9 Manfaat Berhenti Merokok

Berhenti merokok dan mulai menerapkan gaya hidup sehat memberikan banyak manfaat pada kesehatan Anda.

Health

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Merokok dapat mengakibatkan kanker, masalah pernapasan, serangan jantung, dan stroke. Bahkan perokok pasif saja bisa terserang penyakit asma dan masalah pernapasan lainnya. Banyak perokok yang ingin berhenti mengisap tembakau, tapi hal tersebut terasa sulit untuk dilakukan. Padahal seperti dilansir situs National Health Service www.nhs.uk (25/09/2014), berhenti merokok selama 20 menit dapat menurunkan detak jantung ke level normal, yaitu sekitar 60100 bpm (beats per minute atau detakan per menit). Bayangkan hidup sehat yang Anda dapatkan jika berhenti merokok selama sebulan, setahun, bahkan 10 tahun.

DAPATKAN PILIHAN BERBAGAI ASURANSI KESEHATAN DI FUTUREADY

Berikut adalah beberapa manfaat hidup sehat berhenti merokok.

 

  1. Meningkatkan kesuburan

Wanita yang tidak merokok lebih mudah untuk hamil, meningkatkan lapisan rahim, mengurangi kemungkinan mengalami keguguran, dan meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi yang sehat. Sedangkan sperma pria nonperokok menjadi lebih kuat.

 

  1. Kulit tampak lebih muda

Hidup sehat dengan berhenti merokok memperlambat penuaan wajah dan menunda munculnya keriput. Kulit orang yang tidak merokok mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang lebih banyak serta menjadi lebih cerah.

 

  1. Gigi lebih putih

Berhenti mengisap tembakau membuat noda pada gigi berkurang, napas pun menjadi lebih segar. Risiko gigi tanggal sebelum waktunya dan terkena penyakit gusi berkurang pada mereka yang sudah tidak lagi merokok.

 

  1. Bernapas menjadi lebih mudah

Batuk berkurang dan napas menjadi lebih mudah ketika Anda berhenti merokok. Ini dikarenakan kapasitas paru-paru meningkat hingga 10% dalam waktu sembilan bulan setelah berhenti merokok. Ketika berusia 20-an dan 30-an, efek merokok terhadap kapasitas paru-paru mungkin tidak terlihat jelas. Namun kapasitas paru-paru secara alami akan berkurang seiring bertambahnya usia Anda.

 

  1. Memperpanjang usia

Kebanyakan perokok meninggal lebih awal karena penyakit yang disebabkan oleh merokok, termasuk penyakit jantung, kanker paru-paru, dan bronkitis kronis. Pria yang berhenti merokok di usia 30 tahun, usianya akan bertambah 10 tahun. Berhenti merokok tidak hanya menambah panjang hidup Anda, tetapi juga meningkatkan kesempatan hidup lebih bahagia di usia senja, serta bebas penyakit.

 

  1. Stres berkurang

Tingkat stres menjadi lebih rendah setelah berhenti merokok. Tingkat oksigen dalam tubuh juga meningkat, ini berarti bahwa mantan perokok dapat berkonsentrasi lebih baik dan memperbaiki kesehatan mental mereka.

 

  1. Tubuh lebih berenergi

Berhenti merokok dalam waktu dua sampai 12 minggu membuat sirkulasi darah membaik dan aktivitas fisik menjadi jauh lebih mudah. Berhenti merokok juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga flu lebih mudah dilawan, meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, membuat Anda tidak cepat lelah, dan cenderung tidak sakit kepala.

 

  1. Meningkatkan indera penciuman dan perasa

Menghentikan kebiasaan merokok dapat meningkatkan indra penciuman dan perasa yang selama ini ditumpulkan oleh ratusan bahan kimia beracun yang ditemukan dalam rokok.

 

  1. Hubungan seks menjadi lebih baik

Berhenti merokok meningkatkan aliran darah di tubuh sehingga sensitivitas pun ikut meningkat. Pria yang berhenti merokok melakukan ereksi lebih baik sedangkan wanita yang berhenti merokok mengalami orgasme lebih baik dan terangsang lebih mudah. Orang yang tidak merokok juga terlihat tiga kali lebih menggoda.

 

Hidup sehat dapat dilakukan dengan berhenti merokok. Selain bermanfaat bagi tubuh Anda, berhenti merokok juga melindungi kesehatan keluarga dan teman-teman Anda yang tidak mengisap tembakau. Bagikan informasi ini pada kerabat Anda pada kotak jejaring sosial di bawah!

 

Leave a Reply