Apasih Penyebab dari Penyakit Gejala Tipes?

Health

Gejala tipes merupakan penyakit yang membahayakan jika tidak segara diobati. Sebab, jika telat sedikit maka akan berakibat fatal untuk kesehatan Anda. Lalu, apa saja penyebab dari gejala tipes? Bagaimana cara mencegahnya?

Tipes atau yang sering disebut demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman tidak higienis (akibat jajan sembarangan). Ditambah dengan daya tahan tubuh yang menurun. Semakin cepat virus itu masuk ke dalam tubuh. Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Jangan heran jika penyakit ini bisa saja menular melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Penyakit ini sering sekali diderita oleh orang Indonesia, baik dewasa maupun anak-anak. Anda mungkin salah satu orang yang pernah mengalaminya.

Bakteri Salmonella Typhi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama bakteri yang satu ini. Salmonella Typhi dalah salah satu bakteri Gram Negatif yang menyebabkan demam tifoid atau tipes. Bagaimana bakteri ini bisa menyebabkan tipes? Setelah Anda menelan bakteri Salmonella Typhi yang terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, bakteri kemudian masuk ke dalam aliran darah Anda. Lalu bakteri dibawa oleh sel darah putih ke hati, limpa, dan sumsum tulang. Selanjutnya, bakteri ini berkembang biak pada organ tersebut dan masuk kembali ke aliran darah yang menyebabkan gejala demam. Demam ini merupakan respons tubuh saat tahu bahwa ada benda asing masuk ke dalam tubuh dan membahayakan dan demam jugalah yang menjadi gejala tipes awal yang dirasakan. Jika gejala tipes ini tidak langsung diobati, bakteri tersebut akan masuk ke dalam kantong empedu, saluran empedu, dan jaringan limfatik usus. Di bagian inilah yang akhirnya bakteri tersebut berkembang biak dalam jumlah banyak yang menyebabkan penyakit ini semakin membahayakan.

Baca juga: Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Tidak kambuh lagi

Gejala Umum Penyakit Tipes

sakit tipes

Jika, Anda merasakan gelaja tipes di bawah ini, segara diobati agar bakteri tersebut tidak berkembang biak di dalam tubuh Anda. – Demam merupakan gejala pertama yang dirasakan dan dapat meningkat secara bertahap tiap hari di minggu pertama. Biasanya Anda akan merasakan demam tinggi disertai menggigil pada malam hari. – Selain demam, Anda juga akan merasakan semua otot yang ada di dalam tubuh terasa sakit. – Gejala tipes juga disertai dengan sakit kepala yang cukup kuat. – Merasa sakit atau tidak enak. – Kelelahan dan lemas. – Berkeringat dingin. – Penurunan berat badan. – Sakit perut. – Kehilangan nafsu makan.

Perbedaan Tipes dan Gejalanye

Secara umum, tipes dan gejala tipes merupakan pada yang penyakit sama. Sama-sama disebabkan oleh bakteri S. typhi. Namun, ketika Anda memeriksakan keluhan ini ke dokter, lebih sering dokter menyebutnya bahwa penyakit yang Anda rasakan adalah gejala tipes. Hal ini karena memang yang Anda rasakan merupakan gejala-gejala dari tipes. Namun, ketika Anda sudah diagnosa penyakit gejala tipes, dokter akan melakukan beberapa tes lebih lajut untuk mengetahui apakah penyakit ini sudah meningkat menjadi tipes. Untuk mengatakan bahwa Anda sedang sakit tipes, dokter perlu mendiagnosis Anda lebih lanjut dengan cara melakukan tes pada darah, feses, urine, atau sampel sumsum tulang.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Perbedaan Tipes dan Tifus

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang mengira bahwa tipes dan tifus merupakan penyakit yang sama hanya saja pengucapan dan tulisanya saja yang berbeda. Namun, nyatanya tipes dan tifus merupakan dua penyakit yang berbeda. Tipes atau demam tifoid disebabkan karena terinfeksinya bakteri Salmonella Typhi pada usus, sedangkan, tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia Typhi atau R. Prowazekii yang dibawa oleh ektoparasit (kutu atau tungau pada tikus) yang berdampak infeksi pada manusia. Untuk gejala awal, memang kedua penyakit ini sama-sama merasakan demam tinggi, dilanjut merasakan sakit perut, sakit punggung, batuk kering, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, serta muntah.

Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes

Biasanya dokter menganjurkan pasien yang menderita penyakit gejala tipes untuk dirawat secara intensif di rumah sakit. Namun, kembali lagi setiap pasien membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Anda yang dibolehkan rawat jalan dan juga diharuskan menginap di rumah sakit. Hal itu tergantung dari tingkat keparahan penyakit yang diderita. Memberikan antibiotik diperlukan sebagai pengobatan penyakit gejala tipes. Antibiotik ini dipercaya mampu membunuh bakteri Salmonella Typhi dalam tubuh. Namun, jangan sembarang memberikan antibiotik ke dalam tubuh tanpa anjuran dari dokter. Jika hal ini Anda lakukan secara sembarang, tentu bisa membahayakan diri Anda sendiri. Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk beristirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan penuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Sebab, ketika proses pengobatan sedang berlangsung, tubuh Anda sedang melawan bakteri sehingga membutuhkan banyak energi.

Cara Mencegah Tipes

Gejala tipes merupakan penyakit yang sangat menyiksa dan jika didiamkan tanpa ada pengobatan tentu bisa berakibat fatal. Namun, daripada Anda harus terus menerus mengobati, lebih baik Anda mencegah agar bakteri tersebut tidak bersarang di dalam tubuh. Salah satu faktor yang menyebabkan Anda menderita penyakit gejala tipes karena tidak bisa menjaga kebersihan, terutama saat makan. Mulai saat ini, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan dari makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan higienis. Selain menjaga kebersihan makanan, berikut ini beberapa tip lain yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit gejala tipes. – Pastikan sebelum makan tangan dalam keadaan bersih. – Hindari membeli makanan atau minuman di pinggir jalan. Ada baiknya Anda membawa makanan dari rumah yang sudah dipastikan kebersihannya. – Jika ingin makan di luar, pilih-pilih tempat makan yang terjamin kebersihannya.

Comments are closed.