Manfaat dan Biaya Medical Check Up di Rumah Sakit

Asuransi KesehatanHealth

Biaya medical check up setiap rumah sakit pasti berbeda. Umumnya berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis pemeriksaan yang dipilih dan riwayat kesehatan pasien sendiri

Dulu masyarakat mengunjungi dokter jika mereka sakit. Namun, kini hal tersebut berubah. Banyaknya pengetahuan mendalam akan pentingnya kesehatan, pemeriksaan rutin atau sering disebut medical check up sudah menjadi sebuah kebutuhan, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan padat dengan risiko paparan penyakit yang tinggi.

Medical check up bisa dilakukan setiap tiga, enam, hingga 12 bulan sekali, tergantung kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting karena dapat membantu mengidentifikasi suatu potensi penyakit pada tahap awal.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Tes Kesehatan Dilakukan?

Dalam kasus-kasus kritis seperti kanker misalnya, diagnosis dini dapat membantu meningkatkan kelangsungan hidup pasien.  Karena pencegahan ini begitu penting tidak heran jika biaya medical check up dibanderol dengan harga tinggi.

Melihat masalah ini, tidak heran jika asuransi kesehatan menjadi jalan keluar yang banyak dipilih masyarakat. Sebab, ada banyak manfaat dan juga jaminan atas biaya pengobatan baik itu rawat jalan dan juga rawat inap.

Biaya Medical Check Up

Kisaran Biaya Medical Check Up

Biaya medical chechk up setiap individu akan berbeda, tergantung jenis pemeriksaan yang dipilih dan kebijakan rumah sakit. Ada beberapa piiihan medical check up yang dapat Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan yakni:

Pemeriksaan Umum

Pemeriksaan tekanan darah dan kolesterol

Pemeriksaan riwayat kesehatan

Pemeriksaan indeks massa tubuh (BMI)

Pemeriksaan fisik

Penapisan preventif

Pemeriksaan Kanker (Sesuai Anjuran)

Kolorektal

Kulit

Payudara (wanita)

Serviks (wanita)

Testis dan Prostat (pria)

Pemutaran sensorik

Penglihatan

Pendengaran (hanya jika timbul gejala)

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Imunisasi

Tetanus, Diptheria (Tdap)

Influensa

Pneumokokus

MMR

Meningokokal

Varicella

Herpes zoster

Human papillomavirus (HPV)

Hepatitis A

Hepatitis B

Haemophilus Influenza Tipe B

Anda bisa memilih salah satu pemeriksaan yang dirasa dibutuhkan, atau bisa melakukan seluruh rangkaian tes yang ditawarkan rumah sakit, akan tetapi biaya tes untuk rangkain lengkap bisa sangat menguras kantong.

Di kota besar seperti Jakarta, rata-rata rumah sakit mematok biaya tes kesehatan mulai dari Rp100 ribu untuk pemeriksaan paling ringan. Selain biaya tes medical check up Anda juga harus kembali mengeluarkan kocek saat hasilnya keluar dan dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Sementara itu, meski medical check up berfungsi sebagai tindakan pencegahan untuk mengetahui risiko sebuah penyakit sejak dini. Pemeriksaan ini bukan tanpa efek samping. Penggunaan sinar infra merah pada alat rontgen diketahui dapat membuat tubuh terpapar radiasi. Karena itulah dianjurkan untuk tidak terlalu sering melakukan tes tersebut.

Menurut para pakar kesehatan, untuk orang dewasa rata-rata frekuensinya adalah lima tahun sekali untuk usia 18-40 tahun, dan 1-3 tahun sekali untuk usia di atas 40 tahun.

Manfaat Medical Check Up

Manfaat Medical Check Up

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika rutin melakukan pemeriksaan kesehatan diantaranya adalah:

Biaya Berobat Lebih Rendah

Jika Anda ingin menghemat biaya perawatan kesehatan, melakukan skrining kesehatan secara teratur bisa menjadi salah satu caranya. Pemeriksaan rutin ini memastikan Anda menghemat uang dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena pemeriksaan kesehatan rutin mengurangi risiko penyakit kesehatan potensial yang ternyata berbahaya. Pada kasus-kasus tertentu, juga dapat membantu mengurangi risiko menjalani operasi dan pengeluaran medis serius lainnya.

Tes Darah

Selama pemeriksaan kesehatan rutin, dokter mungkin juga meminta Anda melakukan tes darah. Ini dilakukan untuk menghilangkan risiko penyakit yang dapat muncul dalam darah Anda, termasuk kolesterol, diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, anemia, HIV / AIDS, serta penyakit arteri koroner. Tes darah juga membantu dokter untuk mengevaluasi fungsi berbagai organ tubuh seperti hati, ginjal, jantung dan tiroid.

Mengidentifikasi Penyakit Terkait Stres

Kita hidup di dunia yang bergerak sangat cepat dengan jadwal kerja dan gaya hidup yang sibuk. Kebiasaan ini dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh stres. Peningkatan stres dan kecemasan telah ditemukan berhubungan langsung dengan sejumlah penyakit yang menyerang fisik maupun psikologis.

Ini termasuk hipertensi, tekanan darah tinggi, penambahan berat badan, gangguan mental, Alzheimer, depresi, asma, dan bahkan masalah pencernaan. Pemeriksaan rutin dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan saran dan dukungan yang dibutuhkan dari dokter untuk membantu mencegah timbulnya penyakit akibat dari stres.

Mendetaksi Penyakit Kritis Sejak Dini

fungsi medical check up

Pemeriksaan kesehatan secara teratur membantu dokter mendiagnosis penyakit sebelum berkembang menjadi lebih serius. Medical check up biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, sejarah, dan pilihan gaya hidup individu. Dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining pencegahan untuk membantu mendeteksi risiko apapun kepada pasien sehingga dokter dapat mengidentifikasi penyakit di tingkat awal dan mempermudah penyembuhannya.

Meningkatkan Angka Harapan Hidup

Pencegahan penyakit kronis sejak dini terbukti dapat menyelamatkan banyak nyawa dan meningkatkan angka harapan hidup. Hal ini hanya dapat diraih ketika semua orang menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin agar para dokter lebih cepat mengambil tindakan atau solusi terkait keluhan kesehatan yang pasien alami.

Ketika Anda mengunjungi dokter secara teratur, mereka dapat mendeteksi kondisi kesehatan atau penyakit sejak dini. Deteksi dini memberi Anda peluang terbaik untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan cepat, serta menghindari komplikasi. Dengan mendapatkan layanan kesehatan, pemeriksaan, dan perawatan yang benar, Anda berpeluang menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Baca juga: Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Biaya untuk Anda melakukan tes kesehatan juga bisa membengkak jika sebelumnya pernah mengalami masalah kesehatan serius seperti komplikasi. Dalam kondisi seperti ini pemeriksaan kesehataan bahkan harus dilakukan berulang-ulang kali. Jadi, jika Anda ingin rutin melakukan check up kesehatan sebaiknya siapkan dana sejak jauh hari.

Comments are closed.