Agar Tidak Tertular Flu

Bagaimana caranya agar tidak terkena flu? Haruskah memakai masker sehari-hari?

Health

Hai dok, 

Bagaimana caranya agar tidak terkena flu? Di kantor saya, banyak yang sedang terserang flu dan saya takut tertular penyakit tersebut. Haruskah saya menggunakan masker sehari-hari? Mohon tipsnya ya, dokter. Terima kasih banyak.
Salam,
Muhammad 
 
Bapak Muhammad, 
Pola hidup sehat sangatlah dibutuhkan agar tidak tertular flu. Nutrisi seimbang dan pola hidup sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan dan mencegah penyakit.
Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda ikuti agar terhindar dari flu:
1. Konsumsi sayur dan buah-buahan 
Sayur dan buah-buahan telah lama diketahui sebagai sumber vitamin untuk menunjang kesehatan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin c dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C berperan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, papaya, manga, tomat, paprika merah, brokoli dan lain sebagainya.
2. Hirup udara segar 
Berada di ruangan yang tertutup terutama di ruangan ber-AC secara terus-menerus sepanjang hari akan membuat Anda terpapar kontak dengan orang lain dan tentu saja kuman yang mereka miliki. Mencari udara segar tidak hanya membuat Anda istirahat sejenak dari kuman yang tersirkulasi di dalam ruangan, namun juga dapat meningkatkan imunitas Anda. Olahraga seperti jogging atau berjalan santai di luar ruangan dapat meningkatkan imunitas Anda.
3. Relaksasi 
Stress atau berada dalam tekanan dapat meningkatkan risiko Anda terkena flu. Hal ini disebabkan karena di saat Anda sedang stress, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut dengan glukokortikoid. Hormon ini akan mencegah pengeluaran sitokin yang berfungsi untuk memerangi penyakit.
4. Jaga kebersihan tangan 
Flu dapat dengan mudah menyebar melalui sentuhan. Hindari terlalu sering memegang mata, hidung atau mulut dan pastikan Anda telah mencuci tangan dengan benar. Hindari juga mencuci tangan dengan sabun batang karena sabun batang dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang baik. Pilihlah sabun cair dan pastikan Anda mengeringkan tangan setelah mencuci tangan .
5. Istirahat yang cukup 
Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari. Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda dan akan memudahkan Anda terpapar berbagai penyakit.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,
dr. Anita Amalia Sari
Lindungi keluarga dengan asuransi kesehatan dari risiko kesehatan

Leave a Reply