5 Tips Tidur yang Bikin Awet Muda

Waktu tidur yang kurang tak hanya membuat vitalitas tubuh menurun, namun juga memicu penuaan dini.

Health

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap hari. Namun kesibukan pekerjaan sering kali membuat jam istirahat berkurang. Selain itu, menurut Russell Rosenberg Ph.D dari The Atlanta School of Sleep Medicine and Technology, penyebab kurangnya tidur di zaman modern adalah penggunaan ponsel, komputer dan video game yang dilakukan sebelum tidur sehingga mengurangi jam istirahat.
Ê
Waktu tidur yang tak cukup terkadang dianggap sepele. Padahal bisa mengakibatkan vitalitas tubuh menurun sehingga cepat merasa letih dan mengantuk. Kewaspadaan pun berkurang sehingga rentan terjadi kecelakaan, seperti terjatuh dan lainnya.
Ê
Penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute mengungkapkan bahwa waktu tidur yang cukup dapat memperbaiki kesehatan mental dan fisik, serta meningkatkan kualitas hidup. Sebab saat tidur, otak akan mempersiapkan diri untuk aktivitas keesokan hari dan membantu Anda untuk mengingat dan mempelajari informasi baru.
Ê
Dari segi fisik, jam tidur yang cukup akan melancarkan peredaran darah dan menurunkan risiko terkena obesitas. Jangan lupa, saat tidurlah sel-sel kulit mati mengalami regenerasi secara maksimal. Dengan begitu, malam hari merupakan waktu yang paling tepat untuk memakai krim malam yang membantu peremajaan kulit wajah.
Ê
Agar tidur Anda berkualitas sehingga dapat mengatasi penuaan dini, cobalah lakukan beberapa hal berikut:Ê
  1. Gunakan pakaian longgar berbahan katun yang nyaman. Bersihkan wajah dari polesan make up dan lepaskan aksesori yang melekat pada tubuh.
  2. Jauhkan ponsel, gadget dan alat komunikasi lainnya dari tempat tidur Anda.
  3. Mandi air hangat dengan sabun beraroma lavender yang memberikan efek menenangkan.
  4. Makanlah tiga jam sebelum tidur. Perut kosong akan membuat tidur terganggu. Namun hindari mengonsumsi makanan mendekati waktu tidur karena proses pencernaan di malam hari membutuhkan waktu minimal tiga jam.
  5. Matikan lampu. Tidur dalam kondisi gelap akan merangsang tubuh memproduksi hormon yang menenangkan.

Leave a Reply