Anjuran Pemerintah untuk Work From Home di Tengah Wabah COVID-19

FeaturedLifestyle & Leisure

Pemerintah menerapkan aturan work from home (WFH). Apa itu WFH? Bagaimana cara yang harus dilakukan agar kerja di rumah bisa berjalan efektif?

Meningkatnya secara drastis pasien yang terinfeksi virus corona, semakin memberikan dampak besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dilansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan, covid19.kemkes.go.id, Achmad Yurianto, juru bicara untuk penanganan COVID-19 di Indonesia menyebutkan bahwa hingga saat ini sudah ada 309 kasus yang positif terjangkit virus corona. Selain itu, terdapat 25 kasus yang meninggal dan 15 kasus dinyatakan sembuh. Penambahan 82 kasus ini memang naik cukup signifikan dari hari sebelumnya.

Achmad Yurianto juga mengatakan bahwa akan terjadi penambahan pasien yang cukup signifikan nantinya. Hal ini bisa terjadi karena pemerintah terus melacak orang yang berinteraksi dengan pasien COVID-19 hingga menemukan jejak putus rantai penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Asuransi Penyakit Kritis?

Selain melakukan contact tracing, ada beberapa upaya pemerintah yang harus diterapkan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah menganjurkan untuk melakukan kerja di rumah atau yang sering disebut work from home (WFH). Langkah ini diambil untuk mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga pemerintah bisa menangani COVID-19 lebih maksimal.

Anjuran untuk melakukan kerja di rumah ini secara langsung disampaikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. “Dengan kondisi saat ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong-menolong dan bersatu padu, gotong royong,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Bagi Anda para pekerja, tentu istilah WFH ini atau bekerja di rumah sudah cukup familiar. Tapi, bila ingin mengetahui lebih lanjut, apa sih sebenarnya arti dari WFH? Yuk, cari tahu lebih jauh!

Pengertian Work From Home (WFH)

pengertian work from home

Melansir dari kompas.com, work from home adalah konsep di mana karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Bekerja dari rumah memberikan jam kerja yang fleksibel bagi karyawan dan pekerja sehingga bisa selesai dengan mudah.

Bekerja dari rumah juga sangat membantu untuk memberikan keseimbangan antara dunia kerja dengan kehidupan pribadi kepada karyawan. Selain itu juga membantu perusahaan menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan efektif.

Hingga saat ini, di Jakarta sudah ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem kerja di rumah. Namun, masih banyak juga yang belum menerapkan sistem WFH dikarenakan berbagai alasan.

Bagi perusahaan yang sudah menerapkan sistem WFH ini, menjadi satu langkah positif untuk pencegahan tertularnya virus corona dan sebagai wujud mematuhi anjuran yang diterapkan oleh pemerintah. Nah, agar selama WFH berlangsung pekerjaan Anda tetap berjalan dengan baik dan efektif, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

Pekerjaan Tetap Efektif Meksipun Work From Home

Lakukan Jam Kerja Secara Teratur

Meskipun kerja di rumah, tetapi Anda harus tetap mengatur jam kerja secara efisien. Misalnya, Anda mulai kerja pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Lakukanlah seperti Anda kerja di kantor pada biasanya. Sebab, jika Anda tidak menjaga pola jam kerja, maka Anda yang akan rugi sendiri. Pekerjaan banyak terbengkalai dan membuat Anda kewalahan nantinya. Menetapkan jam kerja secara teratur membuat Anda lebih bertanggung jawab kepada diri sendiri dan atasan. Ini membuat Anda lebih mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Berpakaian Seperti Sedang Bekerja

Berpakaian laiknya seperti sedang di kantor bisa menimbulkan semangat dalam bekerja. Meskipun pada kenyataannya Anda sedang bekerja di rumah.  Dengan melakukan hal ini, otak Anda akan terpaku pada kewajiban bekerja sehingga pekerjaan akan terselesaikan dengan sempurna.

Buat Suasana Kantor di Rumah

cara work from home yang efektif

Work from home mungkin membuat Anda tergoda untuk bekerja dari sofa atau bahkan tempat tidur, tetapi hal ini bisa sangat merugikan produktivitas Anda. Cobalah untuk selalu bekerja dari ruangan, meja, atau kursi yang konsisten, untuk memberi tahu otak Anda bahwa sudah waktunya untuk bekerja, bukan relaksasi.

Tetap Menjalin Komunikasi Jarak Jauh

Komunikasi yang tetap terjalin dengan aman menjadi salah satu kunci pekerjaan bisa berjalan dengan efektif. Namun, salah satu kendala ketika kerja di rumah adalah sulitnya untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Video call menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga: Simak Langkah Memulai Pola Hidup Sehat Sejak Dini!

Istirahat Sejenak

Merencanakan untuk istirahat juga perlu dilakukan saat work from home. Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat, mengonsumsi camilan sehat, dan berhubungan dengan orang lain di rumah jika memungkinkan. Semua kegiatan ini memungkinkan Anda untuk me-refresh, membuat aliran darah lancar, dan memastikan Anda siap menangani tugas-tugas berikutnya.

Kebijakan Work From Home

Pemerintah sudah menganjurkan untuk seluruh karyawan di Indonesia mulai menerapkan kerja di rumah hinnga wabah virus corona ini berakhir. Pada kenyataannya masih banyak yang menyalahi aturan bahwa work from home ini sebagai ajang untuk berlibur atau bersantai di rumah. Tentu pemikiran ini salah besar. Padahal sistem ini hanya mengubah lokasi Anda kerja yang semula di kantor menjadi di rumah. Namun, untuk pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukan tetap sama.

Bagi Anda yang sudah menjalankan sistem kerja di rumah, langkah tersebut setidaknya mampu membantu pemerintah untuk menangani kasus COVID-19 ini lebih optimal. Oleh karena itu, selain WFH Anda juga tetap harus menjaga kesehatan, mengatur pola hidup sehat, dan selalu mencuci tangan agar terhindar dari virus corona. Yuk, bantu pemerintah melawan virus corona di Indonesia!

Comments are closed.