5 Jenis Olahraga Luar Ruangan dan Manfaatnya

Health

Olahraga luar ruangan memberikan segudang manfaat dan kesenangan. So, lupakan sejenak olahraga kebugaran di dalam ruangan dan mulailah keseruan olahraga luar ruangan.

Olahraga dalam ruangan belakangan jadi tren. Gym di mana-mana ramai. Tak salah memang. Tapi, olahraga luar ruangan ternyata punya banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat suasana hati jadi baik, sebagaimana disimpulkan dari hasil penelitian di Peninsula College of Medicine and Dentistry, Amerika. Ini disebabkan karena pada olahraga luar ruangan suasana lebih segar dan pemandangannya selalu berubah.

Olahraga jenis apa yang bisa dipilih? Berikut ini adalah 5 jenis olahraga luar ruangan dan manfaatnya bagi Anda:

Renang

Berenang dapat membantu memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otot kaki dan lengan. Selain itu, berenang juga dapat memperkuat organ hati dan dapat membantu mengecilkan perut. Anda bisa memilih pantai atau danau untuk berenang sebagai alternatif selain kolam renang.

Bersepeda

Selain membakar kalori dan membentuk otot-otot kaki, bersepeda juga dapat mengurangi stres. Saat bersepeda carilah jalur yang jauh dari kemacetan. Jangan lupa gunakan helm serta pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi kecelakaan.

BACA JUGA: Ingin Jantung Sehat? Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini

Joging

Jika dilakukan secara rutin, joging dapat membantu Anda hidup lebih lama. Ajak teman-teman atau hewan peliharaan untuk joging bersama agar suasana semakin asyik.

Outdoor Yoga

Yoga tak hanya meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh, tapi juga membantu menurunkan stres, menyembuhkan asma hingga menurunkan berat badan. Kini Anda dapat mencoba outdoor yoga. Sambil olahraga, Anda dapat menikmati udara terbuka yang menyehatkan.

BACA JUGA: Manfaat Olahraga Peregangan Di Pagi Hari

Hiking

Selain dapat membantu Anda mengendalikan berat badan, hiking juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Ajak teman Anda untuk hiking bersama. Dengan menyiapkan bekal yang sehat, Anda bisa sekaligus piknik sambil menikmati pemandangan indah.

Semoga 5 jenis olahraga luar ruangan ini dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk semakin sehat dan bugar setiap hari.

BACA JUGA: 5 Penyakit Terkait Alat Reproduksi Pria

Leave a Reply