Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

Health

Ada beragam manfaat air beras yang bisa Anda rasakan. Mulai dari kecantikan wajah, kesehatan rambut, hingga beberapa orang tubuh lainnya.

Setiap kali memasak nasi, pasti air bekas cucian beras biasanya selalu dibuang saja. Padahal, di balik warna air yang keruh terdapat berabagai manfaat dan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kecantikan, kesehatan rambut, hingga manfaat-manfaat lainnya di dalam tubuh.

Air beras sendiri mengandung banyak mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh. Seperti kandungan asam amino, vitamin, minetral, dan antioksidan. Selain itu, kandungan gula pada beras menjadikan air beras yang telah dimasak mengandung karbohidrat dan biasa disebut air tajin.

Nah, agar tidak penarasan lagi apa saja manfaat dari air beras, berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Ada segudang manfaat untuk kesehatan wajah Anda. Berikut ini ulasannya:

Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan, beras termasuk bahan alami dengan vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel. Ini diperlukan untuk meremajakan kulit.

Menyehatkan Kulit dengan Memperlancar Peredaran Darah

Selain berfungsi sebagai merangsang pertumbuhan sel, inositol juga berguna untuk merangsang peredaran darah di area kulit. Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu syarat kulit sehat. Jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan ke seluruh bagian sel.

Meringkas Pori-Pori

Meringkas pori-pori juga menjadi manfaat dari air beras yang paling banyak dirasakan keampuhannya oleh para wanita. Apalagi untuk mereka yang memiliki pori-pori lebar.

Meredakan iritasi dan Menenangkan Kulit Berjerawat

Manfaat yang berikutnya adalah menenangkan kulit yang berjerawat dan iritasi. Semua itu karena kandungan allantoin di dalamnya.

Menangkal Radikal Bebas

Ferulic acid adalah antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti beras. Ferulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)

Air beras mengandung oryzanol, kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi (penggelapan kulit)

Memudarkan Flek Hitam

Manfaat air beras yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika difermentasi, air beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya dapat menjadikan kulit bening bercahaya.

Meringankan Peradangan Kulit

Allantoin dan pitera juga bisa membantu meringankan peradangan pada kulit. Jadi baik digunakan sebagai air bilasan, toner, atau pendingin wajah.

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan Dini

Inositol dan ferulic acid dalam air beras akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan yang muncul secara dini.

Memudarkan Bekas Luka

Air cucian beras juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Ini karena kandungan oryzanol dan pitera di dalamnya.

Mengatasi Kelebihan Minyak

Manfaat air beras yang terakhir adalah membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Mencuci muka dengan air beras akan membantu mengatasi minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajah.

Manfaat Air Beras untuk Rambut

Tidak hanya untuk wajah, air beras juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Sebab nutrisi di dalam air beras memang baik untuk keduanya. Berikut ini informasi selangkapnya:

Menyuburkan Rambut

Manfaat air cucian beras yang pertama adalah meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan sampo, gunakan air bekas cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

Menjadikan Rambut Bercahaya

Ingin rambut bercahaya? Buat campuran air cucian beras dan air mawar. Gunakan untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut.

Mengatasi Ketombe

Kulit dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Membilas kulit kepala dengan air bekas cucian beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit.

Menghilangkan Kutu

Manfaat berikutnya yang tidak banyak banyak diketahui adalah membunuh kutu rambut berikut larvanya. Gunakan air bekas cucian beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas rambut.

Mengatasi Rambut Bercabang

Manfaat air bekas cucian beras yang terakhir adalah mengatasi rambut bercabang. Celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Sumber Energi

Di negara Matahari Terbit, air dari beras yang ditanak disebut kanji menjadi salah satu jenis minuman. Manfaat air beras jenis ini adalah sebagai pelengkap kebutuhan energi, terutama kebutuhan karbohidrat.

Mencegah Sembelit

Air rebusan beras kaya akan serat larut yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat ini juga membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang penting bagi pencernaan.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat air bekas cucian beras dari kukusan nasi adalah membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat cuaca panas. Dengan begitu tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.

Sebagai Nutrisi untuk Pemulihan Setelah Sakit

Manfaat air beras dari tanakan nasi atau tajin yang lain adalah membantu menggantikan nutrisi untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, terutama sakit demam.

Meringankan Diare

Manfaat air beras tajin yang terakhir adalah sebagai obat rumahan untuk diare bagi orang dewasa dan anak-anak.

Apa sekarang Anda sudah tertarik untuk mencobanya di rumah?

Comments are closed.