Ayo Mulai Bersepeda Sehat Sekarang Juga!

Health

Dari hobi bersepeda banyak sekali manfaat kesehatan yang didapat, apalagi kalau Anda melakukannya dengan langkah bersepeda sehat yang baik!

Bersepeda merupakan kegiatan olahraga menyenangkan dan menyehatkan. Jadi ketika rasa senang itu muncul saat mengayuh sepeda dengan menggerakan badan, sangat bermanfaat juga untuk kebugaran tubuh dan kesehatan. Menurut sebuah studi, bersepeda 30 menit per hari itu cukup untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

Anda yang hobi bersepeda, maksimalkan manfaatnya dengan 5 tips ini!

Sepeda Ideal

Kalau Anda sudah punya sepeda andalan mungkin info ini Anda bisa tinggal menyesuaikan beberapa halnya. Namun, bila Anda baru berniat untuk memiliki sepeda sebelum membeli sepeda pastikan dulu kerangka sepedanya sudah tepat belum untuk tubuh Anda. Pertama, pastikan Anda bisa menaiki sepeda dengan kaki menapak ke tanah, jangan sampai jinjit.

Agar Anda tidak bingung memilih sepeda, perhatikan beberapa poin berikut:

  1. Sepeda Umum: Minimal harus ada jarak 2,5-5cm antara pangkal paha dengan kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan setang dan jok.
  2. Sepeda Gunung: Minimal ada jarak 5cm antara pangkal paha dengan kerangka bagian atas.

Jadi idealnya adalah ketika pedal berada di dalam titik terendah dalam rotasi, posisi kaki Anda sedikit menekuk, dengan menekuk siku sedikit saja maka jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dengan setang.

Dengan begitu Anda akan bisa menyesuaikan gaya bersepeda apa yang ingin dipilih, baik itu fixed gear atau jenis sepeda lainnya. Sebaiknya, Anda menggunakan sepeda dengan kerangka sepeda yang cocok.

Baca Juga: Kumpulkan Dana, Pria Ini Keliling Dunia Pakai Sepeda

Irama Kayuhan

Setiap mengayuh pedal sepeda sesuaikan iramanya dari setiap kayuhan, idealnya bisa berkisar dari 60-80 putaran per menit (rpm), dengan irama kayuhan yang baik tentunya juga akan menyehatkan dan menguatkan otot-otot kaki Anda.

Demi meningkatkan kecepatan dan kekuatan kayuhan sepeda. Bisa dilakukan dengan mendorong dan menarik pedal antara kaki kanan dan kiri secara perlahan, ini akan menjadikan kaki Anda lebih ramping.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anda

Posisi Tubuh

Saat bersepeda, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga posisi tubuh lebih stabil. Anda bisa sesekali membuat variasi posisi tubuh saat bersepeda agar titik berat pada otot dan saraf tidak terpusat di satu area tertentu saja. Anda bisa melakukan dengan mengubah sudut lengan, punggung dan leher. Dengan membuatnya lebih santai dan tidak kaku akan lebih mudah saat melalui jalanan yang tidak rata. Bila sepeda Anda ada lengkungan di setangnya, sebaiknya hindari untuk berpegangannya dalam waktu yang lama, dampaknya bisa membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Berolahraga

Bersepeda Sehat Menurunkan Berat Badan

Bila Anda yang mempunyai masalah dengan kelebihan berat badan, bisa memulai bersepeda secara rutin. Setiap harinya bisa bersepeda sebaiknya 30 menit perhari, jadi jika dihitung selama seminggu Anda bisa menghabiskan 2-3jam seminggu untuk membantu mencegah kenaikan berat badan.

Untuk meraih hasil pengurangan berat badan dengan maksimal, Anda bisa melakukannya dengan rute yang level medannya sulit, seperti jalan menanjak sangat cocok untuk latihan ini. Akan terasa menyenangkan bila Anda bersepeda secara berkelompok bersama teman-teman atau bisa juga dengan komunitas sepeda. Dengan begitu akan membuat jarak yang jauh dan rute sulit pun terasa lebih mudah, hal ini tentunya saja menambah semangat untuk bersepeda dengan baik dan sehat.

Baca Juga: 10 Tip Sehat Wajib Tahu Selain Dengan Diet Atau Olahraga

Mengolah Otot

Rute yang menanjak pastinya Anda akan susah sehingga diperlukan tenaga ekstra untuk mengayuhnya. Di sini akan terjadi asam laktat yang menumpuk di otot hal ini akan merangsang akan timbulnya nyeri otot. Jadi asam laktat itu sendiri terjadi dari hasil metabolisme karbohidrat yang diproduksi sel otot.

Untuk itu untuk mencegah dari nyeri otot, diusahakan tetap mengayuh sepeda ketika sehabis menanjak ada jalanan menurun. Jadi dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, hal ini bisa menghilangkan asam laktat penyebab nyeri otot.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat Bersama Komunitas

Bersepeda dengan baik dan sehat secara konsisten minimal dua kali dalam seminggu, ini bisa menjadi cara terbaik untuk membangun kesehatan dan kebugaran jantung. Melalui olahraga bersepeda ini, bisa Anda rasakan manfaatnya. Badan yang sehat tentunya akan menjadi impian semua orang, dan akan lebih nyaman lagi kalau Anda juga sudah melidunginya dengan asuransi kesehatan.

Baca Juga: Faktor Penting Saat Membandingkan Asuransi Kesehatan

bersepeda sehat

Leave a Reply