Apakah Kebiasaan Sehat Versi Anda Sudah Sehat?

Berbagai upaya dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun apakah cara menjaga kesehatan dan cara hidup sehat yang Anda terapkan selama ini benar-benar sehat?

Health

Tubuh dan jiwa sehat sudah tentu menjadi keinginan setiap orang. Berbagai daya dan upaya dilakukan agar tubuh sehat selalu, contohnya dengan menerapkan cara hidup sehat atau cara menjaga kesehatan seperti olahraga, mengonsumsi makanan sehat, rajin mencuci tangan, dan lain-lain. Tapi apakah cara menjaga kesehatan yang selama ini Anda lakukan benar-benar sehat? Berikut adalah beberapa kebiasaan sehat yang ternyata tidak sehat.

 

Jongkok di atas toilet duduk

Agar tidak jorok atau terkena kuman, banyak orang berjongkok di atas toilet duduk umum ketika ingin buang air. Namun ternyata berjongkok di atas toilet duduk dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. “Jongkok menyebabkan otot panggul berkontraksi dan mengencang di sekitar uretra. Hal ini menghambat kandung kemih mengosongkan semua zat yang ingin dibuang. Sedangkan otot panggul yang santai akan mengoptimalkan ekskresi (pembuangan air), ” kata Elizabeth Kavaler, MD, ahli urologi (saluran kemih dan genital) di situs www.prevention.com (Agustus 2012) seperti ditulis penulis kesehatan Linda Melone, CSCS. Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan toilet duduk umum, lapisi dudukan toilet dengan tisusebelum Anda duduk di atasnya.

 

Gosok gigi segera setelah makan

Jangan langsung gosok gigi setelah Anda makan makanan yang sangat asam. Asam dari beberapa makanan seperti buah jeruk, tomat, minuman bersoda, atau minuman penambah energi dapat melunakkan email (lapisan terluar gigi) pada gigi. Menyikat gigi saat email masih lunak dapat mengikis lapisan di bawahnya. Sebaiknya tunggu 30-60 menit setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam sebelum menyikat gigi, ujar Howard R. Gamble, DMD, FAGD, mantan presiden Academy of General Dentistry (organisasi dokter gigi umum dari Kanada dan Amerika Serikat). Atau juga bisa berkumur dengan air putih sebagai cara menjaga kesehatan gigi.

LINDUNGI KESEHATAN ANDA SEKARANG: DENGAN ASURANSI KESEHATAN TERBAIK DI SINI

Tidur awal

Sebagian besar insomnia dikarenakan tidur terlalu cepat, ucap dokter spesialis tidur, Michael Breus, PhD, di situs www.rd.com (Oktober 2014). Tidur terlalu cepat dapat mengganggu sinyal sistem kerja tubuh hingga membuat tubuh merasa bahwa Anda perlu lebih banyak tidur. Jika Anda kesulitan tidur, berikut adalah cara menjaga kesehatan untuk menemukan waktu tidur ideal Anda: mulailah dengan menetapkan jam berapa Anda akan bangun, kemudian hitung mundur tujuh setengah jam.

 

Olahraga setiap hari

Cara menjaga kesehatan dengan berolahraga memang baik jika tidak dilakukan setiap hari. Tidak istirahat dari olahraga sehari-hari berisiko membuat Anda mengalami cedera. Keri Peterson, dokter ahli penyakit dalam menyarankan agar tidak pernah mengulangi olahraga yang sama dua hari berturut-turut. Jadi jika Anda jogging di treadmill hari ini, lakukan yoga pada hari esok.

 

Beberapa kebiasaan yang Anda kira sehat ternyata justru tidak menyehatkan. Bagi komentar Anda melalui situs facebook atau twitter di bawah ini.

 

Leave a Reply