Begini 5 Cara Ampuh Mengobati Luka Bakar

Health

Luka bakar bisa terjadi pada siapa pun dan dalam kondisi apa pun. Namun, wanitalah yang menjadi lebih rentan mengalami penyakit ini karena ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan api.

Secara umum, luka bakar bukan termasuk penyakit yang membahayakan. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengobatinya agar luka tersebut cepat hilang dan tubuh yang terkena luka tersebut bisa kembali berfungsi. Definisi luka bakar adalah kerusakan pada kulit di bagian tubuh manusia. Luka bakar ini sering disebabkan oleh panas atau beberapa akibat lainnya, seperti kulit memerah, mengelupas, melepuh, hangus, pembengkakan, atau kerusakan kulit lainnya yang dapat menyebabkan sel kulit mati.

Luka bakar memiliki berbaga tingkatan, pertama rusaknya lapisan luar kulit yang menyebabkan kemerahan, tetapi kulit tidak melepuh. Kedua, merusak lapisan luas yang menyebabkan lecet dan beberapa penebalan kulit. Ketiga, kerusakan atau merusak lapisan terdalam kulit dan jaringan di bawahnya sehingga menyebabkan lapisan putih yang luas dan lapisan tebal kulit mati. Selain yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira apa saja penyebab lain terjadinya luka bakar? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Apasih Penyebab dari Penyakit Gejala Tipes?

Gejala Luka Bakar

Mungkin Anda sering melihat atau mengalami luka bakar yang tidak jelas dari mana usulnya. Padahal, ada beberapa gejala luka yang mungkin sebelumnya tidak Anda rasakan sebagai berikut ini:

  1. Rasa sakit.
  2. Kulit kemerahan.
  3. Lecet.
  4. Kulit mengupas.
  5. Pembengkakan.
  6. Kulit pucat atau terbakar.

Penyebab Luka Bakar

Berikut ini beberapa penyebab luka bakar yang bisa terjadi oleh siapa pun dan di mana pun:

  1. Suhu panas yang biasanya disebabkan oleh api, uap, cairan, atau benda yang panas.
  2. Listrik yang bisa disebabkan karena terkena arus listrik ataupun petir.
  3. Suhu dingin, umumnya muncul karena kulit terkena air, angin atau kondisi dingin.
  4. Sinar matahari dalam kondisi yang disebabkan karena paparan terhadap sinar matahari. Beberapa alat untuk menggelapkan warna kulit juga bisa mengakibatkan luka bakar.
  5. Gesekan disebabkan oleh gesekan kulit dengan permukaan keras dan kasar seperti jalan raya atau karpet.
  6. Kimia biasanya disebabkan karena bersentuhan dengan bahan kimia rumah tangga maupun industri.
  7. Radiasi yang disebabkan oleh peralatan seperti X-ray dan terapi radiasi untuk penderita kanker juga bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit.
  8. Selain menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit, luka bakar juga bisa melukai bagian tubuh lainnya, seperti otot, pembuluh darah, saraf, paru-paru, dan mata.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Asuransi Penyakit Kritis?

Cara Mengobati Luka Bakar

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangani atau mengobati luka ini sebagai pertolongan pertama. Berikut ini ulasan penjabaran selengkapnya.

Langkah Pertama

Pertama yang harus dilakukan adalah mendinginkan luka yang terjadi dengan air biasa kira-kira selama 20-30 menit. Pastikan tidak memakai es, air es, krim, atau bahan yang berminyak untuk mendinginkan luka bakar. Hal ini dikarenakan es atau pun air es yang bersentuhan secara langsung dengan luka bisa membuat luka semakin parah.

Langkah Kedua

Singkirkan pakaian, aksesori, ataupun barang-barang yang menutupi kulit yang terbakar. Jika pakaian atau pun aksesori yang ada sudah menempel pada kulit yang terbakar, usahakan untuk tidak mengangkatnya karena bisa menyebabkan luka tersebut menjadi parah.

Langkah Ketiga

Usahakan untuk mendudukkan penderita luka bakar dalam posisi tegak jika wajah atau matanya yang mengalami luka bakar. Sebab posisi duduk tegak akan mengurangi risiko terjadinya pembengkakan.

Langkah Keempat

Pastikan orang yang mengalami luka bakar tetap merasa hangat. Bisa menggunakan selimut untuk menutupi tubuhnya, tapi jangan sampai menggores bagian kulit yang mengalami luka bakar. Luka bakar bisa ditutupi dengan plastik atau perban steril.

Langkah Kelima

Penderita disarankan untuk minum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen jika sakit mengganggu atau sudah tidak bisa ditahan lagi. Bacalah petunjuk dan peringatan yang terkandung di bungkus obat sebelum mulai mengonsumsinya.

Selain orang dewasa, rupanya luka bakar juga bisa terjadi pada anak kecil atau bayi sekalipun. Hal ini disebabkan akibat kelalaian mereka dalam bermain. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, berikut ini beberapa mudah agar anak terhidar dari luka bakar.

  1. Jauhkan anak dari area dapur karena area tersebut banyak peralatan atau bahan yang bisa menimbulkan luka bakar. Usahakan untuk mengajarinya agar tidak bermain di area tersebut.
  2. Ketika sedang menyetrika baju, usahakan di tempat yang sulit terjangkau oleh anak, seperti di atas meja yang cukup tinggi atau yang jauh dari tempat anak bermain.
  3. Periksa suhu air yang akan dipakai untuk mandi bayi Anda. Gunakan siku Anda untuk memeriksa kehangatan air.
  4. Simpan korek api atau peralatan yang dapat menghasilkan api jauh dari jangkauan dan penglihatan anak-anak.
  5. Jauhkan minuman panas dari anak kecil.
  6. Ajari anak untuk tidak dekat-dekat dengan knalpot kendaraan yang panas atau kendaraan yang baru dipakai.
  7. Berikan pengertian tentang peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang bisa menyebabkan luka bakar pada anak Anda. Terutama perlengkapan yang menggunakan arus listrik.

Penanganan luka bakar sebenarnya bisa diatasi di rumah tanpa harus dibawa ke dokter. Akan tetapi jika luka tersebut dalam kondisi yang tidak parah. Namun, jika kondisi luka terlihat sangat parah dan penderita merasakan sangat kesakitan, sebaiknya langsung dibawa ke dokter agar mendapatkan tindakan yang lebih tepat.

Itulah penjelasan mengenai luka bakar, dari penjelasan, gejala, penyebab, hingga cara-cara ampuh yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama pada penderita luka tersebut. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi hal tersebut, Anda sudah mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar luka tersebut bisa terobati dengan cepat.

Comments are closed.