5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Health

Obat memang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Nah, berikut ini lima obat paling penting dalam sejarah yang masih banyak belum diketahui oleh masyarakat dunia.

Obat-obatan dan juga alat medis memang tidak bisa dipisahkan dari manusia. Hal ini disebabkan obat-obatan dan alat medis menjadi hal penting dalam menjaga kelangsungan hidup agar tetap sehat dan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Hingga saat ini ada banyak sekali obat yang bermunculan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Namun, untuk memasukkan obat ke kategori sebagai obat terpenting, ada pengembangan yang perlu dilakukan untuk menjadi obat lain yang lebih spesialis. Skala penggunaan obat dan jumlah orang yang berhasil sembuh karenanya juga harus ikut dipertimbangkan. Nah, untuk lebih jelas lagi apa saja obat paling penting dalam sejarah, berikut ini ulasan selengkapnya. (Baca juga: Yuk, Mengecek Kesehatan dari Warna Lidah!)

Berikut 5 Obat Penting Dalam Sejarah

  • Penicillin

Penicillin merupakan salah satu obat paling penting dalam sejarah yang mengarahkan ke berbagai inovasi dan kemajuan antibiotik. Diestimasikan ditemukan pada 1928, penicillin dipercaya mampu digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti pneumonia dan demam berdarah, serta infeksi telinga, kulit, dan tenggorokan.

  • Insulin

Obat ini, insulin, adalah salah satu obat yang dikenal mampu mengobati diabetes. Insulin termasuk salah satu obat paling penting dalam sejarah yang pertama kali ditemukan pada 1921 oleh Charles Best dan Frederick Grant Banting sebelum dikomersilkan pada 1922. Sejak ditemukan, obat ini mampu membantu para penderita diabetes untuk bertahan hidup lebih lama. (Baca juga: 4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung)

  • Digoxin

Digoxin menjadi obat paling penting dalam sejarah karena mampu mengatasi detak jantung dan gagal jantung. Namun di balik itu, obat tersebut memiliki efek samping yang negatif sehingga diberhentikan beredar dan tidak boleh lagi digunakan.

  • Vaksin Cacar Air

Cacar air rupanya salah satu peyakit yang mematikan jika tidak diobati. Pasalnya banyak anak akhirnya meninggal akibat infeksi khususnya selama pandemik cacar air. Namun, pada 1798, berkat Edward Jenner dan Sarah Nelmes menemukan vaksin cacar air dan berhasil menghilangkan penyakit ini. Bahkan terobosan ini menjadi dasar pegembangan vaksin-vaksin berikutnya untuk mengatasi penyakit infeksi lainnya, seperti polio, malaria, dan campak.

Baca juga: Perbedaan Cashless dan Reimbursement dalam Asuransi Kesehatan

  • Humira

Humira atau yang sering disebut adalimumab merupakan obat paling penting dalam sejarah karena mampu mengobati berbagai penyakit kelainan kulit dan arthritis. Obat ini memberikan efek penyembuhan yang cukup bagus karena humira bekerja dengan cara membuat benteng pada sistem kekebalan tubuh.

Mungkin Anda masih belum familiar dengan kelima obat paling penting dalam sejarah tersebut. Namun, setelah membaca, tentu wawasan Anda akan bertambah dan tahu obat-obat yang penting untuk berbagai penyakit.

Comments are closed.