Beda Olahraga, Beda Pula Jenis Sepedanya!

Health

Sekarang ini, cabang olahraga sepeda tak hanya sekadar balap saja. Maka dari itu, sepeda yang digunakan untuk tiap jenis olahraga juga berbeda. Yuk, cari tahu jenis-jenis sepeda olahraga yang populer hingga saat ini!

Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian setiap orang, pasti Anda salah satunya. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu hal yang harus dilakukan adalah olahraga. Dari sekian banyak jenis olahraga, bersepeda adalah salah satu jenis yang memiliki banyak penggemar, bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak dan menjamurnya komunitas sepeda di berbagai daerah, baik di kota besar maupun kecil. Bahkan, di setiap ajang olahraga di tingkat apa pun, balap sepeda menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak ditonton oleh setiap orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Olahraga yang Cocok dan Baik untuk Orang Lanjut Usia

Nah, bagi orang yang tidak mengetahui secara mendalam seputar sepeda, yang terbayang di dalam kepala adalah semua sepeda sama saja. Jadi, dengan kata lain, satu sepeda bisa digunakan untuk berbagai cabang olahraga. Namun, nyatanya hal tersebut salah besar.

Olahraga sepeda memiliki banyak cabang, mulai dari indoor hingga freestyle. Setiap cabang olahraga sepeda ini pastinya membutuhkan spesifikasi sepeda yang berbeda pula. Misalnya, tak mungkin sepeda BMX digunakan untuk cabang olahraga sepeda track melingkar.

Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan dan tak lagi keliru, mari kita gali lebih dalam seputar jenis-jenis sepeda untuk olahraga di bawah ini!

Track Bicycle

Jika Anda pernah melihat balap sepeda indoor atau di Velodrome, sepeda inilah yang digunakan oleh para atlet. Track bicycle memang dirancang sedemikian rupa agar dapat melaju optimal di Velodrome.

Berbeda dengan sepeda pada umumnya, sepeda satu ini hanya memiliki satu rasio roda gigi dan tidak memiliki freewheel atau rem. Makanya, kita tak pernah melihat atlet balap sepeda di Velodrome yang melakukan perpindahan gigi atau pengereman saat melaju.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Jenis Sepeda Cabor Freestyle Cycle: Freestyle BMX

Freestyle BMX adalah sepeda yang digunakan untuk cabang olahraga freestyle cycle. Sepeda jenis ini memiliki rangka yang cukup ringan dan rotor pada setang sepeda yang membuat setang dapat berputar 360 derajat untuk menciptakan gaya yang maksimal.

Jadi, alih-alih mengandalkan akselerasi, sepeda Freestyle BMX cenderung mengandalkan durabilitas dan fleksibilitas.

Racing BMX

Berbeda dengan Freestyle BMX, Racing BMX adalah jenis sepeda tipe BMX yang digunakan untuk balapan. Jadi, tak hanya mengandalkan durabilitas, Racing BMX juga harus dilengkapi dengan ban yang cocok untuk track off-road dan juga akselerasi tinggi saat dikendarai.

Jenis Sepeda Atlet Balap Gunung: Downhill Bicycle

Sepeda jenis ini digunakan oleh para atlet balap sepeda gunung. Spesifikasi Downhill Bicycle atau lazim disebut Mountain Bike ini bisa dibilang lengkap. Rangkanya dibuat seringan mungkin tanpa mengesampingkan durabilitas, lalu disematkan shock breaker atau per yang berguna untuk meminimalisir guncangan yang dirasakan oleh pembalap saat harus menuruni lereng gunung.

Jadi, tak heran jika Downhill Bicycle terlihat sangat gagah namun ringan saat dikendarai.

Artistic Bicycle

Artistic Bicycle adalah sepeda yang digunakan untuk olahraga sepeda gaya artistik. Serupa dengan Freestyle BMX, sepeda ini dirancang dengan rangka yang ringan dan menggunakan rotor pada setangnya. Perbedaan mencolok yang terlihat pada Artistic Bicycle adalah rangkanya yang terlihat seperti sepeda lawas.

Dengan spesifikasi tersebut, sepeda satu ini dapat digunakan oleh para atlet untuk melakukan gerakan serupa balet atau senam. Unik, kan?

 

Terlihat jelas sekarang bahwa setiap cabang olahraga sepeda memiliki jenis-jenis sepeda yang berbeda pula. Dari berbagai jenis sepeda yang disebutkan di atas, mana yang paling Anda suka dan sesuai dengan jenis olahraga sepeda yang Anda geluti?

Comments are closed.