7 Penyakit Orang Tua yang Dapat Menyerang Lebih Dini

Health

Akibat gaya hidup yang tidak sehat, penyakit yang umumnya menimpa lansia mungkin saja menimpa Anda di usia muda. Tanpa disadari, ada 7 penyakit yang mengintai Anda. Apa saja penyakit orang tua yang bisa menyerang Anda lebih dini? Futuready telah merangkumnya sebagai berikut.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan Anda pun perlahan-lahan akan mengalami penurunan. Tak heran, bila banyak orang tua yang menderita beberapa penyakit serius. Namun pada kenyataannya, penyakit kritis yang sering dialami lansia juga bisa menimpa seseorang yang masih muda. Hal tersebut disebabkan adanya penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Kondisi seperti ini mungkin saja bisa terjadi pada diri Anda. Guna memproteksi diri dari penyakit serius yang sering menimpa orang tua, asuransi penyakit kritis sangat dibutuhkan. Anda perlu menyadari berapa pentingnya menggunakan asuransi sebab ada beberapa penyakit orang tua yang bisa diderita orang yang lebih muda. Dilansir dari Prevention tahun 2012, berikut 7 penyakit orang tua yang dapat menyerang orang di usia muda.

  1. Melanoma

Mungkin penyakit ini terdengar asing bagi Anda. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang serius dan paling banyak menyerang seseorang berusia lebih dari 50 tahun. Nyatanya, penyakit ini dapat menyerang lebih dini yakni pada usia remaja. Berdasarkan jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention yang dipublikasikan Prevention, paparan sinar matahari langsung dapat meningkatkan risiko melanoma apabila seseorang tidak pernah melakukan perlindungan terhadap kulitnya. Penggunaan pelembap atau tabir surya sebelum ke luar rumah dapat mengurangi risiko terserang penyakit ini. Suplemen vitamin D harian juga dapat membantu mencegah melanoma.

  1. Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis biasanya paling sering menyerang seseorang berusia lebih dari 65 tahun. Tetapi, penyakit ini juga dapat menyerang lebih awal pada usia 40 tahun. Alasannya, Anda kekurangan kalsium dan vitamin D. Senyawa tersebut sangat penting untuk menguatkan tulang. Selain kalsium dan vitamin D, berolahraga secara teratur juga dapat memperkuat tulang dan membentuk otot pada tubuh. Lakukan olahraga rutin setiap hari seperti jogging, jalan santai, atau hiking. Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Rokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan tulang Anda.

  1. Stroke

Stroke biasanya menyerang seseorang berusia lebih dari 65 tahun. Penyakit ini juga dapat menimpa seseorang berusia 20-an atau 30-an. Penyakit ini menyerang lebih dini akibat gaya hidup yang buruk. Stroke dapat dicegah dengan menghindari kebiasaan merokok dan mengatasi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan obesitas. Beberapa penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko stroke. Kurangilah asupan garam dan lemak trans. Konsumsilah ikan dua kali seminggu serta olahraga secara rutin.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan untuk Mencegah Stroke

  1. Kanker Payudara

Wanita berusia lebih dari 45 tahun berisiko besar mengidap penyakit kanker payudara. Namun, pada kenyataannya kanker payudara dapat menyerang wanita berusia remaja. Sebagian wanita lupa akan pentingnya berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, dan menerapkan pola hidup sehat. Akibatnya, kanker payudara dapat menyerang dengan mudah. Maka itu, lakukan gaya hidup sehat dan olahraga rutin sejak dini sebagai langkah mencegah penyakit kanker payudara.

  1. Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menganggu memori. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang berusia lebih dari 65 tahun. Tetapi, Alzheimer bisa menyerang seseorang lebih awal akibat fungsi otak tidak seimbang. Sebagian orang mungkin belum memahami bahwa ada beberapa bagian otak yang mungkin jarang digunakan. Anda bisa menyeimbangkan fungsi otak dengan mempelajari bahasa baru atau belajar memainkan alat musik. Kegiatan tersebut dapat membantu melawan penurunan kognitif dan senantiasa menjaga kadar kolesterol serta tekanan darah.

  1. Diabetes Tipe 2

Penyakit yang paling sering seseorang berusia 40 tahun dan 50 tahun ini juga dapat menyerang usia muda bahkan anak-anak. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab usia muda mengidap diabetes tipe 2. Seseorang dengan berat badan berlebih berisiko besar terserang penyakit ini.

  1. Asam urat

Asam urat seringkali dianggap remeh oleh penderitanya. Penyakit yang biasanya menyerang seseorang yang sudah berusia 40 tahun ini jika dibiarkan dapat menjadi penyakit yang serius. Dilansir dari halosehat, asam urat jika dibiarkan, maka akan menyebabkan penyakit kritis di antaranya gagal ginjal hingga masalah jantung. Penyakit ini dapat menyerang seseorang sejak usia 30 tahun akibat menderita obesitas, jarang berolahraga, dan minum minuman beralkohol.

Tanpa Anda sadar banyak penyakit yang mungkin saja menyerang Anda. Menggunakan asuransi kesehatan merupakan langkah yang tepat sebagai proteksi dini bila kemungkinan penyakit bisa menyerang Anda kapan saja. Akan tetapi, ada banyak produk asuransi kesehatan yang tawarkan saat ini dan terkadang cukup menyita waktu untuk mencari-cari asuransi kesehatan terbaik. Futuready, broker asuransi retail online pertama di Indonesia menjadi solusi tepat untuk Anda. Hanya di Futuready.com membeli, hingga proses klaim asuransi sangatlah mudah.

asuransi penyakit kritis

Leave a Reply