Seberapa Penting Asuransi Penyakit Chikungunya untuk Daerah Tropis?

Health

Sebagai salah satu penyakit tropis, chikungunya termasuk penyakit yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, lindungi Anda dan keluarga dengan asuransi penyakit chikungunya sebagai penyelamat finansial jika terjadi risiko buruk yang tidak diinginkan.

Menurut WHO atau World Health Organization, penyakit chikungunya itu paling banyak menyebar di daerah yang panas, seperti Afrika. Namun, Asia pun menjadi salah satu tempat rawan munculnya penyakit ini. Hal ini disebabkan adanya kesamaan, yaitu memiliki iklim tropis.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat di Indonesia perlu waspada. Sebab, chikungunya bukan penyakit baru di Indonesia dan tergolong penyakit yang cukup berbahaya.

Pasalnya, menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sepanjang 2017 silam, sudah ada 126 pasien yang terserang penyakit ini. Meksipun tergolong kecil, tetapi jika dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, perlu sekali perlindungan untuk berbagai penyakit tropis yang bisa menyerang Anda kapan saja, salah satunya chikungunya.

Baca juga: Mengapa Penyakit Demam Berdarah Sangat Berbahaya?

Melihat penyakit ini menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat Indonesia, Futuready telah menghadirkan produk asuransi penyakit chikungunya yang akan melindungi finansial Anda akibat penyakit ini.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi penyakit chikungunya, seperti uang pertanggungan sebesar Rp1 juta per polis, mengajak semua anggota keluarga menjadi tertanggung, dan beberapa manfaat lainnya.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai penyakit chikungunya, berikut ini fakta penting yang wajib Anda ketahui.

Fakta Menarik Penyakit Chikungunya

Fakta Menarik Penyakit Cikungunya

Disebabkan Gigitan Nyamuk

Tahukah Anda bahwa penyakit chikungunya itu berasal dari gigitan nyamuk? Namanya adalah nyamuk Aedes Aegypti. Ya, jenis nyamuk yang sama dengan penyebab penyakit demam berdarah atau DBD.

Membedakan nyamuk biasa dengan nyamuk Aedes Aegypti tidaklah sulit. Ukurannya sangat kecil dan warnanya belang hitam putih. Biasanya, nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari. Tidak seperti nyamuk biasa yang menggigit di malam hari.

Tidak Menular

Penyakit chikungunya terbukti bukan penyakit menular. Namun, dikarenakan bukan penyakit menular, banyak orang yang tidak menganggapnya berbahaya. Masyarakat sudah terlanjur percaya bahwa penyakit yang berbahaya itu penyakit yang menular. Padahal, penyakit tidak menular seperti chikungunya pun tak kalah berbahaya.

Bayi Lebih Berisiko

Ini yang harus Anda pahami. Apalagi jika Anda memiliki bayi di rumah. Faktanya, penyakit chikungunya lebih mudah menyerang bayi, lho. Terutama bayi yang baru berusia beberapa hari.

Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh bayi belum kuat. Akibatnya, satu gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti bisa membuat bayi demam tinggi.

penyakit cikungunya

Gejalanya Mirip dengan DBD

Karena berasal dari nyamuk yang sama, DBD dan chikungunya dianggap mirip. Gejalanya pun hampir sama. Hal inilah yang membuat orang sulit untuk membedakan antara demam berdarah dengan chikungunya.

Bisa Sembuh Sendiri

Tidak ada obat yang ampuh untuk mengobati chikungunya. Karena faktanya ini termasuk ke dalam kategori self-limiting disease. Artinya, penyakit yang bisa sembuh dengan sendiri.

Namun, bukan berarti perawatan dan pengobatan tidak diperlukan. Karena gejalanya yang begitu berbahaya, maka perawatan dokter khusus tetap diperlukan.

Bisa Sembuh Sendiri Bukan Berarti Tidak Berbahaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, chikungunya merupakan self-limiting diseases. Namun, jangan menganggap bahwa ini penyakit yang tidak perlu perawatan.

Perawatan sangat diperlukan. Banyak pasien yang harus dirawat berhari-hari di rumah sakit. Kenapa? Karena ada risiko berbahaya yang bisa terjadi. Di antaranya sebagai berikut.

Baca juga: Penyakit di Musim Pancaroba yang Patut Diwaspadai!

Menyebabkan Lumpuh

Siapa sangka jika gigitan nyamuk bisa menyebabkan kelumpuhan. Hal ini disebabkan virus ini menyerang otot persendian. Jika tidak langsung ditindaklanjuti, maka seorang pasien chikungunya bisa mengalami lumpuh.

Akan tetapi, dokter sebenarnya tidak menganggap ini lumpuh. Dokter mengatakan ini adalah lumpuk sementara. Ketika virus mampu dibasmi, maka otot persendian akan kembali normal dan bisa bergerak kembali.

Hal inilah yang sebenarnya paling ditakuti. Padahal, kelumpuhan bisa bertahan lama atau sebentar tergantung imun tubuh Anda bisa mengalahkan virus tersebut.

Kesakitan Hingga Bertahun-tahun

Selain lumpuh sementara, ada juga pasien yang mengalami nyeri luar biasa dan itu bisa dirasakan hingga bertahun-tahun.

Ini memang gejala yang ringan. Namun, bayangkan jika Anda bertahun-tahun merasakan nyeri. Pasti akan membuat Anda kurang nyaman dalam melakukan kegiatan. Oleh karena itu, harus dipastikan Anda telah melakukan perawatan yang maksimal.

waspada penyakit cikungunya

Terjadi Komplikasi

Chikunguya bisa menyebabkan komplikasi terhadap penyakit lain yang akan membuat kekebalan tubuh kewalahan. Hingga akhirnya para peneliti kesehatan mengatakan sering kali pasien chikungunya semakin parah ketika ada komplikasi. Misalnya saja radang pada mata, peradangan otot jantung, radang hati, gangguan sistem saraf, dan masih banyak lagi.

Pengobatan yang Dibutuhkan

Menjaga sistem imun tubuh tetap prima menajdi pengobatan terampuh untuk menyebuhkan penyakit chikungunya. Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Contohnya, orang tua dengan kondisi kekebalan tubuh yang sudah lemah, biasanya butuh pengobatan yang ekstra. Ia harus berada di rumah sakit dalam kurun waktu yang cukup lama.

Apalagi jika ada indikasi komplikasi yang bisa saja terjadi. Pengobatan untuk chikungunya harus dipadukan dengan pengobatan lainnya. Tujuannya agar komplikasi tidak memperparah kondisi kesehatan pasien.

Baca juga: Virus Zika, Penyebab dan Cara mencegahnya

Hal inilah yang sering membuat biaya pengobatan pasien chkungunya cukup mahal. Oleh karena itu, peran asuransi penyakit chkungunya sangatlah diperlukan. Untuk menjaga dan mengatasi masalah finansial Anda jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Comments are closed.