5 Tips Sehat Persiapan Puasa untuk Penderita Diabetes

HealthLifestyle & Leisure

Ada beberapa tips sehat persiapan puasa untuk penderita diabetes yang bisa Anda ikuti. Semoga tips di bawah ini membantu puasa Anda berjalan dengan lancar dan kesehatan pun tetap terjaga.

Berpuasa sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun, meskipun sedang sakit. Asalkan, dirinya kuat untuk berpuasa dan memang sudah konsultasi dengan dokter sebelumnya. Namun, bagaimana jika penyakit yang bisa kamu atau sudah bawaan dari lama, seperti diabetes?

Diabetes merupakan penyakit yang dialami seseorang dalam keadaan kadar gula yang jauh di atas normal. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyerang dan menghancurkan sel pancreas yang memprodukasi insulin sehingga dapay meningkatkan kadar glukosa dan merusak organ tubuh lain.

Berbicara penderita penyakit diabetes boleh atau tidak berpuasa, sebenarnya dengan berpuasa ada manfaat yang bisa membantu menurunkan kadar gula karena asupan gula yang masuk ke dalam tubuh sedikit berkurang karena melakukan ibadah puasa. Lalu, apa saja persiapan puasa untuk penderita diabetes? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Konsultasi dengan Dokter

Sangat disarankan untuk Anda penderita diabetes berkonsultasi terlebih dahulu menganai niat Anda untuk ikut berpuasa. Sebab, ada beberapa alasan yang membuat penderita diabetes untuk berpuasa, salah satunya karena penyakitnya sudah parah sehingga dapat membahayakan tubuh dan kandungan gula dalam dirinya. Oleh karena dibutuhkan persiapan puasa untuk penderita diabetes yang satu ini agar puasa yang Anda jalankan tidak mengganggu kesehatan Anda.

Kurangi Makanan yang Memiliki Gula Berlebih

Mengurangi makanan yang memiliki gula berlebih tentu menjadi harga mati yang harus Anda lakukan. Meskipun ketika berpuasa kandungan gula dalam tubuh menurun drastis, tetapi jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula ketika sahur dan berbuka tentu bisa membuat kelebihan kandungan gula dalam diri sehingga dapat mebahayakan tubuh Anda. oleh karena itu, persiapan puasa untuk penderita diabetes yang satu ini wajib sekali Anda ikuti.

Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh setiap manusia, tak terkecuali penderita diabetes. Manfaat air putih untuk penderita diabetes, yaitu membuat kadar gula dalam tubuh tetap stabil dan mengontrol konsentrasinya. Usahakan melakukan persiapan puasa untuk penderita diabetes yang ini rutin ketika berbuka dan sahur sehingga kadar gula dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik.

Makan Sahur Menjelang Imsak

Untuk penderita diabetes, sangat disarankan untuk makan sahur menjelang imsak dan usahakan untuk mengkonsumsi makan sahur secara bertahap. Mulai dari makanan pembuka, kemudian makanan berat, hingga penutup. Hal ini dikarenakan agar kadar gula tidak naik drastis. Pastikan makanan yang Anda konsumsi ketika sahur memiliki kandungan yang sehat. Tentu sayuran, daging, buah, kacang-kacangan, dan ikan menjadi makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi.

Selalu Pantau Kadar Gula Darah

Persiapan puasa untuk penderita diabetes yang satu ini harus dilakukan bukan hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi setiap hari Anda memang diharuskan untuk memantau kadar gula dalam tubuh. Memang, ketika berpuasa, kadar gula menurun drastis, tetapi bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi makanan apapun untuk menstabilkan kadar gula. Sebab, jika cara itu Anda lakukan, tentu bisa berbahaya untuk tubuh dan fatalnya menyebabkan komplikasi. Pantau terus kadar gula Anda.

Comments are closed.