Kisaran Biaya Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Asuransi KesehatanHealth

Biaya pengobatan infeksi saluran kemih bervariasi bergantung gejala dan jenis infeksi yang timbul. Pemeriksaan meliputi, konsultasi dan tes laboratorium darah serta urin. Pengobatan lebih banyak dilakukan dengan pemberian antibiotik.

Infeksi saluran kemih, atau ISK, adalah infeksi yang menyerang sistem kemih Anda mulai dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Penyakit ini lebih sering menderang kamu wanita dengan tingkat infeksi sangat tinggi. Infeksi terbatas pada kandung kemih bisa menyakitkan dan mengganggu. Pada kondisi akut infeksi dapat menyebar ke ginjal.

Dokter biasanya mengobati infeksi saluran kemih dengan antibiotik. Namun, sering menimbulkan risiko seperti ruam dan sakit pada bagian perut. Belum lagi biaya pengobatan infeksi saluran kemih ini tidak murah sehingga Anda harus menyiapkan budget khusus setiap kali konsultasi dilakukan.

Baca juga: Kisaran Biaya Rapid Test COVID-19 di Berbagai Instansi

Oleh karena itu, untuk meminimalisirkan biaya tak terduga, tidak ada salahnya Anda proteksikan dengan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat untuk melindungi dari risiko buruk yang bisa saja terjadi.

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih

Mengingat biaya pengobatan infkesi saluran kemih yang begitu mahal. Penting untuk mengetahui berbagai jenis infeksi ini sebagai tindak pencegahan. Jenis infeksi saluran kemih sendiri terdiri dari dua, yaitu sebagai berikut.

Infeksi Kandung Kemih (Sistitis)

Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli), sejenis bakteri yang biasa ditemukan di saluran gastrointestinal (GI). Namun, terkadang bakteri lain juga menjadi pemicu sistitis. Hubungan seksual yang tidak sehat dan bersih berpeluang menyebabkan sistitis. Umumnya wanita berisiko tinggi mendera sistitis karena anatomi tubuh mereka yakni jarak uretra ke anus yang pendek. Gejala pada ISK jenis ini ditandai dengan timbulnya perasaan ingin buang air kecil terus menerus dan sakit saat buang air kecil. Anda mungkin juga merasakan sakit perut bagian bawah dan urin yang keruh atau berdarah.

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Pada Uretra (Uretritis)

Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri GI menyebar dari anus ke uretra. Juga, karena uretra wanita dekat dengan vagina, infeksi menular seksual, seperti herpes, gonore, klamidia dan mikoplasma, dapat menyebabkan uretritis. Gejala pada infeksi ini ditandai dengan keluarnya cairan dan rasa terbakar saat Anda buang air kecil.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Karena biaya pengobatan infeksi saluran kemih tidak murah, lebih baik untuk mencegahnya sedini mungkin yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rajin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari. Selain itu penting juga untuk mengetahui penyebab infeksi ini terjadi.

Apa pun yang mengurangi pengosongan kandung kemih atau mengiritasi saluran kemih dapat menyebabkan ISK. Ada juga banyak faktor yang dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena ISK. Faktor-faktor ini termasuk:

Usia

Orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk terkena ISK karena semakin menua usia seseorang semakin lemah daya tahan tubuhnya sehingga mudah terserang infeksi. Wanita yang telah mengalami menopauuse juga rentah mengidak ISK. Saar menopause, penurunan estrogen yang bersirkulasi menyebabkan perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua yang Sesuai

Kurang Gerak

Mobilitas atau aktifitas fisik yang kuran baik karena pasca operasi maupaun istirahat di tempat tidur yang terlalu lama juga berpeluang menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Adanya Penyumbatan Pada Salutan Kemih

Penyumbatan saluran kemih, seperti pembesaran prostat, batu ginjal, dan beberapa jenis kanker juga dapat menjadi penyebab munculnya tanda-tanda infeksi saluran kemih

Penggunaan Kateter Urin

Penggunaan kateter urin dalam waktu lama juga dapat memudahkan bakteri masuk ke. Orang-orang dengan masalah neurologis yang membuatnya sulit untuk mengendalikan kemampuan mereka untuk buang air kecil dan orang-orang yang lumpuh terkadang harus menggunakan kateter seumur hidupnya

Penderita Diabetes

Diabetes juga sering menadi penyebab munculnya infeksi terutama jika tidak mengontrol asupan gula yang membuat kadar gula naik sehingga infeksi lebih cepat menyebar.

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih

 Kehamilan

struktur urin yang berkembang secara abnormal sejak lahir. Kemudian wanita yang menggunakan diafragma untuk kontrol kelahiran mungkin berisiko lebih tinggi, serta wanita yang menggunakan agen spermisida.

Aktivitas Seksual

Wanita yang aktif secara seksual cenderung lebih beresiko mengidap ISK daripada wanita yang tidak aktif secara seksual. Melakukan aktifitas seksual dengan lebih dari satu pasangan juga meningkatkan risiko yang lebih besar.

Pencegahan

Karena biaya pengobatan infeksi saluran kemin cukup menyota kantong. Anda dapat mengambil langkah-langkah ini untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih:

  • Minumlah banyak cairan, terutama air. Air minum membantu melarutkan urin Anda dan memastikan bahwa Anda akan buang air kecil lebih sering – memungkinkan bakteri untuk keluar dari saluran kemih Anda sebelum infeksi dapat dimulai.
  • Minum jus cranberry. Meskipun penelitian tidak konklusif bahwa jus cranberry mencegah ISK, kemungkinan mengkonsumsinya jugatidak berbahaya.
  • Setelah buang air kecil maupun besar, ketika membilas bagian kemaluan dan dubuh lakukan dari depan ke belakang. Teknik ini membantu mencegah bakteri di daerah anus menyebar ke vagina dan uretra.
  • Kosongkan kandung kemih Anda segera setelah hubungan intim. Juga, minum segelas penuh air untuk membantu membilas bakteri.
  • Hindari produk feminin yang berpotensi mengiritasi. Menggunakan semprotan deodoran atau produk feminin lainnya, seperti douche dan bubuk, di area genital karena dapat mengiritasi uretra.
  • Ubah metode pengendalian kelahiran Anda. Diafragma, atau kondom yang tidak dilubricasi atau diobati dengan spermisida, semuanya dapat berkontribusi pada pertumbuhan bakteri.
  • Jaga agar area genital Anda kering dengan mengenakan pakaian katun dan pakaian longgar. Jangan mengenakan celana jeans ketat dan celana dalam nilon karena dapat memerangkap kelembaban, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri.

Biaya Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Biaya Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Ketika memeriksakan diri, Dokter Anda akan menentukan apakah Anda menderita ISK dengan menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan tes urinn. ISK disebabkan oleh bakteri dan diobati dengan antibiotik. Namun, pemberitan antibiotic ini menimbulkan efek samping seperti ruam infeksi resisten antibiotik atau infeksi C yang menyebabkan diare dan kerusakan usus besar hingga kematian.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal

Sementara untuk besar biaya pengobatan infeksi saluran kemih ini bervariasi, tergantung pada gejala yang muncul dan kebijakan rumah sakit dalam menentukan biaya pengobatan infeksi saluran urin. Namun rata-rata untuk biaya pengobatan infeksi saluran kemih pada proses konsultasi saja sudah memakan sekitar Rp 300 Ribu, sementara untuk pemeriksaan laboratorium harganya dimulai dari Rp 600 Ribu, belum termasuk biaya jasa dokter dan obat-obatan.

Comments are closed.