5 Negara Tujuan Wisata Kesehatan di Asia

HealthTravel

Opsi berlibur dan berobat di luar negeri kini kian populer. Beberapa negara di Asia pun menjadi pilihan utama untuk medical tourism atau wisata kesehatan. 

Mungkin Anda kerap mendengar beberapa orang pergi ke Singapura atau Penang untuk berobat bahkan sekadar melakukan medical check up. Dan mungkin Anda pun pernah mendengar istilah medical tourism atau wisata kesehatan. Apa sih yang disebut sebagai wisata kesehatan? Wisata ini dideskripsikan sebagai perjalanan wisata untuk mendapatkan layanan kesehatan. Beberapa negara di Asia memang mengembangkan bisnis wisata medis dengan menawarkan paket yang menarik dan harga yang terjangkau.

Negara-negara  ini menawarkan pengobatan yang murah dan lebih terjamin dibandingkan pengobatan di negara asal pasien. Namun selain pengobatan atau medical check up, tentu saja Anda bisa melakukan wisata untuk refreshing. Penasaran negara mana saja di Asia yang memberikan wisata kesehatan terbaik?

Malaysia

Jarak Indonesia dan Malaysia tidaklah jauh. Negara tetangga ini kerap dikunjungi banyak orang setiap tahunnya untuk keperluan medis, terutama untuk medical check up. Daya tarik wisata kesehatan Malaysia ini pun membawanya memenangkan Medical Travel Destination of The Year 2015 di International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2015. Tak mengherankan lagi bukan jika Malaysia terutama Kuala Lumpur dan Penang jadi negara tujuan utama untuk berlibur sekaligus menjaga kesehatan.

Ketika berada di Penang dan sedang melakukan medical check up di Rumah sakit Gleneagles yang berlokasi di pusat kota Penang, Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Sri Mahamariamman Temple yang merupakan kuil hindu tertua di Penang atau Anda bisa menghabiskan waktu berbelanja di Plaza Gurney.

Singapura

Anda tentu mengenal Singapura sebagai tempat berbelanja yang menyenangkan. Singapura rupanya juga terkenal memiliki fasilitas kesehatan dengan kualitas tinggi. Pemerintah Singapura kini sedang gencar mempromosikan negara ini sebagai tempat pengobatan untuk bedah umum dan penanganan penyakit seperti transplantasi organ, kardiologi, onkologi, dan sebagainya. Bahkan 2013, Medical Travel Quality menobatkan salah satu rumah sakit di Singapura yakni Gleneagles Hospital sebagai satu dari 10 rumah sakit terbaik di dunia dalam kategori wisata kesehatan.

BACA JUGA: 5 Risiko yang Ditanggung Asuransi Jiwa

Thailand

Ibu kota Thailand, Bangkok, memiliki salah satu rumah sakit terbaik di dunia yakni Bumrungrad International Hospital. Rumah sakit ini disebut serupa dengan hotel bintang 5. Desain interiornya bernuansa modern tanpa ada aroma obat yang menyengat. Perawatan pun adalah yang terbaik. Para dokter dilatih dengan prosedur internasional atau perawatan yang menggunakan peralatan sangat khusus. Terutama pusat-pusat medis dengan spesialisasi sebagai berikut, kardiologi (jantung), onkologi (kanker), neurologi (sistem saraf) / neonatal (bayi), GI (penyakit pencernaan), ortopedi (tulang, otot, ligamen), hingga optometry (mata).

India

Butuh operasi high-end dengan biaya murah? India lah pilihan banyak orang untuk hal itu? Banyak pasien dari berbagai negara rela jauh-jauh datang ke India untuk berobat dengan biaya yang jauh lebih murah sambil berlibur pula. Situs Nomad Capitalist mengungkapkan setidaknya para pasien yang berobat di India bisa berhemat hingga 75% dibandingkan negara asal mereka.

Pengobatan yang terkenal dari India meliputi masalah kesuburan, ortopedi, kardiologi, dan onkologi serta transplantasi organ. Dan salah satu rumah sakit di India, Fortis Hospital Bangalore, merupakan satu dari sepuluh rumah sakit terbaik di dunia. Rumah sakit ini menyediakan perawatan medis bahkan untuk bahasa kesehatan kompleks sekalipun. Pun rumah sakit ini dipercaya sebagai tempat transplantasi ginjal terbaik di India.

BACA JUGA: Manfaat BPJS Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Tiongkok

Negara-negara di atas telah memberikan perawatan kesehatan dengan peralatan canggih dan mumpuni. Namun jika Anda menjadikan Tiongkok tujuan wisata kesehatan, maka rumah sakit terbaik di negara ini akan memberikan perawatan dengan mengintegrasikan pengobatan tradisional Tiongkok dan teknologi medis Barat. Salah satu rumah sakit yang menerapkan perawatan ini dan memiliki standar internasional adalah Clifford Hospital yang berlokasi di Guangzhou. Rumah sakit ini diakreditasi oleh Joint Commission International (JCI) yang merupakan standar yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit berfokus kepada pasien dan diterapkan sesuai dengan budaya setempat untuk peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Tak hanya itu, Clifford Hospital juga diakui oleh World Health Organization (WHO) sebagai organisasi international top-level dalam bidang pelayanan kesehatan.

Leave a Reply