah kependekan dari Sistem Informasi Peserta Online dan merupakan sistem yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. SIPP sendiri berfungsi sebagai platform untuk mengolah data tenaga kerja yang diikutsertakan dalam BPJS baik mendaftarkan, mengecek pembayaran premi, maupun transaksi lainnya dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja karena sistem mendaftarnya online.

Cara Mendaftarkan Keanggotaan

Karena sistemnya yang sudah online, hal tersebut membuat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi ini:

  • Klik tombol Daftar Login untuk memasuki form
  • Isi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna.
  • Masukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi. Jika NPP terdaftar, maka otomatis Nama Perusahaan akan terisi. Setelah selesai, klik Next.
  • Berikutnya aplikasi akan menampilkan field Data User Login, lalu isi Email, Password, dan Ulangi Password, lalu klik Next.
  • Data User KPJ akan muncul, berikutnya isi Data User KPJ yang berisi field tentang Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Handphone.
  • Kemudian klik Daftar.
  • Setelah klik tombol Daftar, aplikasi akan menampilkan verifiksi nomor handphone dan akan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone yang sudah dicantumkan.
  • Anda akan menerima email berisi link untuk aktivasi akun pada aplikasi SIPP.
  • Klik link yang ada pada email tersebut.
  • Kemudian Anda akan diarahkan ke aplikasi untuk melakukan log in sesuai dengan email dan password yang sudah didaftarkan.

Baca Juga: Selagi Masih Muda Ini Strategi Jitu Demi Masa Depan Sukses

Tak lama setelah seluruh data yang diminta telah dipenuhi, maka account BPJS Anda pun sudah bisa mulai dipergunakan saat itu juga. Hal yang perlu diperhatikan adalah satu account hanya dapat digunakan untuk mengelola lebih dari satu perusahaan milik Anda namun dengan syarat memiliki NPP yang berbeda.

Cara Mengoperasikan

Cara Mengoperasikan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

 

Jika telah melakukan pendaftaran sebagai user atau pengguna, berikut ini adalah cara untuk mengoperasikannya yang perlu Anda ketahui:

  • Masukkan email dan password
  • Jika perusahaan yang Anda daftarkan dalam aplikasi ini lebih dari satu perusahaan, pilih lah salah satu perusahaan yang datanya hendak dikelola
  • Selanjutnya, pilih data tenaga kerja yang ingin diedit.
  • Untuk menambahkan data karyawan baru, pilih lah menu tambah karyawan baru dan masukkan data karyawan satu persatu
  • Perlu diperhatikan, jika karyawan masih memiliki BPJS Ketenagakerjaan, Anda cukup menginput nomor yang mereka miliki. Jika belum, maka harus mendaftarkannya terlebih dahulu.
  • Sistem aplikasi ini selanjutnya akan melakukan penyimpanan data dan memproses approval

Website ini memiliki data berupa data perusahaan, karyawan dan penghitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan yang lebih cepat dan akurat. Jadi jika Anda bekerja sebagai seorang HRD atau pihak yang mewakili perusahaan untuk mengelola data tersebut maka aplikasi ini adalah solusi utama untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Kelebihan Aplikasi

Berikut beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini yang bisa memudahkan pekerjaan para HRD untuk mengolah data kepesertaan karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan:

  • Tambah Tenaga Kerja untuk memasukan data karyawan baru lebih cepat.
  • Upload Tenaga Kerja Non Aktif untuk mutasi karyawan.
  • Hitung Iuran untuk menghitung iuran setiap karyawan secara sekaligus sesuai dengan data yang telah diunggah.
  • Finalisasi untuk memeriksa dan mengoreksi kembali hasil penghitungan iuran dan sebagai langkah berikutnya untuk memilih channel apa yang diinginkan perusahaan untuk metode pembayaran.
  • Monitoring Iuran untuk menampilkan data iuran perusahaan dan data jumlah total iuran beserta status pembayarannya secara lengkap yang bisa digunakan sebagai pelengkap dalam laporan nanti.
  • Laporan untuk mempermudah HRD dalam membuat laporan bulanan iuran BPJS karyawan, dan bisa langsung mendownload laporan langsung dari aplikasi.

Jaminan Keamanan Data Karyawan

SIPP Online Ketenagakerjaan Menjamin Keamanan Data Karyawan

Selain memiliki sistem online dan mudah diakses, berikut kelebihan lain dari layanan aplikasi ini adalah komponen sistem keamanannya yang bagus, sehingga pihak perusahaan tidak perlu khawatir mengenai informasi karyawan yang bocor atau isu keamanan data lainnya, berikut komponen yang ada di dalamnya:

Baca Juga: Ini Perbedaan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui

One Time Pin

Untuk mengaktivasi akun aplikasi ini, pengguna diwajibkan memasukan PIN, dan PIN tersebut akan dikirim melalui SMS ke handphone dan email pribadi setiap kali pengguna mencoba masuk ke akun SIPPnya

Email Konfirmasi

Setiap calon pengguna akan mendapatkan email berisi link aktivasi melalui email pribadi yang bisa diaktifkan dengan memasukan PIN yang sudah dikirim melalui SMS tersebut.

Automatic Logout

Akun akan melakukan aktivitas log out secara otomatis jika website tidak mendeteksi aktivtas apapun pada akun selama 5 menit.

User ID dan Password

User ID dan password harus dimiliki pengguna jika ingin log in ke website.

Firewall

Firewall untuk memastikan bahwa hanya pemilik akun lah yang bisa masuk dan log in ke platform dan website.

SL 128-bi Encryption

Setiap data yang ada di aplikasi ini Ketenagakerjaan akan dikirim melalui protokol secure socket layer (SSL) yang akan mengubah data menjadi kode rahasi menggunakan 128-bit ecryption ketika website akan mengirimkan data.

Sistem ini adalah sistem pengamanan data yang cukup canggih dan telah banyak digunakan oleh banyak negara untuk melindungi beberapa dokumen penting dan rahasia lainnya. Dengan aplikasi ini, HRD tidak hanya lebih cepat dan tepat dalam melakukan penghitungan sampai membuat laporan tapi juga data karyawan akan lebih aman. Jadi tak perlu khawatir lagi mengenai data-data penting Anda ya!

Comments are closed.