Halo Ibu Prita,

Saya seorang karyawan BUMN berusia 30 tahun dan baru menikah. Saya sebelumnya sudah mempunyai investasi emas batangan 10 gram sebanyak 4 batang. Yang ingin saya tanyakan adalah manakah yang lebih menguntungkan bila kita mempunyai 1 batang dengan nilai 50 gram atau 5 batang emas dengan nilai 10 gram?

Salam,

Ferda Setyawan

Ê

Jawaban:

Dear Bapak Ferda Setyawan,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Salah satu instrumen investasi yang bisa digunakan dalam perencanaan keuangan pribadi adalah investasi emas. Investasi emas yang notabene sudah lama dikenal oleh masyarakat kita merupakan instrumen investasi yang memiliki wujud fisik. Sementara untuk peruntukan investasi, emas yang digunakan adalah emas murni dengan standar 99,99% dan kadar 24 karat.

Merujuk pada logammulia.com, emas batangan yang dijual memiliki ukuran berat yang cukup variatif, mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Semakin besar ukuran beratnya, semakin kecil harga per satuan gramnya dan begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh, per 22 Juni 2015, harga emas dengan ukuran 1 gram adalah Rp559 ribu, sedangkan harga emas dengan ukuran 500 gram adalah Rp259,8 juta atau Rp519,6 ribu per gram. Hal ini disebabkan oleh semakin besar ukuran emas, semakin ekonomis biaya produksinya.

Mengenai pertanyaan Anda perihal pemilihan emas 1 batang dengan berat 50 gram atau 5 batang dengan berat masing-masing 10 gram, jawabannya akan sangat tergantung pada untuk apa nantinya emas tersebut akan digunakan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, emas 1 batang dengan berat 50 gram memiliki harga per gram yang lebih ekonomis dibandingkan emas 5 batang dengan berat masing-masing 10 gram.

Dari logammulia.com, per 22 Juni 2015 harga per gram untuk emas 50 gram adalah Rp521 ribu, sedangkan harga per gram untuk emas 10 gram adalah Rp525 ribu. Apabila dijumlah, dana yang dibutuhkan untuk membeli 1 batang emas 50 gram adalah Rp26,05 juta, sedangkan untuk 5 batang emas 10 gram adalah Rp26,25 juta atau lebih tinggi Rp200 ribu.

Namun demikian, jika Anda nantinya akan menggunakan emas tersebut untuk kebutuhan keuangan yang dananya tidak mencapai nilai setara emas 50 gram, Anda tidak mungkin memotong atau menggergaji emas 50 gram tersebut, bukan? Oleh sebab itu, pilihan mana yang sesuai untuk investasi emas Anda, tentunya akan kembali lagi pada tujuan keuangan yang dimiliki. Live a beautiful life!

Ê

Salam hangat,

Prita Ghozie,ÊAhli keuangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *