7 Tips Berkendara Aman di Cuaca Hujan

Cuaca hujan kerap menjadi hambatan dalam berkendara. Tapi ada cara untuk tetap aman berkendara saat cuaca hujan, seperti cara-cara berikut ini.

Health

Dalam melakukan perjalanan dan berkendara, cuaca hujan sering menjadi masalah yang menggangu. Namun, bukan berarti perjalanan Anda harus terhambat oleh cuaca hujan, bukan? Perjalanan Anda bisa tetap aman dan nyaman dengan beberapa tips berikut.
Ê

1. Periksa Kendaraan Anda Sebelum Berangkat

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda memeriksa kesiapan kendaraan Anda. Hal-hal yang perlu Anda periksa antara lain fungsi dari semua lampu depan dan belakang, karena jarak pandang ketika hujan bisa saja berkurang dan Anda akan membutuhkan lampu untuk melihat ke depan dan memberi sinyal pengemudi lain.
Ê
Tekanan udara dalam ban serta alur ban yang baik membantu mencegah kendaraan Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Terakhir, periksalah setiap komponen utama mulai dari kemudi, pedal rem, gas maupun kopling dan bila diperlukan beri perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat.Ê
Ê

2. ÊHidupkan Lampu Depan

Hidupkan lampu depan saat berkendaraan di musim hujan. Hal ini untuk menunjukkan kepada pengendara lain khususnya dari arah yang berlawanan agar tidak mengambil jalur lain dan tetap berada pada jalurnya. Selain itu, dengan dihidupkannya lampu depan, maka hal itu akan membantu pengemudi lain untuk selalu waspada.
Ê

3. Jaga Kecepatan Saat Cuaca Hujan

Dengan kecepatan yang tinggi, risiko Anda untuk tergelincir akan semakin tinggi. Sedangkan mengemudi dengan kecepatan rendah membuat alur ban kendaraan banyak bersentuhan langsung dengan jalan yang artinya daya cengkram ban menjadi lebih baik. Ingatlah moto: Pelan yang penting aman!
Ê

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Selalu jaga jarak kendaraan Anda dengan pengendara lain. Hal ini dikarenakan pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering. Jika yang depan tiba-tiba menginjak rem, ada waktu yang cukup untuk bereaksi, seperti berhenti atau banting setir.
Ê
Ê

5. Jangan Menerobos!

Jika terdapat genangan air, jangan menerobos! Anda tidak akan pernah menduga jika ternyata ada lubang di dalam genangan tersebut yang dapat membuat kendaraan Anda terperosok. Justru ketika cuaca hujan Anda harus berhati-hati dengan lubang.
Ê

6. Selalu Siap Melapor

Selalu siap sedia nomor-nomor kontak penting dan selalu siap untuk melapor. Jika Anda melihat ada genangan air yang cukup dalam, pohon tumbang, jalan rusak, bahkan siapa tahu Anda sedang membutuhkan derek? Untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya Anda bisa menginformasikan ke TMC Ditlantas Polda Metro Jaya 021-52960770 atau SMS ke nomor 1717.
Ê

7. Menggunakan Asuransi Perjalanan

Jika Anda berkendara untuk perjalanan jauh, maka pertimbangkan untuk menggunakan asuransi perjalanan. Dengan menggunakan asuransi perjalanan maka setiap biaya ketika Anda mengalami sakit, kecelakaan saat bepergian akan ditanggung oleh asuransi. Manfaat ini dimaksudkan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran, atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.
Ê
Dengan ketujuh tips tersebut Anda tentu tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan perjalanan saat cuaca hujan. Jangan biarkan cuaca hujan menghalangi perjalanan Anda, tapi tetap jaga keamanan perjalanan Anda.
Ê

Leave a Reply