5 Persiapan Puasa untuk Ibu Hamil yang Aman

Health

Jika ibu hamil ingin menjalankan ibadah puasa, tentu adda beberapa persiapan puasa untuk ibu hamil yang harus diketahui dan dilakukan. Hal ini untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama menjalankan ibadah puasa.

Menjalankan ibadah puasa untuk ibu hamil hukumnya adalah sunah. Boleh dikerjakan dengan catatan ibu serta janinnya sehat dan kuat atau tidak dikerjakan karena demi menjaga kesehatan janin. Meskipun begitu, tetapi masih ada ibu hamil yang tetap menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Untuk Anda ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa, tentu ada banyak persiapan puasa untuk ibu hamil yang harus Anda lakukan. Hal ini dilakukan agar ibadah puasa yang Anda jalankan tetap aman untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini beberapa persiapan puasa untuk ibu hamil yang aman untuk dilakukan.

Ketahui Kondisi

Kuat atau tidak puasanya seorang ibu hamil, hanya diri sendirilah yang bisa merasakannya. Sebab, ada golongan-golongan ibu hamil yang tidak dianjurkan puasa, seperti mengandung anak kembar, memiliki riwayat diabetes, anemia, dan mudah pingsan. Oleh karena itu, untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu.

Cukupi Kebutuhan Kalori dan Gizi

Persiapan puasa untuk ibu hamil yang pertama adalah Kalori dan gizi. Sebab, kedua hal ini merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh seorang ibu hamil. Setiap harinya kurang lebih 2.500 kalori harus ada di dalam tubuh agar ibu dan janin tetap sehat dan kuat. Jika, Anda memang ingin menjalankan ibadah puasa, pastikan kebutuhan kalori dan gizi tersebut mencukupi. Salah satu menyiasatinya dengan menambahkan porsii protein dan hewani saat sahur dan berbuka.

Cukup Juga Asupan Karbohidrat Kompleks

Menjalan ibadah puasa membutuhkan karbohidrat yang cukup banyak. Apalagi ibu hamil memiliki nyawa lain di dalam perut. Sama saja Anda harus memberikan makan untuk janin tersebut. Karbohidrat kompleks dipercaya bisa menahan lapar karena memiliki waktu yang lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, persiapan puasa untuk ibu hamil, sebaiknya banyak mengkonsumsi gandum utuh dan oatmeal.

Hindari Gorengan, Santan, dan Jeroan

Untuk menjaga janin agar tetap sehat meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, Anda harus menghindari makanan yang bersifat goreng, santan, dan juga jeroan. Sebab, makanan-makanan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi untuk ibu hamil. Salah satu contohnya bisa mengakibatkan mual, muntah, dan gangguan hormonal bagi ibu hamil.

Konsumsi Air Putih

Jangan sepelekan persiapan puasa untuk ibu hamil yang satu ini. Sangat dianjurkan untuk Anda mengkonsumsi air putih yang cukup ketika berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur. Pastikan1,5 hingga 2 liter air putih ada di dalam tubuh Anda dalam satu hari. Hal ini agar tubuh Anda tidak dehidrasi.

 

Comments are closed.