5 Tip Agar Diet Karbohidrat Berhasil

Health

Diet karbohidrat memiliki manfaat bagi kesehatan dan menurunkan berat badan. Bagaimana tip agar diet karbohidrat berhasil? Futuready punya jawabannya!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan diet karbohidrat. Diet karbohidrat dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. Sebab selama ini asupan karbohidrat seperti nasi dianggap sering menjadi penyebab kegemukan.

Tip Agar Diet Karbohidrat Berhasil

Agar hasilnya maksimal, diet karbohidrat harus dilakukan dengan tepat. Bagaimana caranya? Berikut 5 langkah agar diet karbohidrat Anda berhasil dengan baik:

1. Tetap Makan Buah dan Sayur

Mengurangi konsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat adalah kesalahan yang sering terjadi ketika sedang diet karbohidrat. Menghindari buah dan sayur dalam jangka yang panjang akan memberikan masalah bagi kesehatan Anda. Untuk diet karbohidrat, buah dan sayur hijau yang dianjurkan adalah yang tumbuh di atas tanah, seperti alpukat, mentimun, tomat, bayam, selada, asparagus, atau kubis.

2. Cukupi Kebutuhan Serat

Serat berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Cukupi asupan serat dengan makan buah dan sayur yang cukup. Makanan berserat yang dianjurkan di antaranya kacang-kacangan, buah beri, alpukat, terung, dan brokoli. Untuk diet ini, jumlah yang dianjurkan maksimal sekitar 130 gram per hari dari kombinasi makanan tersebut.

BACA JUGA: Manfaat Olahraga Peregangan Di Pagi Hari

3. Tetap Jaga Asupan Karbohidrat

Bagaimana pun juga tubuh tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi yang utama. Konsumsi oatmeal dan beras merah sebagai pengganti nasi putih. Keduanya merupakan karbohidrat kompleks dan mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut kenyang.

4. Olahraga

Selain fokus pada makanan, olahraga juga harus dilakukan untuk menunjang pembakaran lemak. Lakukan minimal 30 menit dengan intensitas sedang. Contohnya jalan kaki, sepeda statis, atau berenang.

BACA JUGA: 5 Penyakit Terkait Alat Reproduksi Pria

5. Jangan Mudah Menyerah

Saat memulai diet karbohidrat, Anda harus siap akan terjadinya perubahan yang drastis pada tubuh. Misalnya terjadi perubahan di mana orang jadi sangat mudah mengalami kelelahan dan menjadi sensitif dalam minggu-minggu pertama. Jika itu terjadi, coba bersabar karena memang ada proses adaptasi di dalam tubuh.

Semoga dengan melakukan 5 hal di atas Anda bisa mendapatkan hasil yang baik dari diet karbohidrat Anda.

BACA JUGA: Ingin Jantung Sehat? Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini

Leave a Reply