Ada Banyak Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Health

Menangis merupakan luapan emosi atau perasaan kurang baik yang dialami seseorang. Bukan hanya itu, ternyata ada banyak manfaat menangis untuk kesehatan Anda. Penasaran?

Saat Anda menangis, itu adalah luapan dari perasaan yang efeknya sangat besar pada tubuh, terutama hati. Menangis identik dengan kesedihan atau perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh seseorang. Mungkin menangis juga lebih ke hal yang negatif. Walau sebagian besar orang akan sangat sulit untuk menemukan sisi positif dari menangis, tapi nyatanya menangis itu bagus loh. Tahukah Anda, negara Jepang mempunyai “The Crying Clubs” dimana film dan serial TV yang akan membuat Anda menangis selalu siap untuk diputar. Di luar dugaan, antusiasme masyarakat untuk mengunjungi “The Crying Clubs” ini sangat tinggi loh. Rata-rata mereka mengaku bisa benar-benar melepaskan stress pekerjaan di sini. Sebegitu pentingnya manfaat menangis untuk kesehatan?

Pelepas Stres

Sebagai bukti kalau menangis itu bagus, Dr. William Frey dari Universitas Minnesota mengungkapkan kalau menangis bisa membebaskan Anda dari tekanan emosional yang menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Hal ini terjadi karena beberapa hormon penyebab stress ikut keluar bersama air mata dan saat menangis Anda akan banyak menghirup nafas dalam-dalam dan ini akan membantu Anda meredakan stres.

Mood Membaik

Menurut The Journal of Social and Clinical Psychology, manfaat menangis untuk kesehatan akan sangat membantu memperbaiki mood Anda yang sedang jelek dan tak menentu. Tidak peduli itu tangis bahagia ataupun tangis karena berduka bisa membantumu menaikkan mood jadi gembira lagi.

Membebaskan Perasaan

Banyak yang bilang kalau perasaan negatif yang terakumulasi akan menjadi penyebab dari penyakit mental seperti depresi. Menangis bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan perasaan dan emosi Anda sehingga membuat merasa lebih baik lagi.

Memproduksi Hormon Endorpin

Hormon endorpin berperan untuk mengurangi rasa sakit. Saat Anda kesakitan ataupun mengalami luka sampai ingin menangis, jangan ragu-ragu untuk mengeluarkannya. Hal ini dikarenakan manfaat menangis untuk kesehatan, yaitu Anda akan merasa jauh lebih baik dengan cara ini.

Mengeluarkan Racun

Air mata yang keluar karena luapan perasaan seperti kesedihan akan mengandung banyak zat racun. Inilah mengapa saat habis menangis Anda akan merasa jauh lebih baik. Menangis juga akan membantu merendahkan tekanan darah tinggi Anda dan menekan detak jantung yang berlebihan.

Walaupun menangis itu bagus, Anda tidak perlu sengaja untuk menangis. Menangislah saat dimana Anda tak bisa lagi menahan beban emosional. Di saat itu, manfaatkan dan nikmati momen pribadi Anda dan menangislah sepuasnya.

Baca Juga: 5 Langkah Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Muda

Leave a Reply