5 Cara Kurangi Kadar Air Tubuh

Health

Kadar air tubuh bisa bertahan melebihi jumlah bila kurang berolahraga dan diet yang salah. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya?

Kadar air tubuh, terkadang mungkin bisa lebih banyak. Kadar air yang tertahan di dalam tubuh itulah yang disebut dengan retensi air. Kurangnya olahraga dan diet yang salah biasanya menjadi penyebab kadar air tubuh bertahan. Meski ada juga penyebab lainnya yang disebabkan karena dalam proses perawatan medis.

Kadar Air Tubuh: Mengapa Kita Perlu Memantaunya?

Selama ini, bisa jadi Anda merasa berat badan sudah berada di angka yang ideal atau memang selalu merasa berlebih. Lalu, pernahkah Anda tiba-tiba merasakan tidak nyaman karena baju menjadi sempit? Nah, bisa juga itu disebabkan oleh kadar air tubuh berlebih. Selain kurang olahraga dan diet yang salah, penyebab kadar air tubuh bertahan ini terjadi juga karena dehidrasi. Rentensi terjadi karena tubuh juga ikut menahan kadar air tubuh.

Worry no more. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kadar air tubuh. Apa saja ya? Yuk, simak!

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Pertama, tahu kah Anda bahwa gatam membuat tubuh Anda dehidrasi hingga ia akan meminta terus air? Kalau Anda mau mengurangi konsumsi garam, bukan hanya Anda akan mengurangi retensi air dalam tubuh tapi juga Anda sudah memilih cara hidup sehat. Oh ya, mengurangi asupan gula juga akan menigkatkan level insulin dalam tubuh yang akan membantu menekan jumlah sodium.

MILIKI ASURANSI KESEHATAN SEKARANG:

Kadar air tubuh

Olahraga Teratur

Transpirasi dan respirasi adalah faktor penting untuk mengurangi retensi air. Bagaimana caranya mendapatkan kedua hal itu? Ya dengan melakukan latihan regular. Saat melakukan latihan, Anda akan mengeluarkan cairan saat Anda benapas. Selama proses transpirasi, air dan sodium keluar dari tubuh lewat keringat. Bila latihan ini rutin Anda lakukan, Anda akan meningkatkan transpirasi dan respirasi yang akan membantu menghentikan penimbunan air.

Para ahli menyarankan, renang adalah cara terbaik untuk mengurangi berat air dalam tubuh. Selain membuat Anda terus menggerakkan tubuh, tekanan air saat Anda berenang dapat menekan kandungan air dalam tubuh keluar dan membuat Anda ingin membuang air kecil. Satu hal yang harus diingat, tetap konsumsi air minum setelah berenang karena air kolam renang yang biasanya mengandung garam dan klorin akan membuat Anda dehidrasi.

Cukup Hidrasi

Meski niatnya Anda ingin mengurangi kandungan air dalam tubuh, Anda harus tetap terhidrasi. Air sangat penting untuk hidrasi organ-organ tubuh untuk menghilangkan racun dan kotoran dalam sistem tubuh. Saat Anda tidak mencukupi kebutuhan tubuh akan air, malah nanti akibatnya jadi buruk dan menambahkan retensi.

Perhatikan Asupan Makanan

Kurangnya nutrisi bisa dihubungkan menjadi salah satu penyebab retensi air. Coba perhatikan kembali asupan makanan Anda. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak potassium, amino acids, dan protein. Penelitian-penelitian yang telah teruji banyak membuktikan bahwa kandungan nutrisi tersebut berhubungan dengan tingkat air tubuh. Nutrisi baik ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kandungan air.

Herbal Alami

Ada beberapa bahan alami yang diketahui mampu membantu menetralkan retensi air. Bahan-bahan seperti akar dandelion bisa Anda gunakan untuk menghentikan retensi air. Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengurangan retensi air adalah dengan menambahkan cranberry atau jus lemon tanpa pemanis ke dalam minuman Anda. Plusnya, Anda bisa menjadikan cara ini sebagai jalan untuk mengurangi berat badan atau diet.

Leave a Reply