Kebugaran Jasmani & 5 Manfaatnya Bagi Tubuh

Health

Ada banyak manfaat kebugaran jasmani bagi tubuh yang bisa Anda rasa, seperti mampu melakukan aktivitas sehari-hari, terhindari dari berbagai macam penyakit, dan perasaan yang selalu tenang dan positif.

Kebugaran jasmani memang suatu hal yang perlu dicapai. Pasalnya, jenis kebugaran yang juga lebih sering disebut kebugaran fisik merupakan suatu keadaan atau kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

kebugaran jasmani

Bukan hanya itu, hal ini juga bisa diartikan sebagai keadaan fisiologis seseorang. Di mana mereka untuk mendapatkan kebugaran tersebut bisa dicapai dari berbagai hal, seperti kombinasi diet yang baik, latihan fisik secara teratur, maupun praktek-praktek lain untuk mendapatkan kesehatan tubuh.

Kebugaran fisik ini bukan hanya mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari saja, tetapi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika tubuh Anda dalam keadaan bugar.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berikut 5 Manfaat Kebugaran Jasmani

Terhindari dari Obesitas

Manfaatnya bagi tubuh yang pertama, yaitu terhindar dari obesitas. Seseorang yang memiliki tubuh bugar, tentu mampu melakukan banyak sekali aktivitas dan aktivitas tersebut akan menghasilkan pembakaran lemak yang menjadi energi sehingga tidak ada lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh. Salah satu penyebab obesitas adalah penumpukan lemak dikarenakan kurangnya beraktivitas. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini tidak terjadi, Anda harus melakukan aktivitas fisik yang dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Semakin Anda intens dalam melakukan aktivitas, semakin banyak juga kalori yang akan bakar.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat dengan Gaya Hidup Sehat

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara untuk menjadikan tubuh sehat dan bugar, yaitu dengan berolahraga secara rutin. Olahraga artinya melakukan pergerakan tubuh yang memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit. Dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, mampu membantu aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh sehingga otot-otot jantung dapat berkontraksi dengan cepat dan dapat melatih kinerja otot jantung menjadi lebih baik.

kebugaran jasmani

Menjaga Suasana Hati

Manfaat lainnya bagi tubuh juga bisa dirasakan untuk menjaga atau meningkatkan suasana hati agar tetap bahagia, tenang, dan selalu berpikir positif. Pasalnya, melakukan aktivitas fisik dapat merangsang berbagai bahan kimia dalam otak yang mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih santai. Selain itu, dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ini juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki penampilan seseorang dan menjadikannya lebih percaya diri.

Mencegah Insomnia

Bagi Anda yang sering sekali susah tidur dan ingin mengatasi insomnia, menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dapat membatu seseorang untuk tertidur lebih cepat dan lebih pulas. Hal ini akan menurunkan risiko terjadinya gangguan susah tidur (insomnia).

kebugaran jasmani

Mengatasi Depresi

Manfaatnya bagi tubuh yang terakhir, yaitu dapat mengatasi depresi. Melakukan aktivitas langsung dapat berpengaruh pada peningkatan suasana hati secara langsung sehingga membantu seseorang untuk melawan stres dan depresi.

 

Comments are closed.