Anak Sering Mimisan

Anak saya berusia 7 tahun dan sering mengalami mimisan. Apa yang menyebabkan mimisan? Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah mimisan?

Health

Hai Dokter, 

Anak saya berusia 7 tahun dan sering mengalami mimisan. Apa yang menyebabkan mimisan? Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah mimisan? Terima kasih. 
Salam, 
Ayu 
Hai Ibu Ayu, 
Terimakasih atas pertanyaan Anda. 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: kapan hal ini terjadi? Sejak kapan anak Anda mengalami keluhan ini? Apakah bersamaan dengan pilek? Apakah ini pertama yang anak Anda alami, apakah sebelumnya belum pernah mengalami keluhan ini? Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? 
Apa yang anak Anda alami dapat berupa mimisan ringan yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah. Hal ini sering disebabkan karena perubahan suhu yang terlalu drastis atau karena disertai dengan pilek. Anak Anda dapat menghindari perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga tidak menghirup udara terlalu panas, menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari mengorek-ngorek hidung. Pada umumnya mimisan pada anak tidak berbahaya. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis, gangguan sekat hidung, kelainan darah atau kegananasan. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda membawa anak Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. 
Penanganan segera jika terjadi mimisan adalah dengan: 
• Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 510 menit sudah cukup. 
• Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) tapi jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas. 
Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda membawa anak Anda mengunjungi dokter. 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 
Salam, 
dr. Nadia Octavia 
Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com

Leave a Reply