7 Kiat Menghemat Biaya Berobat yang Patut Anda Coba

Asuransi KesehatanHealth

Menghemat biaya berobat dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah memilih proteksi kesehatan yang tepat dengan menawarkan manfaat sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

Tahukah Anda bahwa biaya kesehatan di Indonesia selalu meningkat hampir 15% pertahun? Beberapa penyakit kronis seperti jantung, pneunomia, dan TBC berada diurutan teratas pada daftar penyakit berbiaya mahal. Kenaikan biaya berobat ini seringkali lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Jika tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, bukan tidak mungkin banyak keluarga tak tersentuh oleh fasilitas kesehatan yang maksimal. Beruntung sekali masyarakat sadar akan mahalnya biaya medis yang bahkan selalu meningkat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyadari akan pentingnya asuransi kesehatan untuk penyakit kritis, sebagai pelindung finansial jika harus berobat atau rawat inap akibat penyakit kritis yang dialami.

Baca juga: Kapulaga dan Manfaatnya bagi Kesehatan

7 Kiat Menghemat Biaya Berobat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa biaya untuk berobat sangatlah mahal, tapi ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mennghemat biaya pengobatan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya pengobatan.

Pilih Paket Asuransi Kesehatan yang Tepat

Asuransi kesehatan sangat penting untuk menjaga agar biaya perawatan kesehatan tetap terjamin. Namun, seiring dengan banyaknya tawaran yang datang seringkali membuat kita bingung memilih. Cara mudah memilih proteksi yang tepat adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini;

  • Biaya premi terjangkau.
  • Manfaat perlindungan sesuai kebutuhan.
  • Jaringan atau rekanan rumah sakit yang luas.
  • Pilih paket perlindungan keluarga.

Jika Anda bingung untuk mendapatkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, jangan panik. Anda bisa mencarinya di Futuready. Ada banyak produk asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih dan bandingkan sendiri. Pastikan produk yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda ya.

Simpan Daftar Klinik Kesehatan Berbiaya Rendah atau Gratis

tip Menghemat Biaya Berobat

Jika Anda tidak memiliki proteksi kesehatan dan harus mengeluarkan biaya pengobatan sendiri, memiliki klinik kesehatan dengan berbiaya rendah bisa menjadi pilihan. Apalagi jika Anda mengalami sakit yang tidak begitu parah. Rata-rata puskesmas di Indonesia khususnya di kota besar sudah memiliki perlengkapan medis lengkap bahkan gedungnya hampir menyerupai rumah sakit dengan biaya pemeriksaan kesehatannya sangat terjangkau dan bahkan seringkali gratis.

Kualitas puskesmas atau klinik gratis sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Namun, jangan meremehkan sebuah fasilitas kesehatan. Sebab sudah terbukti banyak puskesmas dan klinik gratis yang menjaga kebersihan, sangat terawat dengan baik, dan dikelola cukup baik oleh orang-orang yang benar-benar ingin membantu.

Klinik gratis adalah tempat yang tepat untuk memeriksa masalah yang relatif kecil tanpa biaya sehingga Anda dapat menerima perawatan sederhana atau dibantu dalam mengambil keputusan untuk menerima perawatan khusus untuk masalah Anda.

Baca juga: Tangani Penyakit Serius dengan Pengobatan Rawat Jalan

Menerapkan Gaya Hidup Sehat dan Konsumsi Gizi Seimbang

Menerapkan pola hidup yang sehat menjadi salah satu cara efektif meringankan beban biaya berobat. Sebab memiliki tubuh yang prima maka kemungkinan Anda terserang berbagai penyakit cukup kecil. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat menjadi langkah awal menciptakan hidup yang lebih sehat.

Jagalah keseharian Anda agar tetap aktif dan menghindari perilaku berisiko, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Kurangi konsumsi suplemen dan obat-obatan tanpa resep dokter karena keduanya dapat memberikan efek negatif ketika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tubuh manusia tidak memerlukan terlalu banyak vitamin dan mineral, terutama ketika dalam kondisi sehat. Multivitamin hanya diperuntukkan bagi pasien dalam masa penyembuhan dan harus dengan resep dokter. Ingat, uang yang dihabiskan untuk membeli suplemen dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lain.

Hentikan Ketergantungan Obat

cara menghemat biaya berobat

Untuk tip ini sangat disarankan bagi Anda yang tengah berada dalam fase penyembuhan. Seringkali Anda mengonsumsi resep dokter dalam jangka panjang yang sebenarnya menyebabkan implikasi negatif dikemudian hari. Cobalah konsultasi dengan dokter pribadi Anda mengenai alternatif lain sehingga ketergantungan akan obat dapat dihentikan.

Jauh lebih murah dan lebih baik jika mengganti pengobatan kimia dengan metode penyembuhan lain yang tidak menyebabkan efek samping berat. Namun, tetap lakukan ini dengan bantuan ahli, sebab dosis yang salah hanya akan memperburuk kondisi dan justru membuat biaya berobat Anda membengkak. Berolahraga setiap hari secara rutin dan makan makanan yang lebih sehat tentu jadi pilihan lebih baik dibanging mengonsumsi resep obat.

Kunjungi Situs Web Produsen Obat

Jika Anda menggunakan obat bermerek secara teratur, periksa situs web pembuat obat untuk melihat apakah mereka menawarkan kupon atau kartu diskon. Pasalnya kini sudah banyak produsen obat yang membuka pemesanan secara pribadi langsung dari website mereka dan tentu dengan banderol lebih murah dibanding Anda beli di apotek. Biasanya beberapa perusahaan asuransi juga bekerjasama dengan produsen obat, sehingga Anda bisa mendapatkan obat yang dibutuhkan secara gratis.

Pelajari Pengobatan Dasar untuk Berbagai Keluhan Ringan

cara tepat menghemat biaya berobat

Jika Anda mengalami keluhan ringan, seperti demam atau flu, jangan takut untuk mencoba perawatan non-medis terlebih dahulu. Apakah ada langkah yang dapat Anda ambil sendiri untuk mengatasi kondisi ini, baik dengan meminimalkan gejala atau menghilangkan akar penyebabnya? Penyakit yang berbeda dapat ditangani dengan solusi yang berbeda. Jangan mengandalkan solusi farmasi terlebih dahulu, tapi cobalah metode lain dan lihat apa manfaatnya. Carilah diberbagai portal kesehatan mengenai penanganan pertama ketika tubuh merasakan demam atau gejala flu melanda.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui lebih dini masalah kesehatan yang mendera. Bagi ibu hamil jangan ragu untuk menerima perawatan pranatal selama masa kehamilan untuk memastikan Anda dan bayi Anda sehat. Pemeriksaan rutin akan mengurangi resiko masalah kesehatan yang lebih besar yang bisa menyedot biaya berobat Anda dan keluarga dimasa depan. Manfaatkan kartu keanggotaan yang ditawarkan rumah sakit, sebab mereka sering memberikan diskon khusus untuk para member yang tentunya dapat menekan pengeluaran biaya medis Anda.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Itulah 7 cara yang dapat Anda praktikan untuk menghemat biaya berobat Anda dan keluarga. Selalu terapkan gaya hidup sehat dan selalu siapkan dana darurat agar Anda dan keluarga selalu mendapatkan penanganan medis maksimal.

Comments are closed.