Air Hidrogen Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Health

Air hidrogen memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan juga kencantikan wajah Anda. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan?

Tren mengonsumi air hidrogen belakangan memang menjadi perbincangan dan banyak dijajakan di pasaran dengan menawarkan banyak keunggulan. Banyak orang mulai tergoda dan mengonsumsi air tersebut yang disinyalir memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan.

Hydrogen water secara sederhana merupakan air biasa yang ditambah dengan molekul hidrogen. Secara kimia, hidrogen (H) adalah gas yang tidak berwarna, tidak memiliki racun yang mengikat unsur oksigen, nitrogen, dan karbon untuk membentuk senyawa, termasuk juga gula dan air.

Air biasa (H2O) sebenarnya sudah mengandung dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Namun, beberapa ahli menyatakan, menambahkan unsur hidrogen pada air dapat menghasilkan manfaat yang tidak bisa didapat dari air biasa.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Hidrogen untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan dia tas bahwa air ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bukan hanya itu saja, hidrogen juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Kira-kira apa saja manfaatnya ya?

Antioksidan

Molekul hidrogen dapat berperan sebagai antioksidan. Ia dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh sehingga melindungi sel dari efek stres oksidatif yang menyebabkan inflamasi dan beragam penyakit seperti kanker.

Dikutip dari Healthline, dalam studi pada pasien kanker hati yang mengonsumsi air hidrogen selama delapan minggu, terdapat penurunan stres oksidatif dan mempertahankan aktivitas antioksidan.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak studi untuk mengetahui manfaat antioksidan dalam air hidrogen pada orang yang sehat dan juga orang dengan kondisi kronis.

Tingkatkan Performa

Beberapa penelitian menunjukkan, air hidrogen dapat meningkatkan performa atletik saat berolahraga. Air hidrogen disebut dapat mengurangi tanda kelelahan seperti peradangan dan memperlambat akumulasi laktat dalam darah.

Studi pada pemain sepak bola menunjukkan, atlet yang minum air hidrogen mengalami penurunan kelelahan otot yang lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi plasebo.

Mengatur Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa minum air ini dapat meningkatkan metabolisme lipid dan glukosa. Ini merupakan cara efektif yang membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe-2. Hidrogen juga berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan menormalkan toleransi glukosa.

Menyembuhkan Luka

Asupan yang teratur minuman ini juga dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan luka dan mempercepat proses pemulihan. Studi juga mendapati hydrogen water yang bekerja di dalam usus mampu mempercepat proses penyembuhan. Hydrogen water dapat membantu menghindari cedera pada sel-sel mukosa lambung dan mengurangi peradangan akibat radikal bebas.

Menekan Terjadinya Peradangan

Zat pada hydrogen water mampu mengendalikan stres dan mengoksidasi tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan. Sekaligus melindungi kesehatan jantung dengan cara menurunkan angka kolesterol jahat dan meningatkan kadar kolesterol baik.

Mencegah Kerusakan Otak

Manfaat lainnya, hydrogen water mampu mengurangi stres oksidatif dan mencegah kerusakan kognitif pada penyakit demensia dan parkinson. Dalam uji coba dengan hewan tikus, terbukti air penuh khasiat ini dapat mengurangi kerusakan neurotoksik.

Baca juga: Minuman Tradisional Indonesia: Sehat dan Menyegarkan

Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tanpa disadari polusi yang masuk ke dalam tubuh kita akan menimbun racun dan zat-zat berbahaya yang membuat daya tahan tubuh kita melemah hingga akhirnya terpapar penyakit. Dengan mengonsumsi hydrogen water, zat-zat atau racun tubuh yang berbahaya dapat dibersihkan.

Manfaat untuk Kecantikan

Selaian untuk kesehatan tubuh, hydrogen water juga dipercaya bisa memberikan efek samping yang baik untuk kecantikan wajah Anda. Salah satu yang bisa dirasakan jika mengonsumsi air ini adalah kulit menjadi lebih kencang. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa khasiat yang dihasilkan dari hydrogen water.

Melindungi Kulit

Dikutip dari Natural Food Series, studi ilmiah menunjukkan, penggunaan hydrogen water secara teratur dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen tipe 1 pada dermis kulit. Air satu ini juga dapat membantu merawat kulit dan menghilangkan garis-garis halus atau kerutan sehingga kulit awet muda.

Memperlambat Proses Penuaan

Hydrogen water menunda masa replikatif pada sel induk sumsum tulang dengan mengurangi stres oksidatif. Kemampuan hidrogen molekuler memiliki efek menguntungkan pada penyakit kronis seperti kanker dan penuaan dini.

Hidrogen berperan memperlambat penuaan dan membuang sel netronik dalam tubuh, membuat tubuh menjadi lebih sehat dan awet muda. Hal ini terjadi karena saat diminum tubuh akan menyerap gas hidrogen dan bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Kulit

AHidrogenaktif yang dikonsumsi dapat mengatasi kulit wajah yang kusam dan membantu proses regenerasi pada kulit. Dalam penelitian terhadap manusia, mandi dalam hydrogen water selama tiga bulan memperbaiki keriput di kulit secara signifikan. Hydrogen water juga mengurangi kerusakan sel kulit manusia dari sinar ultraviolet.

Membuat Wajah Kelihatan Cerah

Mengonsumsi hydrogen water secara rutin dapat membantu meregenerasi kulit wajah sehingga wajah menjadi cerah. Dalam penelitian terhadap manusia, mandi dalam hydrogen water selama tiga bulan dapat memperbaiki keriput di kulit secara signifikan, mengurangi kerusakan sel kulit dari sinar ultraviolet.

Batasan Mengonsumsi

Meskipun air ini memiliki khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan, tetapi Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya. Segala sesuatu jika berlebihan tentu hasilnya kurang baik bukan. Setidaknya dalam sehari kurang lebih dua liter air yang dikonsumsi. Karena manfaatnya sama dengan mengonsumsi 1032 buah apel, 90 brokoli, 1512 pisang, 76 wortel dan 7,4 labu.

Semua hal seperti mata uang memiliki dua sisi. Ada manfaat dan juga efek buruk yang bisa Anda rasakan. Cerdaslah dalam memilih segala hal yang Anda konsumsi untuk kesehatan tubuh Anda.

Comments are closed.