3 Peralatan Kesehatan untuk Mengetahui Efektivitas Olahraga Anda

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi cara alami menguruskan badan. Anda bisa memonitor efektivitas olahraga dengan beberapa jenis alat olahraga.

Health

Olahraga mempunyai banyak manfaat. Mulai dari bisa menjadi cara alami menguruskan badan, menjaga kebugaran badan, serta bisa mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kritis. Menurut dr. Dewi Ema Anindia, olahraga bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 35%, diabetes sebanyak 50%, dan kanker kolon (usus) sebanyak 50% (klikdokter.com, 9 April 2015).

AgarÊ bisa mengetahui seberapa besar manfaat olahraga, Anda bisa mengukur efektivitas olahraga yang Anda lakukan. Porsi olahraga harus cukup untuk membakar kalori dan lemak tubuh. Agar tidak bingung dengan porsi olahraga yang dilakukan dan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh, ada beberapa alat yang bisa memonitor efektivitas olahraga yang Anda lakukan:

Pedometer

Pedometer berfungsi menghitung jumlah langkah dan jarak tempuh ketika Anda berlari atau berjalan. Pedometer biasanya juga dilengkapi dengan penghitung kalori dan lemak yang dibakar. Ketika Anda berjalan atau berlari, di layar pedometer akan tertera jumlah langkah, jarak tempuh, kalori yang dibakar, dan lemak yang dibakar. Alat ini cukup mudah didapat, baik di apotek maupun di toko olahraga.

Jam pengukur denyut jantung

Saat ini tersedia jam untuk memantau denyut jantung. Jam ini juga bisa menampilkan informasi seputar kegiatan olahraga yang Anda gunakan seperti kecepatan lari, jarak, dan efektivitas latihan berdasar data diri Anda seperti berat badan dan tinggi badan. Jam model ini sudah cukup banyak tersedia di pasaran. Sebelum membeli, carilah informasi mengenai jenis dan merek jam ini. Pilih jam yang memiliki daya tahan baterainya panjang dan tahan air, sehingga Anda tetap bisa menggunakannya di saat hujan (livescience.com, 15 Januari 2015).

Telepon seluler

Telepon seluler (ponsel) memang identik sebagai alat komunikasi. Tapi saat ini, ponsel pintar juga sudah memiliki fitur tambahan tertentu seputar pengukuran yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi alat untuk memantau efektivitas olahraga Anda. Bahkan, ada beberapa ponsel yang saat ini sudah punya aplikasi yang menyatu dengan alat olahraga tertentu, misalnya sepatu lari. Dengan aplikasi tersebut, kegiatan olahraga yang Anda lakukan dengan sepatu tersebut bisa memberikan data lengkap seperti jarak tempuh, kecepatan, dan juga kalori yang dibakar. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan cara alami menguruskan badan, melalui aplikasi tersebut Anda bisa mengetahui sudah seberapa banyak kalori yang Anda bakar sehingga bisa mengukur efektivitas olahraga tersebut untuk menguruskan badan.

Sebarkan artikel ini pada relasi Anda melalui fitur jejaring sosial. Jangan lupa bagikan juga pengalaman Anda melalui kolom di bawah ini.

Leave a Reply