6 Cara Olahraga Ringan di Kantor

Olahraga bisa dilakukan kapan dan di mana saja, termasuk di kursi kerja.

Health

ÊDuduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot tegang sehingga mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu, seperti leher dan punggung. Jika berlangsung terus-menerus, kebiasaan ini dapat menganggu kesehatan Anda. Apalagi jika Anda memiliki risiko penyakit jantung dan tak punya waktu untuk rutin berolahraga. Untuk mendeteksi tingkat risiko Anda terhadap penyakit jantung, cek di sini.

Ê

Guna mencegah datangnya gangguan kesehatan, sempatkan rehat sejenak di sela bekerja untuk melakukan beberapa gerakan relaksasi otot tubuh yang tegang. Selain gerakan ini membuat tubuh menjadi lebih bugar, pikiran pun menjadi lebih segar.

Ê

Ketika Anda benar-benar tak punya waktu ekstra untuk beranjak dari tempat duduk, tak perlu khawatir. Inilah 6 gerakan relaksasi tubuh yang bisa Anda lakukan di kursi kerja, seperti yang disarankan oleh Joan Pagano, Pakar Kebugaran Internasional di situs joanpaganofitness.com:

Ê

1. Pemanasan

Mulailah dengan pemanasan. Lakukan peregangan pada pergelangan tangan dan kaki dengan melakukan gerakan memutar. Lanjutkan dengan gerakan yang sama pada bagian leher. Lalu arahkan telinga kanan ke arah bahu kanan, dan lakukan sisi sebaliknya. Akhiri dengan arahkan kepala ke dada secara perlahan.

Ê

2. Bahu

Duduk tegak, angkat pundak ke atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.

Ê

3. Tangan

Duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke kiri dan kanan secara perlahan.

Ê

4. Punggung

Duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu dorong siku kiri ke arah pundak kanan dan tahan selama 5 detik. Ulangi untuk siku sebelah kanan.

Ê

5. Punggung & Kaki

Pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki kiri.

Ê

6. Paha & Kaki

Duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Ulangi gerakan dengan kaki kiri.

Leave a Reply