4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Pasti Anda sudah mengetahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Pasalnya, penyakit ini bisa datang pada siapa saja dan kapan saja. Hal itu yang disebut serangan jantung. Jangan anggap remeh jika ada orang di sekeliling Anda mengalami hal ini. Butuh penanganan dan tindakan dari dokter secepat mungkin. Jika hal ini tidak didapatkan dari orang yang mengalami serangan jantung, kemungkinan besar nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Serangan jantung hampir tidak ada gejala awal yang bisa dideteksi seperti penyakit lainnya. Namun, Anda tidak perlu cemas karena masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit mematikan ini. Menerapkan gaya hidup yang sehat merupakan harga mati yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Meksipun gaya hidup yang sehat ini bermacam-macam, tetapi 5 kebiasaan di bawah ini wajib diterapkan mulai saat ini agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Olahraga

Rupanya olahraga menjadi salah satu cara untuk memberikan dampak positif bagi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan jantung. Tidak ada batasan jenis olahraga yang harus dilakukan karena semua jenis olahraga baik untuk kesehatan jantung, seperti yoga, jogging, naik sepeda, berenang, bahkan berjalan kaki pun sudah termasuk olahraga. Untuk melakukan kebiasaan ini, Anda harus meluangkan waktu 30 menit setiap harinya. Tentunya waktu segitu tidak akan menghambat aktivitas lain apalagi untuk kesehatan.

Perbanyak Minum Air Putih

Sama halnya seperti olahraga, mengonsumsi air putih pun menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, mulai saat ini perbanyaklah minum air putih dan hindarilah minuman berasa dan berwarna, seperti soda, alkohol, dan sejenisnya agar jantung Anda tetap sehat. Namun, agar tidak terjadi kesalahan, ada baiknya Anda tanyakan kepada dokter apakah perlu membatasi jumlah cairan yang diminum untuk para pengidap penyakit jantung.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah dan hal ini pun akan berdampak pada kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan yang dipercaya memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mengonumsi susu rendah lemak atau bebas lemak sebagai penyempurna makanan Anda. Lalu, bagaimana dengan daging-dagingan? Jangan khawatir, Anda masih boleh makan daging dan seafood, asalkan pilihan dagingnya yang tidak berlemak.

Membatasi Asupan Kolesterol

Tingginya kolesterol menjadi salah satu sumber pemicu penyakit jantung. Namun, Anda tidak perlu panik karena setiap orang masih bisa membatasi asupan kolesterol dengan mengindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak, sosis dan daging burger, mentega, krim, hingga kue, biskuit, cokelat, dan permen. Apalagi untuk Anda yang sudah mengindap penyakit jantung, sangat diwajibkan untuk tidak pernah mengonsumsi makanan tersebut.

Mengonsumsi makanan enak boleh asalkan jangan berlebihan. Yuk, jagalah kesehatan jantung Anda mulai dari sekarang.

 

Comments are closed.