Anda Depresi, Mungkinkah Gejala Demensia?

gejala demensia

Banyak sekali yang bisa menyebabkan gejala demensia hinggap di tubuh Anda. Depresi salah satunya!

Depresi ternyata dapat berisiko mengundang demensia di masa yang akan datang. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dalam jurnal Neurology America. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini, ditemukan adanya kesamaan angka pada penderita demensia yang berasal dari depresi pada tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi sebenarnya belum ditemukan penyebab secara langsung dan masih diperlukan penelitian lebih dalam lagi guna mengetahui mengapa dua keadaan tersebut dapat terjadi. Dipercaya juga adanya faktor bahan kimia yang terkandung dalam makanan serta gaya hidup tidak sehat akan memicu timbulnya depresi. Termasuk di antaranya adalah diet berlebihan hingga konsumsi rokok dan alkohol.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

gejala demensia

Depresi Salah Satu Gejala Demensia

Walaupun jelas bahwa depresi bisa menyebabkan demensia, namun terdapat beberapa kemungkinan juga bahwa depresi dapat mempengaruhi resiko demensia hingga lebih tinggi lagi. Ini disebabkan adanya radang para jaringan otak saat seseorang ditekan sehingga dapat berpengaruh terhadap demensia. Protein tertentu yang ada di dalam otak yang dapat meningkatkan depresi juga akan meningkatkan risiko berkembangnya demensia. Depresi biasa dikenal menjadi tahap awal dari dimensia.

Cara Mencegah Gejala Demesia

Sebenarnya sangat mudah sekali hal-hal yang harus Anda lakukan agar terhidar dari gejala demesia. Nah, ingin tahu caranya? Berikut ini ulasannya.

Makanan Sehat

Poin pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi pilihan makanan yang sehat untuk tubuh, misalnya seperti sayuran, ikan, telur, minyak kelapa, dan buah-buahan. Mulailah hidup dengan pola makan yang benar. Ada sebaiknya Anda hindari daging, gula, dan alkohol.

Olahraga

Tentunya Anda tahu bahwa olahraga memang memiliki manfaat yang baik. Nyatanya selain membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dipercaya bisa menghidari Anda dari gelaja demesia. Usahakan agar Anda mulai melakukan olahraga kurang lebih 30 menit dalam satu hari.

Tetap Bersosialisasi

Anda senang menjalin komunikasi dengan bermacam-macam orang tentunya menjadi keuntungan bagi Anda. Secara tidak langsung, otak Anda akan selalu bekerja menimal mengingat nama-nama orang tersebut. Anda masih menjalin hubungan komunikasi bagi secara online ataupun langsung kemungkinan sangat rendah mengalami demensia. Hubungan sosial juga bisa menjaga agar Anda tidak gelisah, stres, dan depresi yang bisa berdampak negatif pada fungsi otak Anda.

Tidur yang Cukup

Seseorang mudah stres dan sering lupa salah satunya disebabkan karena kurangnya jam istirahat setiap harinya. Cobalah mulai mengatur waktu tidur Anda menjadi lebih produktif lagi. Pada dasarnya seorang manusia diharuskan tidur malam selama 7-8 jam perhari. Hal ini agar esok harinya otak Anda kembali jernih dan segar.

Leave a Reply