4 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

Health

Satu apel sehari, Anda tak akan dekat-dekat dengan dokter. Untuk membuat Anda makin yakin manfaat apel bagi kesehatan dan tubuh Anda, ini dia beberapa manfaat buah apel!

Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh

 

Sebut saja kolesterol, jantung, kanker, asma, diabetes, hingga permasalahan pada tulang—semua bisa ditepis oleh konsumsi apel secara rutin. Mengapa buah satu ini bisa begitu memiliki khasiat luar biasa membantu Anda mengindari berbagai gangguan penyakit tersebut? Yuk, simak lebih jauh penjelasannya!.

Manfaat Apel Melindungi Tulang

Suatu hari Anda para wanita pasti akan mengalami masa menopause. Hal yang harus dihadapi perihal gangguan kesehatannya bukan hanya itu. Salah satu masalah yang juga akan dihadapi wanita kelak adalah osteoporosis, yaitu pengurangan massa tulang. Zat flavonoid—atau yang lebih dikenal phloridzin pada apel—bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-menopause dari masalah osteoporosis. Oh ya, kandungan boron dalam apel juga ikut berpartisipasi untuk memperkuat tulang.

BACA JUGA: Manfaat Olahraga Peregangan Di Pagi Hari

Manfaat Apel Mengontrol Diabetes

Sudah tahu belum salah satu penyebab penyakit diabetes adalah tingginya hormon insulin dalam tubuh? Buah apel yang rutin Anda konsumsi mengandungan pectin  yang akan menyalurkan galacturonic acid untuk menurunkan kadar hormon insulin tersebut. Jadi saat produksi insulin meninggi dan berpotensi memicu diabetes, buah apel ini akan jadi “pasukan andalan” Anda untuk mengontrolnya.

Manfaat Apel Menurunkan Kolesterol

Dalam tubuh terdapat dua jenis kadar kolesterol: Kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Sesuai dengan julukannya, LDL bisa menimbulkan penyakit seperti hipertensi ataupun stroke. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus mengurangi kadar LDL dalam tubuh, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi apel setidaknya dua kali dalam sehari. Kandungan pectin yang ada dalam buah apel bisa mengurangi kolesterol jahat sebesar 16%. Luar biasa, kan?

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

Manfaat Apel  Menurunkan Berat Badan

Sering kan melihat rekan kerja Anda yang sedang diet dan hanya mengonsumsi apel? Yes, apel menuntaskan rasa lapar hanya dengan sedikit kalori, sehingga tidak heran buah ini bisa dijadikan bagian dari menu diet sehat yang membantu penurunan berat badan. Peneliti dari Universitas Florida menilai antioksidan dan pectin dalam apel merupakan zat utama yang menyumbangkan berbagai manfaat kesehatannya.

Tunggu apa lagi? Selepas jam kerja nanti, Anda harus segera menuju supermarket terdekat dan membeli persedian buah apel untuk konsumsi harian Anda. Brutal truth, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

BACA JUGA: 6 Cara Memilih Olahraga yang Tepat Untuk Anda

Leave a Reply