5 Jenis Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal

Health

Dari masalah kardiovaskular, diabetes, hingga gangguan mental, berikut ini deretan penyakit dengan biaya pengobatan termahal yang bisa menghabiskan dana puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Tidak ada orang yang menginginkan dirinya terjangkit penyakit kronis. Namun, tidak ada yang bisa mencegah ketika penyakit menghampiri. Ketika mengalami penyakit kronis kemungkinan besar Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk berbagai biaya pengobatan, mulai dari kunjungan ke rumah sakit, pemeriksaan laboratorium, hingga obat-obatan.

Banyaknya proses pemeriksaan yang mesti dijalani, menjadikan beberapa penyakit kronis sebagai penyakit dengan jumlah biaya pengobatan termahal. Biaya untuk pengobatan ini dapat mempengaruhi kondisi keuangan Anda, terlebih jika Anda tinggal di kawasan yang jauh dari fasilitas kesehatan memadai.

Baca juga: Berapa Kisaran Biaya Pengobatan Gagal Ginjal?

Beruntungnya sekarang sudah ada asuransi khusus penyakit kritis yang bisa Anda miliki untuk meminimalisirkan pengeluaran akibat risiko tak terduga. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi ini, mulai dari santuan hingga 2 miliar dan perpanjangan polis otomatis hingga 85 tahun.

Daftar Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal

Jika sedang berjuang melawan kondisi kesehatan kronis, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana nasib pasien lain dalam hal biaya medis terutama mereka yang tidak mengantongi asuransi apapun. Tentu pilihannya adalah membayar dalam bentuk cash dengan jumlah yang cukup banyak. Lantas apa saja penyakit dengan biaya pengobatan termahal, berikut ini daftarnya.

Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal

Penyakit Jantung

Deretan penyakit kritis pertama dengan biaya pengobatan termahal adalah masalah kardiovascular atau jantung dan pembuluh darah. Gangguan pada jantung ini telah menjadi penyebab kematian nomor satu di berbagai negara, salah satunya di Indonesia.

Biaya pengobatan untuk penyakit jantung berbeda bergantung dengan gejalanya. Jika sudah masuk tahap serius seperti penyumbatan arteri biaya yang diperlukan bisa mencapai Rp500 juta. Sementara untuk kasus ringan seperti pengobatan aritmik yang menderita detak jantung terlalu cepat biayanya hanya bekisar antara Rp150-350 ribu. Lain halnya untuk berbagai tindakan operasi besar, paling sedikit biaya yang harus dikeluarkan Rp20 juta  bahkan lebih.

Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) dan Asma

Beberapa penyakit yang termasuk ke dalam COPD diantaranya bronkitis dan emfisema yang menempati urutan kedua sebagai gangguan kesehatan dengan biaya pengobatan termahal.

Selain faktor genetik, hal lain yang memicu munculnya COPD dan Asma adalah polusi udara yang semakin tinggi sehingga merusak sistem pernapasan manusia. Untuk pemeriksaan gejala awal masalah paru-paru biasanya rumah sakit mematok biaya mulai dari Rp200 ribu untuk tes fungsi paru-paru (spirometri).

Baca juga: Alasan Dokter Terus Mengkampayekan Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Beberapa penyakit yang dapat terdiagnosis dengan tes ini antara lain, Asma, penyakit paru obstruktif kronis, cystic fibrosis, dan fibrosis paru. Perlu diketahui spirometri ini hanyalah metode pemeriksaan sehingga diluar biaya spirometri Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk konsultasi dan obat-obatan. Sementara untuk tindakan operasi bisa memakan puluhan juta rupiah.

Kanker

Kanker berada diurutan selanjutnya dalam daftar penyakit kronis dengan biaya pengobatan termahal. Indonesia bahkan menempati peringkat ke-8 dalam jumlah penderita kanker terbanyak di Asia Tenggara. Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk pria adalah kanker paru kemudian diikuti dengan kanker hati. Untuk wanita angka yang tertinggi adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Menurut data Riskesdas, jumlah penderita tumor/kanker di Indonesia menunjukkan peningkatan dari 1,4 per 1000 pada 2013 menjadi 1,79 per 1000 pada 2018. Ada tiga jenis pengobatan yang harus dijalani penderita kanker, yakni kemoterapi, radioterapi dan operasi. Biaya kemoterapi paling murah berkisar antara Rp4-5 juta, pengobatan radioterapi mulai dari Rp6 juta sementara untuk operasi mulai dari Rp100 juta rupiah. Ini belum termasuk biaya konsultasi dan obat-obatan. Jika dirata-rata penderita kanker harus mengeluarkan kurang lebih Rp100 juta/bulan.

Baca juga: Alasan Dokter Terus Mengkampayekan Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Gangguan Kesehatan Mental & Perilaku

Gangguan kesehatan mental dan perilaku menjadi salah satu penyakit yang sulit disembuhkan. Data Riskesdas menunjukkan selama periode 2018 dari 1000 Rumah Tangga hidup dengan anggota keluarga dengan Skizofrenia/Psikosis. Tercatat juga lebih dari 19 juta penduduk usia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta orang berusia di atas 15 tahun diperkirakan mengalami depresi.

Pada 2010 silam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyebut angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6 hingga 1,8 persen per 100.000 jiwa. Biaya pengobatan untuk gangguan kesehatan mental juga masuk dalam kategori biaya pengobatan termahal. Bayangkan saja untuk satu kali suntikan bagi penderita harganya bisa mencapai jutaan rupiah belum ditambah obat-obatan.

Baca juga: Alasan Dokter Terus Mengkampayekan Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Diabetes

Diabetes adalah kondisi dimana tubuh memiliki terlalu banyak gula dalam darah yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius dari waktu ke waktu termasuk penyakit jantung dan ginjal, gangguan mata, dan kerusakan saraf. Jumlah penderita diabetes di Indonesia pun semakin meningkat tiap tahunnya.  Tahun 2018 saja jumlah penderitanya diperkirakan mencapai 10,9 persen dari seluruh populasi Indonesia.

Faktor penyebab munculnya penyakit ini, yaitu riwayat keluarga, obesitas, gaya hidup tidak sehat dan usia. Rangkaian pengobatan yang harus dijalan para penderita diabetes ini antara lain konsultasi dokter spesialis, obat-obatan, suplemen khusus, operasi, dan cuci darah.

Karena diabetes ini menyebabkan komplikasi tidak jarang pasien juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk stroke, serangan jantung dan amputasi jika pasien mengalami luka serius yang tidak kunjung mengering. Para pakar kesehatan mengatakan untuk diabetes tipe ringan paling tidak butuh biaya sekitar Rp4 juta lebih setiap bulan, sementara untuk kronis bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Tidak heran jika diabetes juga masuk kategori penyakit dengan biaya pengobatan termahal.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua yang Sesuai

Itulah beberapa penyakit kronis yang tergolong penyakit dengan biaya pengobatan termahal. Agar tidak merasakan gangguan penyakit kronis tersebut jagalah selalu kondisi kesehatan Anda dengan menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan cek kesehatan berkala sehingga setiap gejala yang muncul dapat ditangani lebih cepat.

Comments are closed.