5 Tip Menjaga Stamina Saat Berkendara Jarak Jauh

Health

Saat hendak menempuh perjalanan jauh, selain kondisi kendaraan, kesehatan pengemudi juga harus diperhatikan. Stamina sangat dibutuhkan saat berkendara menempuh perjalanan jauh. Lantas bagaimana cara agar tubuh tetap berstamina meski sedang berkendara menempuh perjalanan jauh?

Faktor utama penyebab kecelakaan adalah kesalahan manusia (human error). Hal ini disebabkan banyaknya pengemudi yang tetap memaksakan diri berkendara menempuh perjalanan jarak jauh padahal kondisi tubuh dalam keadaan kurang fit akibat kelelahan.

Saat menempuh perjalanan yang sangat jauh, tubuh dituntut untuk tetap fokus. Perjalanan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam atau beberpa hari bisa membuat tubuh kurang istriharat. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara jarak jauh, pastikan kondisi tubuh tetap berstamina. Anda bisa melakukan beberapa hal ini agar tubuh terhindar dari rasa lelah mengemudi perjalanan jauh.

Berikut Tips Berkendara Jarak Jauh

Pilih Jalur yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jalur yang mudah dilewati tanpa hambatan sehingga jarak tempuh menjadi singkat dan semakin efisien. Untuk mengetahui jalur tersebut cukup gunakan navigasi peta yang tersedia pada mobil atau smartphone Anda. Navigasi tersebut akan memberi informasi kepada Anda jalur yang dekat dan bebas hambatan. Navigasi sangat Anda butuhkan jika Anda sering mengemudi menuju luar kota.

Beristirahat Sejenak

Apabila Anda menempuh perjalanan hingga 6 jam lamanya disarankan untuk  beristirahat setiap 2 jam sekali. Hal ini sangat dibutuhkan tubuh agar bisa menghilangkan ketegangan pada otot-otot tubuh sekaligus untuk memulihkan tenaga dengan makan atau sekadar berbaring. Mengemudi mobil terlalu lama bisa mengakibatkan tangan serta bagian tubuh lainnya terasa pegal. Bila dibiarkan terlalu lama, tubuh akan kekurangan konsentrasi.

Tahan Emosi dan Menghibur Diri

Tak bisa dipungkiri, jalan yang padat dan menyebabkan kemacetan total tak bisa dihindari. Alhasil banyak pengemudi kendaraan yang mudah emosi. Jika terjebak macet sebaiknya tahan emosi Anda dengan cara menghibur diri. Anda bisa mendengarkan lagu favorit atau sekadar mengobrol dengan sesama pengemudi lainnya. Selain itu Anda juga bisa melakukan peregangan otot-otot di dalam mobil saat terjebak macet. Manfaatkan semaksimal mungkin kemacetan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan atau sekadar waktu untuk beristirahat sejenak.

Baca Juga: Persiapan Liburan Nyaman Saat Musim Hujan

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pastikan Anda telah menyiapkan air minum yang cukup di dalam mobil. Konsentrasi yang penuh dan duduk terlalu lama bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi. Pulihkan energi Anda dengan mengonsumsi banyak air putih. Hindari mengonsumsi cairan lain seperti kopi, sirup, atau minuman pewarna dan segar lainnya. Air putih jauh lebih baik dibandingkan minuman lain. Selain untuk membuat tubuh terasa segar, air putih bisa membuat Anda kembali berkonsentrasi.

Tidur Minimal 1 Jam

Agar tubuh tetap berstamina saat mengemudi jarak jauh. Ada baiknya setiap 4 jam sekali untuk memaksakan diri tidur minimal 1 jam. Waktu istirhat ini bisa membantu tubuh tetap fit meskipun perjalanan masih sangat panjang. Manfaatkan tempat beristirahat di tempat pengisian bahan bakar (SPBU) atau yang dikenal sebagai rest area. Cara ini sangat efektif agar Anda selalu dalam kondisi yang sehat.

Kelima tips ini bisa membantu Anda untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda selama mengemudi menempuh perjalanan yang sangat jauh. Bagaimanapun kecelakaan bisa dicegah asalkan pengendaranya bisa lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan serta kesehatan fisik. Selain itu, ada baiknya Anda mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan yang akan menjamin biaya kesehatan Anda jika mengalami sakit atau mengalami kecelakaan. Keuntungan menggunakan asuransi kesehatan sangatlah banyak. Asuransi kesehatan akan memberikan manfaat untuk Anda mulai dari pertanggungan biaya medis, pemberian pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau mengalami sebuah kecelakaan. Asuransi kesehatan ini sangat dibutuhkan sebagai jaminan perlindungan kesehatan Anda beserta keluarga.

asuransi kesehatan

Leave a Reply